5 Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri, Tongkol, Lele, Gabus, Bandeng yang Enak, Gurih, dan Kriuk

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 4 Mei 2020 21:58
5 Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri, Tongkol, Lele, Gabus, Bandeng yang Enak, Gurih, dan Kriuk
Cara membuat kerupuk ikan sangatlah mudah. Banyak sekali olahan kerupuk ikan seperti tenggiri, tongkol, lele, gabus, dan bandeng yang tentunya enak, gurih, juga kriuk Moms.

Cara membuat kerupuk ikan sangatlah mudah kok Moms. Cukup menggunakan bahan daging ikan yang dicampur hingga kalis dengan tepung sagu, baking powder, serta bahan bumbu halus saja. Nah, adonan kerupuk ini akan dicetak dengan ukuran kecil-kecil.

Cara menggoreng kerupuk ikan ini pun juga ada tipsnya Moms, yaitu dengan merendam adonan selesai cetak ke dalam minyak goreg dingin dalam wajan. Setelah adonan siap, baru nyalakan kompor dengan api kecil. Proses menggoreng harus terus diaduk ya Moms agar matangnya merata serta bertekstur renyah juga kriuk maksimal.

Kerupuk ikan sendiri merupakan salah satu olahan makanan yang termasuk golongan camilan gurih. Kerupuk ikan diolah dengan campuran daging ikan giling serta teung sagu yang dibumbui dengan bahan tertentu. Kerupuk ikan ini akan sangat cocok dijadikan camilan dan lauk di rumah. Dijamin, menu buka puasa dan sahur akan semakin nikmat dengan kerupuk ikan sebagai persediaan.

Daripada penasaran, yuk langsung saja simak resep cara membuat kerupuk ikan yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri

Cara Membuat Kerupuk Ikan © Diadona

Cara membuat kerupuk ikan yang pertama adalah dengan memanfaatkan bahan daging ikan tenggiri. Yap, ikan yang kaya akan kandungan omega-3 sehat ini sangat bermanfaat bagi kecerdasan kognitif anak. Cocok banget Moms dihidangkan untuk camilan sang kecil. Simak langsung resep cara membuat kerupuk ikan tenggiri berikut ini.

Bahan:
- 100 gram daging ikan tenggiri
- 160 gram tepung sagu
- 1 kuning telur
- 1 butir telur
- 1/2 sdt kaldu jamur
- 1/4 sdt garam
- 10 gram gula
- 1/2 sdt soda kue

Cara membuat kerupuk ikan tenggiri:

a. Cuci bersih bahan daging ikan tenggiri. Bersihkan juga dari tulang dan kulitnya lalu haluskan.

b. Kocok telur utuh dan kuning telur, beri garam, gula, dan kaldu jamur. KOcok dan aduk-aduk hingga semua bahan rata.

c. Masukkan bahan tepung sagu ke dalam bahan telur. Tambahkan ikan tenggiri dan soda kue. Uleni hingga bahan adonan rata.

d. Bentuk adonan mejadi bentuk bulat ukuran kecil kira-kira 1 cm. Goreng adonan dalam minyak yang tidak terlalu panas.

e. Goreng dan bolak balik hingga bahan kering dan berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

f. Cara membuat kerupuk ikan tenggiri sudah selesai. Sajikan kerupuk ikan tenggiri sebagaio camilan dan simpan dalam toples untuk persediaan.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Kerupuk Ikan Tongkol

Cara Membuat Kerupuk Ikan © Diadona

Ikan tongkol umumnya akan diolah menjadi ikan goreng sebagai lauk di meja makan. Namun jangan salah, ikan yang tinggi akan kandungan protein untuk membangun sel serta jaringan baru dalam tubuh ini juga bisa diolah menjadi kerupuk yang gurih. Yuk, langsung saja simak resep cara membuat kerupuk ikan tongkol berikut ini.

Bahan:
- 200 gram ikan tongkol
- 13 sdm tepung sagu
- 1/2 sdt soda kue
- 1 butir kuning telur
- 1 butir telur
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya
- 1 sdm gula pasir

Cara membuat kerupuk ikan tongkol:

a. Blender daging ikan tongkol hingga halus.

b. Kocok bahan telur lalu tambahkan bumbu halus. Aduk rata dan masukkan ikan yang sudah diblender.

c. Beri soda kue dan tepung sagu. Masukkan bahan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis.

d. Bentuk adonan kerupuk ikan tongkol ukuran sekecil mungkin. HAl ini dilakukan supaya ketika digoreng akan matang rata dan memilikitektur kriuk.

e. Masukkan adonan dalam minyak yang belum panas. Nyalakan api kompor dengan bara kecil, aduk-aduk hingga mengembang dan matang.

Catatan:
- Adonan harus dibentuk sekecil mungkin ya Moms, karena akan mengembang saat digoreng.

- Jangan menggoreng adonan dalam minyak panas, taruh dulu adonan yang telah dibentuk ke dalam minyak yang dingin, baru nyalakan api kompor.

- Selama proses menggoreng, Moms harus terus mengaduk adonan agar proses matang sempurna dan menghasilkan tekstur kriuk.

- Moms, sebaiknya adonan digoreng dalam minyak yang banyak.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele

Cara Membuat Kerupuk Ikan © Diadona

Bukan hanya pecel lalapan saja, Moms juga bisa kok memanfaatkan daging ikan lele menjadi olahan kerupuk enak yang super gurih dan kriuk. Langsung saja deh simak resep cara membuat kerupuk ikan lele berikut ini.

Bahan:
- 500 gram daging ikan lele
- 500 gram tepung tapioka
- 2 butir telur
- Gula secukupnya
- Garam secukupnya
- 100 ml air
- Minyak goreng secukupnya
- Tali karet
- Plastik pembungkus

Cara membuat kerupuk ikan lele:

a. Bersihkan ikan lele dari tulangnya lalu kukus. Giling daging ikan lele hingga halus. Tambahkan tepung tapioka, aduk-aduk lalu beri air sedikit demi sedikit hingga adonan tercampur rata.

b. Kocok telur ayam lalu masukkan bahan garam dan gula. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Masukkan bahan telur ke dalam adonan. Uleni hingga adonan benar-benar rata dan kalis.

c. Masukkan bahan adonan ke dalam plastik dan ikat menggunakan ikatan karet. Kukus adonan hingga matang.

d. Angkat dan dingunkan adonan yang baru dikukus.Iris tipis bahan adonan sesuai selera.

e. Jemur di bawah terik matahari selama sehari atau hingga irisan adonan benar-benar kering.

f. Goreng kerupuk dengan minyak banyak dan nyala api sedang. Aduk-aduk hingga matang sempurna, angkat dan tiriskan.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Kerupuk Ikan Gabus

Cara Membuat Kerupuk Ikan © Diadona

Kerupuk ikan yang enak dan gurih juga bisa Moms buat menggunakan bahan daging ikan gabus. Yap, ikan gabus juga memiliki kandungan protein asam amino dan asam lemak yang membantu untuk menyembuhkan luka. Hem, sangat tak terduga ya Moms manfaat dari ikan gabus ini. Yuk, mengolah ikan gabus dengan melihat resep cara membuat kerupuk ikan berikut ini.

Bahan:
- 500 gram ikan gabus, bersikan dari duri, kukus lalu haluskan
- 500 gram tepung tapioka
- 5 siung bawang putih atau sesuai selera
- Garam secukupnya
- 1 sdt gula
- 1 gelas air matang
- 2 butir telur bebek
- Minyak goreng secukupnya

Cara membuat kerupuk ikan gabus:

a. Campur bahan ikan gabus dengan tepung tapioka, telur, bawang putih, garam, dan gula. Aduk bahan hingga tercampur rata.

b. Tambahkan air dalam adonan sedikit demi sedikit. Uleni adonan hingga benar-benar kalis dan tidak lengket dan lembek.

c. Bentuk adonan menjadi bulat dan pipih kemudian bungkus menggunakan daun pisang. Kukus adonan hingga matang, angkat dan dinginkan.

d. Iris tipis-tipis adonan yang sudah dikukus dan telah dingin. Jemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering.

e. Goreng kerupuk menggunakan api sedang hingga kering, matang dan berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat, tiriskan dan siap disajikan.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Kerupuk Ikan Bandeng

Cara Membuat Kerupuk Ikan © Diadona

Membuat bandeng presto udah mainstream Moms. Yuk buat olahan yang anti mainstream dengan mengolah ikan bandeng menjadi kerupuk ikan. Tenang, cara membuatnya sangatlah mudah kok. Langsung saja simak resep cara membuat kerupuk ikan bandeng berikut ini.

Bahan:
- 100 gram daging ikan bandeng tanpa kulit, blender hingga halus
- 2 gelas tepung sagu
- 1/4 sdt baking powder
- 1 butir telur
- 1 kuning telur
- 1 sdm gula halus
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt penyedap

Cara membuat kerupuk ikan bandeng:

a. Dalam wadah, campurkan bahan telur, garam, gula dan penyedap rasa. Tambahkan pula tepung sagu, baking powder dan ikan bandengnya.

b. Uleni bahan hingga tercampur rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan pas, bisa dibentuk dan kalis sempurna.

c. Ambil adonan lalu bentuk sebesar jari kelingking memanjang. Potong adonan seukuran kira-kira 1 cm dan masukkan dalam wajan yang berisi minyak goreng yang belum panas.

d. Goreng adonan dalam minyak dengan menyalakan api kompor bara yang paling kecil. Aduk dan bolak balik bahan saat proses menggoreng.

e. Goreng hingga matang sempurna dan kering, angkat, dan tiriskan. Cara membuat kerupuk ikan bandeng sudah selesai dan siap disajikan.

Moms, itulah tadi beberapa resep cara membuat kerupuk ikan tenggiri, tongkol, lele, gabus, dan bandeng. Dijamin enak, gurih, dan tentunya kriuk maksimal. Yuk Moms segera berkreasi di dapur dengan resep ini. Persiapkan bahan-bahannya, ya. Selamat berkreasi!

Beri Komentar