12 Tips Makan Hemat Ala Anak Kost, Tetap Sehat dan Anti Bikin Kantong Kering

Reporter : Arifina
Kamis, 11 Mei 2023 18:07
12 Tips Makan Hemat Ala Anak Kost, Tetap Sehat dan Anti Bikin Kantong Kering
Makan hemat ala anak kos juga tetap harus menyehatkan ya!

Hidup sebagai anak kost memang harus pintar-pintar dalam mengelola kebutuhan hidup. Kalau tidak, justru akan membuatmu terpengaruh gaya hidup yang berlebihan hingga menyebabkan kantong jebol nih!

Nah, salah satu tips berhemat ala anak kost adalah dengan menata pola makan. Dengan begitu, kamu tetap hemat dan bisa membagi keuangan dengan baik.

Namun, makan hemat ala anak kost tak berarti mengabaikan kesehatan ya. Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber, tips makan hemat ala anak kost. Apa saja?

1 dari 12 halaman

Buat Daftar Pengeluaran Makan Selama Satu Bulan

Ini langkah pertama yang harus diperhatikan buat kamu yang ingin hemat makan selam nge-kost. Yakni, membuat daftar pengeluaran untuk makanan untuk satu bulan.

Tujuannya, agar kamu bisa mengetahui hal apa saja yang membuat boros. Sehingga, tak sembarangan dalam membelanjakan uang untuk makan sembarangan nih!

2 dari 12 halaman

Perbanyak Minum Air Mineral

Tips Makan Hemat Ala Anak Kost © Diadona

Setiap berkegiatan dan makan biasakan untuk minum air mineral. Selain kaya manfaat, air mineral juga bisa menghemat pengeluaran kamu lho!

Sehingga, saat menikmati makan di luar kamu jadi terbiasa untuk memesan air mineral saja. Bahkan, biasakan membawa botol minuman agar semakin hemat dibandingkan harus membelinya saat berkegiatan.

3 dari 12 halaman

Jangan Biasakan Membawa Uang Tunai Berlebihan

Kebiasaan membawa uang tunai dalam jumlah yang relatif banyak akan meningkatkan sisi boros dalam diri. Karena itu, kini mulai batasi uang tunai yang akan kamu bawa saat bepergian ya!

Hal ini guna menghindari kamu tergoda untuk membeli makanan atau camilan atau barang yang kurang penting di setiap aktivitas. Bawalah uang sesuai kebutuhan harianmu saja.

4 dari 12 halaman

Hindari Terlalu Sering Makan Daging

Tips Agar Daging Cepat Empuk © Diadona

Sah-sah saja sebenarnya mengonsumsi daging untuk makananmu sehari-hari, tapi jika kamu mau berhemat jangan terlalu sering dilakukan ya! Selain mengurangi risiko penyakit kolesterol, mengurangi mengonsumsi daging dapat menghemat pengeluaranmu lho!

Ganti saja kebutuhan protein dalam tubuh dengan menu lainnya. Seperti sayur, tempe dan tahu untuk makanan sehari-hari.

5 dari 12 halaman

Pilih Tempat Makan Level Anak Kost

Pemilihan tempat makan menjadi kunci kamu bisa hidup hemat apa tidak nih! Karena itu, perhatikan tempat makan yang murah dan sekiranya level anak kost agar hemat budget.

Dengan begitu, hingga akhir bulan kamu tidak kehabisan akal untuk memilih makanan deh!

6 dari 12 halaman

Lakukan Belanja Bulanan Sekaligus

Tips Makan Hemat Ala Anak Kost © Diadona

Jika berbelanja bulanan, pastikan kamu langsung melakukannya sekaligus untuk kebutuhan satu bulan. Hal ini membuat kamu lebih cermat memilah dan berhemat.

Berbelanja sedikit demi sedikit justru akan membuat pengeluaranmu semakin membengkak dan boros. Sehingga uang bulanan yang ada habis sebelum waktunya deh!

7 dari 12 halaman

Terapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat akan memengaruhi pengeluaranmu. Sehingga, kamu akan mengatur dengan cukup asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Hidupmu juga lebih tertata, dengan mempertimbangkan makanan yang bernutrisi baik tapi hemat dan sehat. Imbangi juga dengan olahraga teratur ya!

8 dari 12 halaman

Masak Nasi Sendiri

Tips Makan Hemat Ala Anak Kost © Diadona

Ini cara tersimpel buat anak kost agar berhemat dalam hal makanan. Daripada membeli nasi, kamu bisa berhemat dengan memasak nasi sesuai kebutuhan.

Sehingga, saat kamu ke tempat makan kamu akan lebih hemat karena cukup membeli lauknya saja.

9 dari 12 halaman

Stok Camilan yang Mengenyangkan

Selain makanan berat, kamu juga bisa membiasakan untuk menyetok camilan harian yang lebih sehat. Camilan juga bisa menjadi hal krusial jika kamu asal pilih.

Kamu bisa mencari jenis camilan yang mengenyangkan dan sehat agar terhindar dari terlalu banyak ngemil. Sehingga, tidak sering-sering ke supermarket untuk beli deh!

10 dari 12 halaman

Kurangi Hang Out di Kafe

Tips Makan Hemat Ala Anak Kost © Diadona

Kebiasaan hang out ini boleh saja dilakukan, tapi sebaiknya dikurangi ya! Sebab jika terlalu sering kamu akan menghabiskan uangmu untuk membeli sekedar minuman dan camilan.

Siasati saja jadwal untuk hang out bareng teman-teman di kafe. Batasi jika bepergian agar di lokasi kamu bisa berhemat.

11 dari 12 halaman

Belajar Memasak

Menjadi anak kost biasanya akan membuat lebih mandiri dan serba bisa. Salah satunya, memasak berbagai kreasi makanan.

Maka biasakan untuk sering masak sendiri agar pengeluaranmu untuk makan lebih hemat ya! Cara ini cukup efektif dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

12 dari 12 halaman

Buat Daftar Resep Menu Makanan Ala Anak Kost

Tips Makan Hemat Ala Anak Kost © Diadona

Carilah menu-menu resep makanan ala anak kost di berbagai platform media. Hal ini akan memudahkanmu untuk berkreasi masakan sehat yang ingin kamu makan.

Selain itu, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan yang dirasa berlebihan. Dengan demikian, menu makananmu bervariasi dan tetap sehat.

Itulah tips makan hemat ala anak kost yang bisa kamu coba! Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar