Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu, Awas Jangan Sampai Nyesel Beli!

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 8 September 2022 21:03
Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu, Awas Jangan Sampai Nyesel Beli!
Coba lihat tips cara membedakan iPhone asli dan palsu berikut in deh!

Cara membedakan iPhone asli dan palsu memang gampang-gampang susah, karena replika iPhone semakinlama semakin mirip saja. Udah beli iPhone mahal-mahal kalau barang yang datang palsu kan pasti bkin emosi. Dengan tingginya jumlah orang-rang yang ingin membeli iPhone bekas atau baru, para produsen nakal semakin tergerak untuk membuat replika iPhone yang super mirip.

Maka dari itu, membeli iPhone bekas apalagi murah punya risiko yang cukup besar. Jangan sampai iPhone yang kamu beli ternyata replika alias palsu. Untuk itu, mending kamu simak dulu beberapa tips cara membedakan iPhone asli dan palsu berikut ini.

1 dari 12 halaman

Tips Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Ilustrasi iPhone 11 © Diadona

Replika iPhone memiliki tampilan yang super mirip dengan aslinya, jadi wajar saja kalau kamu memang perlu waspada saat ingin membeli iPhone bekas atau bahkan baru sekalipun.

Terlebih lagi, jika iPhone yang hendak kamu beli dijual bukan di store resminya, geng. Kamu harus benar-benar paham perbedaan iphone asli dan palsu. Biar nggak menyesal setelahnya, kamu bisa pahami dulu beberapa tips cara membedakan iPhone asli dan palsu selengkapnya di bawah ini.

2 dari 12 halaman

Adanya Dukungan App Store

Sudah menjadi hal lumrah jika produk smartphone buatan Apple memiliki App Store di dalamnya yang berfungsi untuk mendownload berbagai aplikasi. Tapi, ini akan lain ceritanya jika kamu membeli iPhone tiruan alias palsu, geng. Soalnya, umumnya iPhone palsu nggak memiliki App Store melainkan digantikan oleh Google Play yang biasa ada di HP Android.

Jadi, buat kamu yang berencana membeli iPhone, tapi nggak tahu cara membedakan iPhone asli dan palsu, coba deh kamu cek App Store-nya. Berikut caranya.

3 dari 12 halaman

Perhatikan OS yang digunakan

iPhone 11 © Diadona

Selain App Store, sistem operasi HP juga jadi cara membedakan iPhone asli dan palsu berikutnya yang perlu kamu perhatikan. iPhone asli tentu saja menggunakan iOS sebagai sistem operasinya. Sedangkan iPhone tiruan rata-rata menggunakan OS Android karena memang sangat mudah dikustomisasi sehingga bisa mirip dengan iOS.

Untuk mengeceknya, kamu bisa masuk ke menu Settings dan periksa sistem operasi yang digunakannya. Pemeriksaan OS ini bisa dibilang sebagai cara membedakan iPhone asli dan HDC yang akurat karena tentunya versi OS keduanya akan berbeda.

4 dari 12 halaman

Kualitas Kamera

Salah satu alasan kenapa iPhone sangat laris diburu oleh orang-orang adalah kualitas kameranya yang nggak tipu-tipu, geng. Jika kebanyakan HP Android zaman sekarang berlomba-lomba untuk memberikan efek cantik ke wajah penggunanya, kamera iPhone justru memberikan hasil foto apa adanya.

Meskipun begitu, kualitas kamera HP iPhone asli nggak bisa kamu remehkan begitu saja, terlebih dengan resolusinya yang nggak sebesar HP-HP zaman sekarang. Nah, untuk mencari perbedaan kamera iPhone asli dan replika, sebaiknya kamu ajak temanmu yang memiliki tipe iPhone serupa untuk membandingkannya.

5 dari 12 halaman

Perhatikan Material iPhone

iPhone 12 Series © Diadona

iPhone adalah smartphone yang dibuat untuk kalangan menengah ke atas dan tentu saja material yang digunakan pun menjadi lebih premium. Oleh karena itu, memperhatikan material body iPhone juga dapat menjadi cara membedakan iPhone asli dan palsu berikutnya yang bisa kamu lakukan, geng.

Jika HP iPhone terlihat menggunakan material plastik murahan, sebaiknya jangan dibeli karena kemungkinan itu adalah iPhone palsu. Sementara, untuk cara membedakan iPhone 8 Plus asli dan palsu yang telah menggunakan material body kaca, kamu bisa cek apakah material kacanya terasa kokoh dan kuat.

Perhatikan spesifikasi body dari tipe iPhone yang ingin kamu beli, dan cocokkan informasi tersebut dengan barang yang ditawarkan.

6 dari 12 halaman

Cek IMEI

Bingung cara membedakan iPhone asli dan palsu? Kalau gitu cek saja nomor IMEI-nya! Cara membedakan iPhone asli dan KW ini terbilang sangat akurat. Sebelum kalian membeli iPhone sebaiknya lihat terlebih dahulu nomor IMEI yang tertera pada dus. Kemudian lakukan pengecekan melalui website resmi Apple dan masukan nomor IMEI tersebut.

Jika muncul keterangan yang sesuai maka dapat dipastikan iPhone tersebut asli. Namun jika tidak, maka besar kemungkinan kalau iPhone itu palsu, geng.

7 dari 12 halaman

iPhone Asli Menggunakan Retina Display

Ilustrasi iPhone 12 Mini © Diadona

Untuk poin cara membedakan iPhone asli dan palsu satu ini memang cukup sulit dilakukan jika nggak ada pembandingnya. Oleh karena itu, jika kamu berencana membeli iPhone sebaiknya ajak teman kalian yang juga memiliki iPhone sehingga kamu bisa membandingkan perbedaan kualitas layarnya. Jika terlihat buram, maka HP iPhone tersebut bisa jadi nggak menggunakan retina display dan kemungkinan adalah palsu.

Perlu kamu ketahui juga, retina display merupakan bagian teknologi dari produk-produk Apple yang mulai diperkenalkan pada iPhone 4. Tampilan layar retina display sendiri sangat jernih dan halus karena memiliki resolusi tinggi.

8 dari 12 halaman

Tombol Screenshot pada iPhone Asli

Para pengguna iPhone pasti sudah mengetahui tentang hal ini. Bahwa iPhone dapat mengambil screenshot hanya dengan menekan tombol kunci dan home secara bersamaan. Namun, cara ini biasanya nggak bisa dilakukan di HP iPhone palsu alias replika, geng. HP iPhoen replika biasanya mengambil screenshot dengan cara yang berbeda.

Perbedaan sisitem operasi membuat iPhone replika akan memiliki metode screenshot yang berbeda dengan iPhone asli. Oleh karena itu, kamu juga bisa mengecek hal ini untuk cara membedakan iPhone asli dan palsu dengan mudah.

9 dari 12 halaman

Harga yang Wajar

iPhone 12 11 dan iPhone SE 2020 © Diadona

Harga pastinya bisa menjadi salah satu cara membedakan iPhone asli atau palsu. Jika kamu menemukan iPhone yang dijual dengan harga di bawah pasaran, maka kamu perlu curiga dengan keasliannya.

Namun, di zaman sekarang ini sayangnya banyak juga para oknum penjual online yang memasang harga normal untuk produk iPhone palsu yang mereka jual agar lebih meyakinkan.

Jadi, kalau kamu berniat untuk membeli iPhone secara online, sebaiknya cari tahu dulu rating toko dan review dari pembeli lainnya. Sebetulnya, kewajaran rentang harga menjadi salah indikator paling jelas dalam membedakan iPhone asli dan palsu.

10 dari 12 halaman

Lihat Fitur dan Spesifikasi

Melihat fitur dan spesifikasi juga bisa menjadi acuan untuk cara membedakan iPhone asli dan palsu nih, geng. Kamu bisa cek dulu apakah ada fitur atau spesifikasi khusus yang berbeda dengan produk iPhone aslinya. Misalnya, untuk kamu yang bingung cara membedakan iPhone 7 asli atau palsu, kamu bisa cek apakah di iPhone yang akan kamu mau beli tersebut sudah mendukung fitur Touch ID atau belum dan llain sebagainya.

Setiap generasi iPhone akan menawarkan spesifikasi dan fitur yang berbeda satu sama lain, dan hal ini bisa jadi indikator pembeda untuk kamu.

Oleh karena itu, sebelum membeli iPhone yang kamu mau, sebaiknya benar-benar pahami dulu fitur dan spesifikasi apa saja yang ditawarkannya agar nggak bisa dibodohi penjual, geng.

Adanya Memori Eksternal pada iPhone Palsu

Namanya juga iPhone palsu alias replika, meski dari luar terlihat identik namun jika diteliti lebih dalam lagi tetap saja ada perbedaannya. Banyak iPhone palsu yang menyediakan slot microSD pada body perangkatnya. Padahal, Apple sendiri nggak pernah sekalipun membuat iPhone dengan slot MicroSD.

Ciri khas Apple ini memang sedikit terkesan mengesalkan untuk para pengguna iPhone setia, tapi hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai cara mengetahui iPhone asli dan palsu. Jadi, kalau kamu menemukan hal janggal semacam ini, sudah dapat dipastikan kalau iPhone tersebut palsu, geng.

11 dari 12 halaman

Itulah beberapa cara membedakan iPhone asli dan palsu (replika) yang bisa kamu lakukan saat ingin membeli iPhone bekas atau bahkan baru sekalipun. Oh iya, selain tips cara di atas, memperhatikan detail cutting serta material logo Apple asli dan palsu juga bisa kamu lakukan agar lebih yakin.

Jika kamu punya tips trik lainnya, jangan lupa share di kolom komentar. Selamat mencoba!

Beri Komentar