Tips Memecahkan Telur Agar Tidak Berantakan dan Anti Mengotori Tangan

Reporter : Arifina
Rabu, 15 Maret 2023 15:17
Tips Memecahkan Telur Agar Tidak Berantakan dan Anti Mengotori Tangan
Memecahkan telur memang perlu trik yang tepat biar hasilnya tidak berantakan.

Telur adalah salah satu bahan pangan yang sehat, ekonomis, dan disukai banyak orang, baik sebagai hidangan utama atau bahan untuk membuat kue. Namun, untuk momen tertentu penggunaan telur harus secara sempurna dan tidak boleh berantakan.

Misalnya saja, untuk membuat kue. Biasanya, bagian telur berwarna kuning saat dipecahkan harus bulat sempurna. Sayangnya, untuk mendapatkan hal itu perlu trik khusus nih!

Meski begitu, cara memecahkan telur ini cukup mudah lho! Yakni, dengan mengetuknya perlahan-lahan di permukaan datar.  Nah, biar mendapati hasil pecahan telur yang sempurna, berikut tips yang sudah dirangkum diadona.id dari berbagai sumber, tidak berantakan dan anti mengotori tangan!

1 dari 6 halaman

Cukup Gunakan Satu Tangan

Tips memecahkan telur agar tak berantakan © Diadona

Teknik ini dianggap sebagai cara terbaik dan paling efektif dalam memecahkan telur dengan cepat dan sempurna. Dilansir dari This Is Insider, Serius Eats mengatakan, teknik memcahkannya ini hanya dengan satu tangan.

Caranya, kamu harus mengutamakan penggunaan jari manis sebagai penguat bawah telur. Kemudian, pemanfaatan jempol dan ibu jari digunakan untuk memegang bagian atas telur.

Dengan cara ini, ketika telur dipecahkan, kedua bagian cangkang tetap berada di genggaman tangan. Tidak hanya itu, trik ini juga memberikan tampilan hasil pecahan telur yang menarik.

2 dari 6 halaman

Gunakan Pisau

Tips memecahkan telur agar tak berantakan © Diadona

Adanya pisau bisa dimanfaatkan untuk mempermudah memecahkan telur, lho! Bahkan, beberapa koki lebih suka  menggunakan benda dapur yang satu ini untuk hasil pecahan telur yang sempurna.

Pada tahun 2001, seorang ahli bernama Sally Solomon mencari metode terbaik untuk memecahkan telur. Hasil penelitiannya menunjukkan, memecahkan telur dengan pisau adalah metode terbaik.

Agar hasilnya sempurna, kamu harus memegang ujung runcing bagian telur dengan ujung jari. Kemudian, pecahkan telur menggunakan pisau palet  tepat di bagian tengahnya, lakukan gerakan seperti melempar kail saat memancing.

3 dari 6 halaman

Lakukan di Permukaan yang Datar

Tips memecahkan telur agar tak berantakan © Diadona

Permukaan datar seperti meja atau talenan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memecahkan telur dengan sempurna. Bahkan, sangat disarankan untuk tidak memecahkan telur di pinggiran mangkuk atau wajan.

Caranya, cukup arahkan bagian runcing telur di tengah-tengah antara dua ujung di atas meja. Ketuk secara perlahan lembut, tapi jangan sampai merobek bagian dalam telur.

Pegang telur di atas wajan atau mangkuk, dan gunakan ibu jari untuk membuka celah di cangkang. Lepaskan telur ke dalam wadah dengan hati-hati.

4 dari 6 halaman

Hindari Memecahkan Telur pada Pinggiran Mangkuk

Tips memecahkan telur agar tak berantakan © Diadona

Seringkali orang memecahkan telur menggunakan bagian pinggir mangkuk. Namun, hal tersebut tidak dianggap sebagai cara yang tepat  lho!

Jika tetap ingin memecahkan telur dengan cara tersebut, pastikan untuk memperhatikan bagian tengah telur dengan baik. Kamu bisa melakukanya tepat di bagian tengahnya agar dua tangan dapat memegang cangkang telur yang terbelah dua.

5 dari 6 halaman

Gunakan Cangkang Telur

Tips memecahkan telur agar tak berantakan © Diadona

Jika dari metode-metode di atas tidak sukses dilakukan dan memunculkan serpihan cangkang telur maka cara paling mudah adalah memanfaatkan cangkang itu sendiri.

Ambil salah satu bagian cangkang telur dan gunakan untuk mengambil serpihan yang masuk ke pecahan telur yang ada di mangkuk.

6 dari 6 halaman

Tips memecahkan telur agar tak berantakan © Diadona

Itulah sederet tips memecahkan telur agar tidak berantakan dan anti mengotori tangan. Dengan menggunakan beberapa cara di atas, telur akan utuh dan tidak ada serpihan cangkang yang masuk.

Selain itu, kamu juga bisa membuat kuning telur tidak menetes ke bagian luar mangkuk saat telur dipecahkan. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar