Cara Marinasi Ayam Agar Bumbunya Meresap dengan Baik, Ternyata Sederhana dan Mudah

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 22 September 2022 12:00
Cara Marinasi Ayam Agar Bumbunya Meresap dengan Baik, Ternyata Sederhana dan Mudah
Cara Marinasi ayam ternyata mudah banget hahaha

Marinasi adalah cara atau proses yang dilakukan sebelum mengolah daging sebelum dikonsumsi. Jadi ini adalah tahap membumbui daging dengan bumbu marinade. Cara marinasi ayam ini pun juga sangat mudah.

Cara marinasi ayam ada beberapa poin, tapi yang pasti bumbu yang digunakan terbuat dari minyak, asam seperti air jeruk atau cuka, dan berbagai rempah. Selain memberi citarasa pada daging, proses ini juga berguna untuk mengempukkan daging.

Berikut Diadona telah merangkum cara marinasi ayam dari beberapa sumber. Cara-cara di bawah ini bisa kamu praktikkan di rumah saat hendak mengolah ayam. Langsung saja yuk simak cara-caranya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

1. Perhatikan Takaran Bumbu

Cara Marinasi AyamCara Marinasi Ayam © Shutterstock.com

Cara marinasi ayam yang pertama adalah perhatian takaran bumbu marinasi yang akan digunakan. Selain itu gunakan bumbu-bumbu yang segar untuk bahan marinasi.

Oh iya, dilansir dari beberapa sumber, rasio marinasi untuk ayam adalah tiga bagian minyak dan satu bagian asam ditambah bumbu pelengkap. Kamu bisa menggunakan bawang putih, garam, gula, saus cabai, dan rempah lainnya. Gunakan rempah aromatik dan segar untuk proeses memasak yang tidak membuat daging menjadi pahit. Kamu bisa menggunakan ketumbar, time, oregano, daun bawang, atau mint.

2 dari 5 halaman

2. Tusuk atau Iris Daging Ayam

Cara Marinasi AyamCara Marinasi Ayam © Shutterstock.com

Sebelum daging ayam diberi bumbu marinasi, kamu bisa menusuk-nusuk atau mengiris permukaan daging. Ha ini dilakukan agar bumbu marinasi bisa meresap sempurna.

3 dari 5 halaman

3. Marinasi di Wadah Tertutup

Cara Marinasi AyamCara Marinasi Ayam © Shutterstock.com

Selanjutnya untuk cara marinasi ayam yang selanjutnya adalah jangan lupa menggunakan wadah yang tertutup. Wadah tertutup ini akan mencegah adanya penguapan daru bumbu tersebut.

Tentunya, ini akan lebih praktis karen semua bagian ayam akan terendam bumbu dengan baik.

4 dari 5 halaman

4. Waktu Marinasi

Cara Marinasi AyamCara Marinasi Ayam © Shutterstock.com

Waktu memarinasi juga harus diperhatian dalam cara marinasi ayam ini. Sebetulnya, dalam kurun waktu satu jam saja bumbu marinasi sudah merasuk ke daging ayam.

Tapi untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mendiamkan marinasi ayam selama semalam penuh di dalam freezer. Dijamin, daging ayam akan termarinasi dengan sempurna.

5 dari 5 halaman

5. Nggak Perlu Ditiriskan

Cara Marinasi AyamCara Marinasi Ayam © Freepik.com

Cara marinasi ayam yang terakhir adalah saat menggoreng atau membakar ayam, langsung masukkan daging ayam ke dalam panggangan atau wajan penggorengan. Bumbu marinasi yang ada nggak perlu kamu tiriskan.

Jadi itulah beberapa cara marinasi ayam yang bisa kamu coba di rumah. Tentu saja ini untuk hasil olahan ayam yang lebih lezat dan istimewa. So, selamat mencoba ya!

Beri Komentar