Cara Memilih Jagung Manis yang Segar dan Baik untuk Dikonsumsi, Jangan sampai Keliru ya!

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 26 September 2022 10:00
Cara Memilih Jagung Manis yang Segar dan Baik untuk Dikonsumsi, Jangan sampai Keliru ya!
Cara memilih jagung manis biar nggak sampai keliru beli jagung yang sudah tua dan kering haha

Jagung adalah salah satu bahan makanan yang cukup banyak penggemarnya. Selain bisa dikreasikan ke banyak olahan, jagung ini juga memiliki gizi yang dibutuhkan oleh tubuh loh. Salah satu jenis jagung yang cukup populer adalah jagung manis.

Lalu, bagaimana cara memilih jagung manis yang akan di konsumsi?

Ya, cara memilih jagung manis ini memang cukup penting. Pasalnya ketika salah memilih kamu akan mendapatkan jagung yang sudah kusust atau bahkan kering. Tentu saja kalau gini jagung akan kurang baik ketika di konsumsi.

Berikut Diadona telah merangkum cara memilih jagung manis dari berbagai sumber. Tentu saja ini bisa kamu aplikasikan saat hendak membeli jagung. So, yuk simak cara-caranya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

1. Perhatikan Kulit Jagung

Cara Memilih Jagung Manis © Diadona

Cara memilih jagung yang pertama adalah dengan memperhatikan kulit jagung atau klobot. Kulit jagung yang masih segar cenderung kencang dan tidak kering. tentunya warnanya masih hijau segar.

Jadi, hindari atau tinggalkan jagung yang kulitnya sudah mengering. Pasalnya jika kulit sudah mengering bisa jadi jagung tersebut sudah dipanen dalam beberapa hari lamanya.

2 dari 5 halaman

2. Cak Pangkal Jagung

Cara Memilih Jagung Manis © Diadona

Cara memilih jagung manis yang kedua adalah dengan mengecek pangkal jagung. Begini, jika pangkal jagung sudah terlihat kecoklatan, itu tanda jika jagung sudah tidak lagi segar. Sederhana kan? hehe

3 dari 5 halaman

3. Pilih Rumbai Jagung yang Bagus

Cara Memilih Jagung Manis © Diadona

Selanjutnya untuk cara memilih jagung manis adalah bisa dengan memperhatikan rumbai atau rambut jagung. Pilihlah jagung yang memiliki rumbai berwarna kuning kecokelatan dan sedikit lengket, serta terasa lembut.

Kenapa demikian, karena jika rambut jagung sudah kering maka bisa jadi jagung manis tersebut sudah dipanen beberapa hari sebelumnya. Juga, hindari jagung yang bagian rumbainya sudah hitam dan terasa basah karena jagung tersebut sudah tua.

4 dari 5 halaman

4. Pencet Jagung

Cara Memilih Jagung Manis © Diadona

Memencet jagung juga bisa jadi cara memilih jagung manis. Jadi kamu bisa memencet jagung yang masih berbalut kulit atau klobot dengan perlahan. Bila seluruh biji jagung, dari atas hingga bawah terasa gemuk dan kencang, berarti jagung tersebut masih segar.

5 dari 5 halaman

5. Perhatikan Tampilan Biji Jagung

Cara Memilih Jagung Manis © Diadona

Terakhir, jika jagung yang dijual sudah tidak ada lagi kulitnya. Maka cara memilih jagung manis bisa dengan memilih jagung yang bijinya berwarna cerah. Dan pastikan juga biji jagung manis masih padat dan tidak kempes.

Jadi itulah beberapa cara memilih jagung manis yang bisa kamu lakukan saat hendak membeli. Untuk solusi atau cara lain kamu bisa langsung membelinya dari petani. Tentu ini selain segar, kualitasnya juga lebih baik.

Jadi, itu ya Diazens terkait cara memilih jagung manis. Kamu kalau jagung manis suka olah menjadi apa nih kalau boleh tahu?

Beri Komentar