14 Manfaat Lele untuk Ibu Hamil, Bayi, dan Kesehatan

Reporter : Sofi
Jumat, 14 Februari 2020 12:55
14 Manfaat Lele untuk Ibu Hamil, Bayi, dan Kesehatan
Tahukah kamu apa saja manfaat lele untuk tubuh kamu?

Ikan lele mudah dijumpai di Indonesia karena banyak budidaya ikan lele ini. Kamu bisa mendapatkan ikan lele ini dalam kondisi segar dan maka dari itu ikan lele ini dianggap lebih sehat dari ikan lain. Manfaat lele dikenal kaya akan vitamin, mineral, dan asam lemak omega.

Salah satu manfaat lele sebagai makanan sehat adalah ikan ini sangat rendah merkuri. Ikan lele yang diternakkan kemungkinan hanya dibiarkan tumbuh hingga titik tertentu. Ini membuat lele tidak berpotensi menelan merkuri di air yang terkontaminasi. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat lele yang mengesankan.

1 dari 3 halaman

Manfaat Ikan Lele

Ikan lele mengandung asam lemak omega yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut adalah manfaat lele yang baik untuk tubuhmu.

Ilustrasi Ikan Lele © Diadona

Cegah peradangan

Asam lemak omega 3 pada lele dapat mengurangi produksi molekul dan zat yang terkait dengan peradangan, seperti peradangan eikosanoid dan sitokin. Omega 3 dapat mengurangi peradangan kronis, yang dapat berkontribusi pada penyakit jantung, kanker, dan berbagai penyakit lainnya. Protein dalam lele juga dapat membantu tubuh memperbaiki sel-selnya saat sakit atau terluka. Protein membentuk blok bangunan utama dari jaringan dan organ.

Sehatkan kulit

Kadar vitamin B12 yang rendah dapat menyebabkan berbagai gejala dermatologis, termasuk hiperpigmentasi, perubahan warna kuku, perubahan rambut, vitiligo, dan sudut mulut meradang dan pecah. Konsumsi lele dapat mencegah kekurangan vitamin B12 ini. Asam lemak omega 3 dalam lele juga mengbasulkan DHA yang merupakan komponen struktural kulit.

DHA bertanggung jawab untuk kesehatan selaput sel, yang membentuk sebagian besar kulit. Membran sel yang sehat menghasilkan kulit yang lembut, lembab, kenyal, dan bebas kerut. Maka dari itu manfaat lele bisa untuk menyehatkan kulit.

Sehatkan otak

Manfaat lele berikutnya dapat menyehatkan otak. Vitamin B12 dapat berperan dalam mencegah atrofi otak atau hilangnya neuron di otak dan sering dikaitkan dengan kehilangan memori atau demensia. Kombinasi vitamin B12 dengan asam lemak omega 3 dapat memperlambat penurunan daya ingat. asupan omega 3 yang lebih tinggi dengan penurunan penurunan mental terkait usia dan penurunan risiko penyakit Alzheimer.

Cegah penyakit jantung

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Asam lemak omega 3 telah dikaitkan dengan banyak manfaat untuk kesehatan jantung. Omega 3 dapat menyebabkan pengurangan besar dalam trigliserida dan tekanan darah. Omega 3 dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL " baik" . Mengonsumsi makanan kaya akan omega 3 dapat mencegah trombosit darah menggumpal yang berbahaya bagi kesehatan jantung.

Beberapa penelitian mencatat bahwa asupan protein tinggi juga dapat menurunkan tekanan darah. Kamu dapat mendapatkan asam lemak omega dari manfaat lele.

Cegah anemia

Saat mengalami anemia, tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke organ vital. Manfaat lele juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Vitamin B12 berperan penting dalam membantu tubuh memproduksi sel darah merah.

Kadar vitamin B12 yang rendah menyebabkan pengurangan pembentukan sel darah merah. Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 dapat mencegah anemia dan meringankan gejalanya.

Membangun otot

Protein juga berperan dalam pembentukan otot. Oleh karena itu, makan protein dalam jumlah yang cukup membantu mempertahankan massa otot dan meningkatkan pertumbuhan otot saat jika diimbangi dengan olahraga rutin. Menjaga asupan protein tetap tinggi juga dapat membantu mencegah kehilangan otot selama penurunan berat badan. Manfaat lele bisa kamu gunakan untuk membangun otot kamu.

