5 Tips agar Teflon Magic Com Tidak Lengket dan Awet Digunakan hingga Lama

Reporter : Riza Umami
Rabu, 8 Maret 2023 20:43
5 Tips agar Teflon Magic Com Tidak Lengket dan Awet Digunakan hingga Lama
Ini beberapa tips agar teflon magic com tidak lengket.

Panci rice cooker biasanya digunakan untuk memasak nasi dengan cara yang lebih praktis dan efisien. Panci rice cooker bekerja dengan menggunakan sistem pemanas listrik yang terdapat di dalamnya. Sistem ini akan memasak nasi dengan cara mengukur suhu dan waktu yang tepat sehingga nasi akan matang dengan sempurna dan tidak terlalu lembek atau kering.

Keuntungan menggunakan panci rice cooker adalah kemudahan dan kecepatan dalam memasak nasi. Kamu tidak perlu lagi menggunakan kompor dan memantau nasi secara terus menerus karena panci rice cooker akan mematikan sendiri saat nasi sudah matang.

Namun, kamu perlu memperhatikan penggunaan panci rice cooker agar tidak merusak bagian dalamnya yang memiliki lapisan anti lengket. Nah, berikut ini beberapa tips agar teflon magic com tidak lengket.

1 dari 5 halaman

1. Pastikan Mencuci Beras dengan Benar

Ilustrasi Beras © Diadona

Tips agar teflon magic com tidak lengket yang pertama, sebaiknya beras dicuci terlebih dahulu sebelum dimasak. Sebab, saat beras tersebut disimpan dan dikirim, terjadilah gesekan antar butiran beras yang dapat membuat sebagian tepung pati lepas.

Dilansir dari laman kompas.com (14/1), tepung pati yang menempel pada beras dapat membuat nasi lengket ketika dimasak. Oleh karena itu, pastikan beras dicuci dengan benar sebelum dimasak supaya panci rice cooker gak mudah lengket.

2 dari 5 halaman

2. Olesi Teflon Rice Cooker dengan Mentega

Perbedaan Mentega dan Margarin © Diadona

Tips agar teflon magic com tidak lengket yang kedua adalah dengan melumuri mentega pada permukaan panci rice cooker. Hal inilah yang membantu nasi jadi gak mudah menempel pada panci rice cooker ketika sudah matang usai dimasak.

3 dari 5 halaman

3. Masak Nasi dengan Takaran Air yang Pas

Tips agar Teflon Magic Com Tidak Lengket © Diadona

Tips agar teflon magic com tidak lengket yang ketiga, Anda harus memasak nasi dengan takaran air yang tepat. Untuk membersihkan rice cooker yang berisi nasi basi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan.

Ketika memasak beras merah, umumnya memerlukan lebih banyak air dibandingkan beras putih. Jumlah air yang digunakan mempengaruhi kelembutan nasi dan kemudahan menempel pada panci rice cooker. Sebaliknya kekurangan air akan membuat nasi jadi lengket di rice cooker.

4 dari 5 halaman

4. Nasi Didiamkan Dulu saat Sudah Matang

Rice Cooker © Diadona

Tips agar teflon magic com tidak lengket yang keempat, bila ingin memindahkan nasi ke wadah lain, seperti kotak bekal untuk dibawa ke kantor atau sekolah, sebaiknya diamkan nasi selama 10 hingga 30 menit setelah matang.

Proses ini akan membantu uap air yang masih terperangkap tersebar ke seluruh butir nasi. Selain itu, nasi yang menempel di dasar panci akan mengendur perlahan-lahan karena menyerap uap.

Dalam periode istirahat ini, pati beras juga akan mendingin dan membentuk kembali strukturnya. Ketika nasi dipindahkan ke wadah, nasi akan tetap menjaga bentuknya saat diaduk dengan sendok nasi, dan tidak akan pecah atau lengket.

5 dari 5 halaman

5. Gunakan Centong Kayu

Donabe Rice Cooker Polytron © Diadona

Tips agar teflon magic com tidak lengket yang kelima, sebaiknya gunakan centong yang terbuat dari bahan kayu, nilon atau silikon saat mengambil nasi. Jangan gunakan centong dari bahan logam karena bisa menggores permukaan teflon magic com. Saat membersihkan panci rice cooker, gunakan spons dengan bagian yang halus untuk menjaga permukaannya.

Itulah beberapa tips agar teflon magic com tidak lengket saat digunakan sehari-hari untuk memasak nasi. Semoga dengan melakukan beberapa cara di atas, rice cooker di rumah kamu jadi lebih awet dan bisa digunakan untuk waktu yang lama ya Diazens.

Beri Komentar