7 Tips Menggoreng Lumpia Agar Tidak Berminyak, Renyah dan Super Kriuk Digigit

Reporter : Arifina
Senin, 6 Maret 2023 16:07
7 Tips Menggoreng Lumpia Agar Tidak Berminyak, Renyah dan Super Kriuk Digigit
Renyah dan tidak berminyak, menggoreng lumpia harus tahu triknya nih!

Lumpia merupakan salah satu camilan yang paling disukai masyarakat Indonesia. Jenis gorengan satu ini terkenal dengan kulitnya yang renyah, gurih lengkap dengan isian sayurannya.

Lumpia cocok dinikmati sebagai camilan di pagi hari atau saat waktu santai. Namun, seringkali saat memakan lumpia kamu merasa terlalu banyak minyak yang menempel, sehingga terkesan lengket dan mengurangi kelezatan. Bahkan, tak jarang dapat membuat tenggorokan sakit.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips menggoreng lumpia agar tidak berminyak yang bisa kamu terapkan di rumah, lho! Berikut tips menggoreng lumpia yang sudah diadona.id rangkum dari berbagai sumber.

1 dari 7 halaman

Pastikan Isian Lumpia Kering

Tips Menggoreng Lumpia Agar Tidak Berminyak © Diadona

Tips utama untuk memastikan lumpia yang kamu goreng terasa renyah dan tidak menyerap minyak adalah pada adonan isian. Nah, adonan isi lumpia ini harus dipastikan benar-benar kering.

Hal ini agar kulit lumpia tidak menjadi basah dan mengurangi kekenyalan. Jika isi lumpia basah, maka kulitnya justru akan ikut menjadi lembek, sulit renyah dan lebih mudah menyerap minyak setelah digoreng.

2 dari 7 halaman

Gunakan Kulit Lumpia Setidaknya 2 Lembar

Tips Menggoreng Lumpia Agar Tidak Berminyak © Diadona

Tips ini juga bisa diterapkan agar lumpia yang kamu goreng tidak berminyak dan tetap renyah lho! Saat membungkus adonan isian, maka kamu bisa menyiapkan setidaknya dua lembar kulit lumpia.

Cara ini untuk mencegah adonan isi yang basah menembus ke kulit luar lumpia. Sehingga, saat digoreng hasil akhirnya renyah dan tetap nikmat.

3 dari 7 halaman

Pastikan Proses Menggulung Adonan Rapat

Tips Menggoreng Lumpia Agar Tidak Berminyak © Diadona

Sebelum digoreng, kamu juga harus memastikan gulungan lumpia yang kamu siapkan sudah rapat. Ketika menggulung lumpia, pastikan kulit dan isinya tidak mudah robek dan kokoh.

Sehingga, proses menggoreng lumpia tetap aman tanpa ada isi adonan yang keluar yang menyebabkan kulit justru tidak menyatu.  Nah, adanya bagian yang tidak kokoh membuat lumpua menjadi keriput, lembek, dan banyak menyerap minyak.

4 dari 7 halaman

Gunakan Minyak Goreng yang Bersih

Tips Menggoreng Lumpia Agar Tidak Berminyak © Diadona

Minyak yang bersih menentukan hasil lumpia yang kamu goreng nih! Karenanya, pastikan sebelum menggoreng kamu menyiapkan minyak yang baru dan bersih.

Sebab, menggunakan minyak sisa kemarin yang masih ada rempahan makanan di dalamnya dapat menyebabkan lumpia gosong dengan cepat saat digoreng.

5 dari 7 halaman

Goreng Lumpia dalam Minyak yang Banyak dengan Api Sedang

Tips Menggoreng Lumpia Agar Tidak Berminyak © Diadona

Ini salah satu trik agar lumpia tidak berminyak. Kamu perlu menyiapkan minyak yang banyak saat menggoreng, dan panaskan dengan cukup menggunakan api sedang kira-kira mencapai suhu sekitar 170-180 derajat celsius.

Pastikan saat menggoreng lumpia masuk di dalam minyak terendam sempurna. Proses ini akan membuat lumpia matang merata. Penting diingat, untuk tidak memasukkan lumpia dalam jumlah banyak sekaligus, karena akan menurunkan suhu minyak.

6 dari 7 halaman

Jangan Sering Membalik Lumpia

Tips Menggoreng Lumpia Agar Tidak Berminyak © Diadona

Hindari untuk terlalu sering membalik atau mengaduk lumpia ketika digoreng. Hal ini dapat membuat lumpia menjadi tidak renyah dan justru mudah menyerap minyak.

Terlalu sering membolak-balik lumpia juga menyebabkan proses menggoreng lebih cepat gosong, lho!

7 dari 7 halaman

Tiriskan Lumpia dengan Tepat

Tips Menggoreng Lumpia Agar Tidak Berminyak © Diadona

Setelah lumpia matang, segera angkat dan tiriskan di atas kertas peniris atau tisu selama satu atau dua menit. Kertas peniris juga bisa digantu berkala setelah beberapa kali menggoreng ya, agar daya serap maksimal.

Kamu juga bisa menempatkan lumpia yang sudah matang di atas rak pendingin agar minyak yang berlebih tidak menempel pada lumpia. Dengan begitu, lumpia yang digoreng akan tetap renyah dan tidak terlalu berminyak. Hidangkan selagi hangat dengan cabai rawit atau saus sambal.

Nah, itu tadi tips menggoreng lumpia agar tidak berminyak. Dengan cara di atas, maka kamu akan membuat hasil lumpia yang renyah, lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar