Resep Ayam Goreng Saus Asam Jawa, Rasa Gurih dan Segarnya Bikin Nagih Banget Nih!

Reporter : Arifina
Kamis, 18 Januari 2024 16:07
Resep Ayam Goreng Saus Asam Jawa, Rasa Gurih dan Segarnya Bikin Nagih Banget Nih!
Hidangan ayam goreng saus asam Jawa bisa jadi pilihan menu makanan buat keluarga yang super nikmat nih!

Resep ayam goreng saus asam Jawa bisa menjadi referensi pilihan untuk membuat menu makanan di rumah nih! Ayam goreng saus asam jawa menjadi salah satu hidangan yang memiliki cita rasa khas tersendiri.

Ayam goreng saus asam Jawa menghadirkan perpaduan antara rasa asam dari asam jawa, manis dari kecap manis, dan pedasnya cabai, serta gurihnya ayam goreng. Tak ayal, menu makanan satu ini menjadi sangat menggugah selera untuk dinikmati dengan nasi hangat.

Menu olahan ayam ini cocok dijadikan sebagai lauk makan sehari-hari buat keluarga ataupun acara-acara spesial. Selain itu, ayam goreng saus asam jawa juga bisa dijadikan sebagai camilan atau bekal makanan.

1 dari 7 halaman

Resep Ayam Goreng Saus Asam Jawa © Diadona

Kombinasi antara kelezatan ayam goreng yang renyah dengan saus asam Jawa yang segar dan khas, membuat hidangan ini sangat digemari oleh berbagai kalangan. Biasanya, kebanyakan orang akan memilih potongan ayam bagian sayap untuk olahan yang satu ini.

Selain itu, kamu juga menggunakan bagian dada ayam untuk menu hidangan ayam satu ini. Hal itu tergantung pada selera masing-masing ya!

Cara membuat menu makanan ayam ini tidak susah lho! Bahan-bahan untuk mengolahnya juga sangat mudah didapatkan. Nah, buat kamu yang ingin berkreasi membuat menu ayam goreng saus asam Jawa ini berikut referensi resep yang bisa kamu coba!

2 dari 7 halaman

Resep Ayam Goreng Saus Asam Jawa

Bahan-Bahan:

  • 10 buah sayap ayam ukuran sedang
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 siung bawang putih (parut)
  • 1 sdm kaldu jamur
  • 5 sdm tepung terigu
  • Minyak goreng

Bahan Saus Asam Jawa:

  • 3 sdm minyak sayur
  • 5 siung bawang merah (cincang kasar)
  • 1 siung bawang putih (cincang halus)
  • 5 buah cabe merah kering (potong-potong)
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 100 ml air asam Jawa
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam

Setelah semua bahan disiapkan, saatnya masuk ke tahapan pembuatannya ya! Proses pembuatan ayam goreng saus asam Jawa ini terbilang praktis dan tidak ribet lho!

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Ayam Goreng Saus Asam Jawa

Langkah pertama, potong-potong sayao ayam menjadi 3 bagian. Lalu, sisihkan bagian ujung yang runcing. Bagian yang disisihkan ini bisa digunakan sebagai bahan pembuatan kaldu.

Selanjutnya, cuci bersih ayam yang akan digunakan untuk membuat ayam goreng saus asam Jawa. Tiriskan.

Marinasi ayam, lumuri potongan ayam tadi dengan bumbu-bumbu. Seperti, merica, bawang putih, kaldu jamur. Lumuri ayam hingga merata, dan diamkan terlebih dahulu kurang lebih selama 15-30 menit agar bumbu meresap sempurna.

4 dari 7 halaman

Resep Ayam Goreng Saus Asam Jawa © Diadona

Langkah berikutnya, siapkan tepung terigu lalu balurkan pada ayam secara tipis-tipis saja. Ayam siap untuk digoreng.

Kemudian, panaskan minyak horeng dalam wajan dan gorenglah ayam yang sudah dilapisi tepung terigu hingga matang. Pastikan warnanya berubah kekuningan kecoklatan ya, lalu angkat dan tiriskan dahulu.

Ayam goreng telah siap, kini masuk ke tahapan pembuatan saus asam Jawa. Mulailah dengan memnaskan minyak, lalu tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dicincang hingga layu dan harum.

5 dari 7 halaman

Tambahkan cabe merah kering yang juga sudah dipotong-potong, merica, gula pasir, garam, dan air asam. Lalu, aduk rata dan biarkan mendidih hingga saus mengental dan masuk ke tahap penyajian.

Untuk penyajian ayam goreng saus asam Jawa ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Kamu bisa sekaligus memasukkan ayam pada saus asam Jawa yang dibuat dan aduk merata bersamaan.

Namun, jika ingin tampilan lebih cantik, siapkan piring saji dan letakkan potongan-potongan ayam diatasnya. Baru setelah itu, siramkan saus asam Jawa yang kamu buat di atas ayam goreng.

Nah, ayam goreng saus asam Jawa siap dinikmati dengan nasi hangat nih!

6 dari 7 halaman

Tips Membuat Ayam Goreng Saus Asam Jawa Anti Gagal

Cita rasa khas pada olahan menu ayam goreng saus asam Jawa ini perlu trik khusus agar didapati rasa segar, gurih, dan pedas yang pas. Salah satu yang harus diperhatikan adalah pada penggunaan asam Jawa.

Untuk membuat saus asam Jawa dengan cita rasa kesegaran yang pas, maka gunakan asam tanpa biji yang sudah matang dan dibersihkan. Kemudian larutkan 1 sendok makan asam Jawa dengan 150 ml air hangat, remas-remas dan saring airnya.

Jika menginginkan rasa yang lebih pedas, kamu bisa mengganti cabe merah kering dengan cabe segar. Dijamin, cita rasa pedasnya makin menggugah selera banget!

7 dari 7 halaman

Resep Ayam Goreng Saus Asam Jawa © Diadona

Nah, agar olahan ayam goreng saus asam Jawa lebih menarik dan beraneka rasa kamu juga bisa menambahkan sayuran lainnya lho! Seperti, kol, wortel, hingga kacang polong dalam olahan sausnya.

Itulah resep ayam goreng saus asam Jawa yang bisa kamu coba recook di rumah. Dengan resep sederhana ini, kamu dapat menciptakan hidangan lezat nan menggugah selera di rumah. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar