6 Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan dan Pengaruh Cara Memasak pada Kandungan Nutrisinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 11 Januari 2021 11:17
6 Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan dan Pengaruh Cara Memasak pada Kandungan Nutrisinya
Manfaat ikan lele didapat dari kandungan protein yang tinggi nmun rendah kaloeri, juga keberadaan vitamin B12nya. Tapi, perhatikan juga cara memasaknya agar kandungan tersebut tetap maksimal.

Harganya yang murah ternyata tak sebanding dengan manfaat ikan lele yang beragam. Ikan ini juga mudah didaptkan dan banyak tersedia di pasar tradisional, kan? Olahannya bermacam, mulai dari digoreng, dibakar hingga dimasak dengan bumbu dan santan.

Nggak kayak kebanyakan ikan lainnya, ikan lele ini nggak memiliki sisik. Ikan lele merupakan jenis ikan yang paling banyak tersebar di seluruh dunia, kecuali tempat-tempat yang dingin. Ikan lele juga mudah diolah dan banyak ditemui di pasar dengan harga yang lebih murah dibanding ikan yang lainya.

Tapi pernah nggak sih kmu bertanya-tanya apakah ikan lele ini sehat dan memiliki manfaat kesehatan? Dalam 100 gram daging ikan lele terdsapat kandungan berikut:

Berikut kandungan gizi dalam 100 gram ikan lele:

  • 105 kalori
  • 2,9 gram lemak
  • 18 gram protein
  • 237 mg asam lemak omega-3
  • 337 mg asam lemak omega-6
  • Vitamin B12
  • Kalium
  • Fosfor

Selain itu ikan lele juga merupakan salah satu spesies ikan yang memiliki kadar merkuri paling rendah, membuatnya jadi salah satu jenis ikan yang paling aman dikonsumsi.

1 dari 3 halaman

Manfaat Ikan Lele

Manfaat Ikan LeleManfaat Ikan Lele © 2021 selerasa.com/

Dikutip dari berbagai sumber, seperti ini lho manfaat ikan lele.

Kandungan Protein Tanpa Lemak

Dalam 100 gram ikan lele terkandung 32-39% kebutuhan protein harian. Angka tersebut dikemas hanya dalam protein yang sangat kecil, yakni 105 kalori. Padahal nih kalau kamu makan 100 gram ikan salmon, protein yang tersedia adalah 50% dari kebutuhan harian sementara kalori yang diserap sekitar 230 kalori.

Dengan jumlah protein demikian dan kalori kecil, maka menjadikan manfaat ikan lele sebagai sumber protein untuk diet.

Cocok untuk Diet

Manfaat ikan lele sebagai makanan diet didapat dari kandungan proteinnya yang tinggi namun rendah lemak. Dalam kaitannya dengan diet, protein memiliki kalori yang lebih rendah, juga meningkatkan metabolisme dan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar.

2 dari 3 halaman

Manfaat Ikan LeleManfaat Ikan Lele © 2021 Holly A. Heyser

Kaya Asam Lemak Omega 3

Satu fillet ikan lele seberat 100 gram memiliki kandungan 237 mg, atau 15-20% dari kebutuhan konsumsi harian untuk orang dewasa. Asam lemak omega 3 ini dikenal punya peran yang tinggi dalam kesehatan otak, juga bisa membantu mengobati kondisi neurologis dan mental, termasuk pikun dan gangguan ADHD.

Bagus untuk Jantung

Makanan yang rendah lemak jenuh dan punya kandungan omega-3 yang tinggi bisa melindungi jantung dari penyakit dan menurunkan jumlah kolesterol dalam darah. Dalam satu penelitian nunjukin kalau mengkonsumsi satu porsi ikan setiap minggu bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung menjadi setengahnya aja. Hayo, nyangka nggak manfaat ikan elle ternyata sebesar itu?

Sumber Vitamin B12

Sebagai sumber vitamin B12, manfaat ikan lel sangatlah tinggi. Dalam 100 gram ikan ini terdapat 121% vitamin B12 dari kebutuhan harian. Padahal, jenis vitamin ini sering tak tercukupi pada banyak orang.

Kecukupan vitamin B12 ini ada kaitannya dengan beberapa manfaat kesehatan, termasuk juga peningkatan kesehatan mental, perlindungan terhadap penyakit jantung, dan pencegahan serta pengobatan anemia .

Mencegah Anemia

Tahyu kan bawha dalam 100 gram ikan lele filet terkandung vitamin B12 yang banyak banget? Nah, manfaat ikan lele sebagai salah satu sumber vitamin B12 ini didapat dari pernya dalam mmeproduksi sel darahg merah. Sata tubuh nggak memiliki cukup vitamin ini maka bisa membentuk sel darah merah yang tidak teratur dan tidak dapat bergerak dari sumsum tulang ke aliran darah dengan tepat.

3 dari 3 halaman

Pengaruh Budidaya dan Cara Memasak pada Nutrisi Ikan Lele

Manfaat Ikan LeleManfaat Ikan Lele © 2021 qraved.com/

Manfaat ikan lele dari kandungan nutrisinya tersebut tergantung pada metode memasak yang digunakan. Misalnya pakah akan ada penambahan kalori, natrium dan juga kandungan lemak. Bila kamu ingin mandapatkan manfaat protein ikan lele tanpa ingn menanbah lemak dan kalori, kamu bisa menghindari proses menggoreng penggorengan dengan memanggangnya.

Selain itu perbedaan manfaat ikan lele juga bisa berasal dari budidaya ikan. Apakah ditangkan di alam liar atau hasil budidaya.

Manfaat ikan lele tergantung pada susunan vitamin dan mineralnya. Nah, kedua kandungan tersebet sangat dipengaruhi oleh gimana hidup di ikan lele. Misalnya nih ikan lele yang ibudidayakan sering diberi makan makanan berprotein tinggi yang mencakup biji-bijian seperti kedelai, jagung, dan gandum. Dalam makanan tersebut juga ditambahkan vitamin, mineral, antioksidan, asam lemak, dan bahkan probiotik.

Sedangkan ikan lele yang ditangkap di alam liar adalah pengumpan bawah, artinya mereka memakan makanan seperti alga, tumbuhan air, telur ikan, dan terkadang ikan lainnya.

Ikan lele yang dibudidayakan memiliki kadar asam amino tertinggi, kadar asam lemak bervariasi. Pun juga punya kandungan protein, lemak, serat, dan kalori keseluruhan yang lebih banyak ketimbang ikan lele yang dibudidayakan.

Manfaat ikan lele ternyata beragam banget kan? Yuk coba tambah konsusmi satu porsi seminggu dengan pengolahan yang sehat.

Beri Komentar