Cara Agar Tidak Bersin saat Menumis Cabe, untuk Masak Biar Aman

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 22 September 2022 14:00
Cara Agar Tidak Bersin saat Menumis Cabe, untuk Masak Biar Aman
Cara agar tidak bersin saat menumis cabe ini bisa jadi berguna banget meskipun simple haha

Bersin-bersin saat menumis cabe mungkin hal yang sudah akrab dengan kita. Ternyata ada loh cara agar tidak bersin saat menumis cabe atau pun sambal. Tentunya ini kabar baik bukan? hahaha

Dan ternyata cara agar tidak bersin saat menumis cabe ini mudah banget loh. Penasaran? berikut ini adalah beberapa cara-cara yang bisa kamu lakukan. Check this out!

1 dari 3 halaman

1. Tambahkan Gula

Cara agar tidak bersin saat menumis cabe yang pertama adalah tambahkan sesendok gula ke dalam minyak panas. Baru sesudahnya kamu bisa masukkan cabai untuk ditumis. Jika sudah, pasti bau menyengat dari cabe akan hilang.

2. Potong Cabe Menjadi Kecil

Cara agar tidak bersin saat menumis cabe yang kedua adalah dengan memotong cabe menjadi kecil-kecil. Hal ini berguna biar aroma Capsaicin yang ada pada cabe bisa berkurang. Jadinya gak akan bikin bersin-bersin saat ditumis.

Selain mengurangi aroma menyengat yang ditimbulkan cabe, ini juga membuat cabe tidak meletus-meletus saat digoreng atau ditumis.

2 dari 3 halaman

Cara Agar Tidak Bersin saat Menumis CabeCara Agar Tidak Bersin saat Menumis Cabe © Shutterstock.com

3. Gunakan Lebih Banyak Minyak

Penyebbab cabe menimbulkan aroma yang menyengat hidung adalah ketika capsaicin pada cabe menyentuh permukaan wajan yang panas. Nah, ketika minyaknya sedikit lebih banyak, maka sambal gak bakal langsung mengenai permukaan penggorengan. Jadinya, asap yang dihasilkan tidak terlalu menyengat.

4. Sirkulasi Udara Lancar

Sirkulasi udara yang lancar juga bisa kamu jadikan cara agar tidak bersin saat menumis cabe. Gimana caranya? Kamu bisa membuka jendela dan pintu yang berada di sekitar dapur. Hal ini dilakukan biar uap atau gas yang dihasilkan dari tumisan cabe atau sambal nantinya gak menempel di dapur atau ruangan.

3 dari 3 halaman

5. Nyalakan Kipas Angin

Cara agar tidak bersin saat menumis cabe yang seanjutnya adalah dengan menyalakan kipas angin. Caranya, letakkan kipas angin di dekat area kamu memasak. Terus arahkan kipas angin ke tempat kamu memasak. Kalau bisa, arahnya juga harus menghadap ke luar ruangan.

Jadi itulah beberapa cara agar tidak bersin saat menumis cabe yang bisa kamu coba di rumah. Tahu sendiri kan gimana nggak enaknya kalau masak sambil bersin-bersin hahaha.

So, selamat mencoba ya Diazens!

Beri Komentar