Cocok untuk diet

Manfaat lele juga bisa digunakan dalam diet sehat. Karena kaya protein, manfaatlele cocok dimasukkan sebagai makanan diet. Protein adalah makanan yang paling mengenyangkan. Pola makan tinggi protein mengurangi rasa lapar, membantumu makan lebih sedikit kalori. Ini disebabkan oleh peningkatan fungsi hormon pengatur berat badan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Ikan Lele untuk Ibu Hamil

Ibu hamil perlu membutuhkan makanan yang tinggi akan nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuhnya dan janin yang dikandungnya. Ibu hamil bisa menggunakan manfaat lele untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Berikut adalah manfaat lele untuk ibu hamil.

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Sebagai sumber protein singkat

Protein pendek pada ikan lele membuat dagingnya lebih mudah untuk diproses oleh tubuh. Manfaat lele sangat aman untuk sistem pencernaan. Jadi jika kamu ingin mengkonsumsi daging yang mudah diserap, ikan lele dapat menjadi pilihan pertama kamu.

Manfaat lele untuk kesehatan sangat terkenal untuk ibu hamil. Sumber tinggi omega 3 dan protein dalam ikan lele adalah gudang nutrisi di mana ibu hamil dan janinnya dibutuhkan. Selain itu, manfaat lele sangat baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan juga dapat merawat arteri dengan baik.

Banyak omega 3

Omega 3 berguna untuk membantu pertumbuhan janin otak pada ibu hamil. Ini juga penting untuk pertumbuhan penglihatan mata dan saraf bayi.

Mengandung banyak fosfor

Fosfor dalam lele mencapai 168 mg/100 gram. Terbukti bahwa fosfor dalam ikan lele lebih tinggi dari fosfor dalam telur. Telur hanya mengandung 100 mg. Fosfor digunakan untuk memberi penguatan, energi dalam lemak, mengekstrak metabolisme, menjadi pendukung kesehatan gusi dan gigi, membantu sintesis DNA dan penyerapan kalsium.

Ibu hamil membutuhkan banyak fosfor, karena bermanfaat untuk pertumbuhan tulang janin. Jika fosfor pada ibu hamil lebih sedikit, janin akan mengambil fosfor dari ibu. Hal ini bisa menyebabkan osteoporosis.

3 dari 3 halaman

Manfaat Ikan Lele untuk Bayi

Tidak jauh berbeda dengan manfaat lele yang diberikan pada orang dewasa, manfaat lele untuk bayi juga sangat bagus untuk tubuhnya. Hal ini karena asam lemak omega yang dikandung lele dapat membantu bayi dalam masa pertumbuhannya. Berikut manfaat lele untuk bayi.

Ilustrasi Bayi Makan © Diadona

Kuatkan tulang

Manfaat lele kaya akan vitamin dan mineral yang menguatkan tulang. Ikan adalah sumber vitamin D yang penting untuk menyerap kalsium pembentuk tulang. Manfaat lele juga mengandung fosfor yang lebih tinggi dari telur. Fosfor berperan mendukung kesehatan tulang, gusi dan gigi. Protein dalam lele juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan tulang.

Orang yang makan lebih banyak protein cenderung mempertahankan massa tulang lebih baik seiring bertambahnya usia dan memiliki risiko osteoporosis dan patah tulang yang jauh lebih rendah. Vitamin B12 pada ikan lele juga memainkan peran penting dalam kesehatan tulang.

Sebagai sumber protein

Ikan lele adalah ikan air tawar yang dapat menjadi sumber protein tinggi. Proteinnya sekitar 20%. Fungsi protein dalam ikan lele tidak hanya meningkatkan protein yang dimakan tetapi juga dapat menjadi pelengkap protein yang baik dalam menu si Kecil. Protein dalam lele, ada asam amino esensial lisin, metionin, dan leusin. Manfaat lele memiliki protein yang lebih tinggi daripada protein dalam susu dan daging.

Hampir 80% ikan air tawar mengandung protein dengan lisin dan metionin yang tinggi. Leusin digunakan untuk membantu pertumbuhan anak, membangun dan menghancurkan otot-otot. Lysine digunakan untuk membantu pertumbuhan dan pengobatan herpes. Lisin diperlukan untuk menjadi kerangka bagi niacin juga.

Apakah ikan lele ini adalah makanan kesukaanmu? Bagaimana kamu biasanya mengolah ikan lele untuk menjadi hidangan kesukaanmu? Bagikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar