7 Tips Memasak Usus Sapi, Empuk dan Anti Bau Prengus

Reporter : Arifina
Senin, 15 Mei 2023 17:07
7 Tips Memasak Usus Sapi, Empuk dan Anti Bau Prengus
Memasak usus sapi yang nikmat ada triknya lho!

Usus sapi menjadi salah satu makanan yang yang sering dianggap tidak enak. Karenanya, jarang dimasak sebagai menu masakan sehari-hari.

Padahl, jika dimasak dengan benar, usus sapi bisa menjadi hidangan lezat yang enak dimakan. Biasnya, jeroan sapi ini banyak ditemui sebagai pembungkus sosis daging dan bahan pembuat hidangan lain seperti gulai, sate, sup hingga semur.

1 dari 4 halaman

Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyukai usus sapi karena bau prengus. Oleh karena itu, memasak usus sapi harus dilakukan dengan tepat.

Nah, berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips memasak usus sapi yang empuk dan anti bau prengus!

2 dari 4 halaman

Bersihkan Usus Sapi dengan Tepat

Tips memasak usus sapi © Diadona

Sebelum mulai memasaknya, hal yang harus diperhatikan adalah bersihkan ususu sapi terlebih dahulu dengan air mengalir.

Kamu bisa gunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian dalamnya. Kemudian rendam usus sapi dalam air bersih dengan tambahan perasan air jeruk nipis atau cuka selama 30 menit hingga 1 jam. Bilas sampai bersih.

Kocok Usus Sapi Hingga Mengembang

Pada saat proses pembersihan usus sapi dengan air mengalir lakukan hingga agak mengembang. Goyang-goyangkan usus sapi agar kotoran yang menempel bisa terlepas dan bersih merata.

Pukul bagian luar usus sapi agar kotoran yang menempel pada dinding usus terlepas. Ulangi setidsknya tiga kali atau lebih hingga benar-benar bersih ya!

3 dari 4 halaman

Rendam Pada Air Garam

Tips memasak usus sapi © Diadona

Selain jeruk nipis, garam menjadi alternatif pilihan untuk membersihkan usus sapi dengan tepat. Caranya, cukup rendam usus sapi dalam air garam selama 30 menit hingga 1 jam.

Air rendaman garam ini mampu menghilangkan bau prengus pada usus sapi dan membuatnya lebih empuk ketika dimasak.

Gunakan Tepung Tapioka

Setelah proses pembersihan tuntas, kamu bisa menambahkan tepung tapioka sebagai baluran pada usus sapi. Taburkan merata di sekeliling usus ya!

Kemudian, remas-remas hingga menyatu dan cuci kembali hingga benar-benar bersih. Cara ini juga akan menghasilkan usus sapi lebih kesat dan tidak bau prengus.

 

4 dari 4 halaman

Rebus Hingga Empuk

Tips memasak usus sapi © Diadona

Setelah dibersihkan, sebelum mengolahnya menjadi masakan maka kamu harus merebus usus sapi terlebih dahulu. Hal ini agar mendapati tekstur yang empuk sempurna.

Rebuslah dalam beberapa jam dengan air yang banyak. Setidaknya ketika usus sapi ditusuk menggunkan garpu terasa empuk.

Masaklah dengan Bumbu yang Tepat

Mengolah masakan dengan bahan utama usus sapi cukup tricky. Misalnya dengan menjadikannya olahan khas masakan Minang yaitu gulai tambusu.

Maka kamu perlu mengolah usus sapi dengan tambahan telur kocok, tahu, dan bumbu rempah. Gunakan api kecil saat proses merebus dan terus aduk agar mengembang merata.

Goreng dengan Minyak Panas

Tips memasak usus sapi © Diadona

Nah, jika ingin mengolah usus sapi dengan cara digoreng maka pastikan kamu menggorengnya dalam minyak yang panas. Jangan terlalu lama menggoreng agar usus tidak kering. Tiriskan, dan usus sapi siap disajikan!

Itulah tips memasak usus sapi agar empuk dan anti bau prengus, selamat mencoba ya!

 

Beri Komentar