7 Tips Menggoreng Lele Agar Tidak Meletup, Anti Lengket dan Garing Banget!

Reporter : Arifina
Selasa, 16 Mei 2023 18:17
7 Tips Menggoreng Lele Agar Tidak Meletup, Anti Lengket dan Garing Banget!
Dengan tips ini, menggoreng lele nggak lagi takut-takut deh!

Menu makanan ikan lele goreng  menjadi salah satu yang banyak difavoritkan masyarakat Tanah Air. Tekstur dagingnya yang lembut tapi garing dibagian luarnya ini amat menggugah selera ketika dimakan.

Namun, mengolah lele goreng memang tidak mudah. Jika asal, maka akan menimbulkan letupan minyak saat proses menggorengnya.

1 dari 8 halaman

Apalagi kondisi lele yang kurang bagus juga bisa menjadikannya lengket di wajan ketika digoreng. Hl ini pula yang membut banyak orang enggan untuk memasak lele di rumah.

Padahal jika proses dan triknya tepat, menggoreng lele amat mudah dilakukan lho! Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips menggoreng lele agar tidak meletup!

2 dari 8 halaman

Bersihkan Ikan Lele dengan Tepat

Tips Menggoreng Lele Agar Tidak Meletup © Diadona

Sebelum memulai memasaknya, kamu harus memastikan ikan lele yang kamu beli dalam kondisi segar atau masih hidup. Namun, jika memang ingin membeli dalam kondisi mati kamu bisa meminta pada penjualnya untuk membersihkannya sekaligus.

Kamu juga membersihkan ikan lele dengan mandiri, buang isi perutnya dan beri air jeruk nipis. Diamkan sesaat dan cuci kembali agar lele benar-benar bersih merata.

3 dari 8 halaman

Diamkan Sesaat dengan Baluran Bumbu

Tips Menggoreng Lele Agar Tidak Meletup © Diadona

Tumbuk atau haluskan garam, kunyit, bawang putih, kemiri, ketumbar dan sejenisnya. Kemudian, campurkan ikan lele dengan bumbu tersebut.

Setelahnya, jangan langsung digoreng ya! Namun diamkan selama beberapa menit hingga bumbu dirasa sudah meresap sempurna.

4 dari 8 halaman

Lumuri dengan Tepung

Tips Menggoreng Lele Agar Tidak Meletup © Diadona

Lumurkan tepung beras ke tubuh lele secukupnya. Langkah lainnya, kamu bisa menburkan tepung ke dalam minyak sebelum menggoreng lele.

Menaburkan tepung beras akan menurunkan risiko minyak meletup saat proses digoreng. Ikan lele juga dipastikan tidak lengket di wajan.

5 dari 8 halaman

Pilih Wajan Cekung dan Kering

Tips Menggoreng Lele Agar Tidak Meletup © Diadona

Jenis wajan juga memengaruhi proses menggoreng ikan lele. Dianjurkan untuk memilih model wajan cekung dan pastikan juga wajan benar-benar kering.

Hal ini agar semua badan lele bisa terendam sepenuhnya ke dalam minyak. Wajan jenis ini juga mengurangi cipratan minyak saat ikan lele digoreng.

6 dari 8 halaman

Gunakan Minyak yang Banyak

Tips Menggoreng Lele Agar Tidak Meletup © Diadona

Dalam menggoreng ikan lele tidak dianjurkan hemat minyak. Namun, justru kamu harus menggunakan minyak  yang banyak.

Sehingga, saat proses penggorengan, ikan lele terendam sempurna ke dalam minyak. Pastikan kmu memasukkan lele saat minyak sudah panas, atau untuk mengeceknya terlebih dahulu bisa kamu taburkan garam pada minyak goreng.

7 dari 8 halaman

Goreng Secara Bertahap

Resep Buka Puasa Simple - Pecel Lele © Diadona

Tidak dianjurkan menggoreng ikan lele dalam jumlah banyak sekaligus dalam satu wajan. Melainkan, lebih baik goreng ikan secara bertahap.

Menggoreng lele dalam jumlah banyak akan mengurangi proses kematangan dengan sempurna, lele juga rentan lengket satu sama lain dan bengkok.

8 dari 8 halaman

Lele Jangan Dibolak-Balik

Pecel Lele © Diadona

Hal paling krusial yang harus diperhatikan saat menggoreng ikan lele yakni, jangan dibolak-balik saat menggorengnya. Cukup sekali saja membaliknya, kamu bisa pastikan dulu bagian bawah lele matang baru dibalik ya!

Terlalu sering membolak-balik ikan lele terutama saat dalam kondisi basah maka akan membuat daging mudah hancur.

Itulah tips menggoreng lele agar tidak meletup. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!

Beri Komentar