12 Cara Menghilangkan Bau Bawang di Tangan dan Mulut, Mudah dan Ampuh

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 22 September 2022 12:06
12 Cara Menghilangkan Bau Bawang di Tangan dan Mulut, Mudah dan Ampuh
Dengan banyak cara menghilangan bau bawang ini, nggak perlu khawatir lagi deh setelah mengolah bawang atau memakannya mentah

Sebagai salah satu bumbu aromatik, keberadaan bawang putih dalam masakan mampu membangkitakn rasa yang super gurih, kaya dan wangi menggoda. Itu mungkin ya alasan mengapoa bunmbu ini sellau ada di hmpir smeua msakan meskipun yah penggunaannya meninggalkan bau kurang menyenangkan di talenan, tangan, dan badan kita. Tapi tenang aja, ada banyak cara menghilangkan bau bawang kok!

Apakah cukup dengan mencucinya dengan sabun? Apakah dengan air panas? Hmm.. Sebelum kita ke cara menghilangkan baunya, kita kenali dulu deh apa yang menjadi penyebab bau tersebut.

1 dari 5 halaman

Jadi nih tanaman dari genus Allium seperti bawang-bawangan mengandung beberapa senyawa dengan bau yang sangat menyengat yang tertinggal di tangan saat kita menanganinya dalam kondisi mentah atau menyebabkan bau mulut setelah kita mengkonsumsinya. Di tangan, bau ini bisa bertahan lama lho, dari satu jam hingga dua hari.

  • Alisin. Ketika bagian dalam umbi bawang putih terkena udara, zat yang disebut alliin berubah menjadi allicin, yang kemudian berubah menjadi beberapa senyawa yang mengandung belerang si penyebab bau pada bawang putih.
  • Alil metil sulfida. Senyawa ini dilepaskan dari bawang putih dan bawang merah saat dipotong. Setelah dimakan, zat tersebut diserap ke dalam aliran darah, dan dipancarkan melalui paru-paru dan pori-pori kulit.
  • Sistein sulfoksida. Senyawa sulfur dalam bawang putih dan bawang bombay ini menyebabkan bau tidak sedap pada napas segera setelah sayuran dimakan.

Sebenernya sih tubuh kita akan memetabolisme senyawa tersebut akan baunya hilang dengan sendirinya. Tapi kalau menurutmu itu terlalu lama, tenang aja, ada cara menghilangkan bau bawang kok!

Apa saja yang bisa kita lakukan?

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau BawangCara Menghilangkan Bau Bawang © shutterstock.com/Roman50

Mengenakan Sarung Tangan Saat Meng-Handle Bawang

Ini memang bukan cara menghilangkan bau bawang namun mencegah baunya menempel di tangan. Kenakan sepasang sarung tangan sekali pakai saat menangani bawang dan buang setelah pekerjaan kamu selesai.

Mencuci Tangan dengan Sabun Garam

Campurkan sabun cuci piring, sabun batangan, atau sabun tangan cair dengan garam meja dan soda kue untuk membuat scrub sabun garam penghilang bau bawang yang nggak enak itu.

Gosok dengan Ampas Kopi

Wangi kopi bisa untuk menetralisir bau bawang lho! Gosok biji kopi atau bubuk kopi di antara kedua tangan kamu selama tiga puluh detik lalu biulas di air mengalir

3 dari 5 halaman

Pakai Pasta Gigi dan Obat Kumur

Cara menghilangkan bau bawang ini bukan cuman untuk bau yang menempel di mulut, tapi juga di tangan nih! Pasta gigi dan obat kumur dapat menghilangkan senyawa kimia sulfur dalam bawang bombay yang meninggalkan bau tak sedap. Caranya yakni dengan menggosokkann pasta gigi dan obat kumur ke tangan di bawah air mengalir selama sekitar tiga puluh detik.

Bersihkan dengan Air Jeruk Nipis

Cara menghilangkanbau abnwang ini hanya boleh kamu lakukan ketika kamu nggak punya luka di tangan ya! Pertama, peras sedikit jus lemon di atas tangan trus gosokkan sampai cairannya terserap ke kulir. Selanjutnya bisa di air mengalir.

Gosok dengan Stainless Steel

Yup, ternyata stainless steel bisa sebagai cara menghilangkan bau bawang lho! Bau belerang pada bawang yang ada di tangan kamu bakalan berpindah ke stainless tersebut.

Untuk melakukannya, cukup gosok tangan Anda dengan sendok baja tahan karat, batang baja, atau peralatan baja tahan karat lainnya di bawah air dingin untuk menghilangkan bau bawang.

Nah kalau itu tadi adalah cara menghilangkan bau bawang dari tangan, beberapa cara berikut ini bisa kamu upayakan untuk menghempaskan bau bawang yang nemepl di mulut setelah kamu memakannya.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Bau BawangCara Menghilangkan Bau Bawang © shutterstock.com/Pannaphon Duangla

Bilas dengan Obat Kumur

Ini adalah cara menghilangkan bau bawang yang gampang banget deh! Nggak cuman bau bawang aja, tapi penelitian menyebut kalua obat kumur yang mengandung klorin dioksida sangat efektif untuk menghilangkan plak, bakteri, dan partikel makanan kecil.

Makan buah dan sayuran segar

Makan produk segar dengan atau setelah makan dapat menutupi bau bawang putih dan bawang merah. Study berikut menyebut kalau makan apel mentah atau selada mentah secara signifikan menurunkan bau bawang putih pada napas.

Minum Secangkir Teh Hijau

Menyeruput teh hijau setelah makan dapat membantu menutupi bau yang menyengat. Satu studi menunjukkan bahwa teh hijau menghilangkan bau mulut lebih efektif daripada mint, permen karet, atau produk yang mengandung minyak peterseli.

Selain sebagai cara menghilangkan bau bawang di mulut, teh hijau juga punya banyak banget manfaat lho!

Minum Susu

Nggak doyan teh hijau? Kamu bisa menggantinya dengan susu sebagai cara menghilangkan bau bawang di mulut. Agar lebih efektif, konsumsi susu dengan kandungan lemak ya!

5 dari 5 halaman

Buang Inti Bawang Putih

Menurut Medical News Today nih, saat kamu memasak, kamu bisa mengurangi bau bawang putih dengan mengghilangkan bagian intinya. Caranya yakni dengan memotong setiap siung bawang putih menjadi dua dan lepaskan batang dari tengah umbi sebelum memasaknya.

Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet dengan rasa mint dapat menutupi bau tidak sedap saat bepergian. Ini juga merangsang produksi air liur, yang dapat membantu membersihkan bakteri dan partikel makanan. Selain itu nih, menurut American Dental Association, mengunyah permen karet tanpa gula selama 20 menit setelah makan dapat mengurangi risiko kerusakan gigi.

Sekarang nggak perlu kahwatir lagi nih habis mengolah atau makan bawang mentah sebab ada banyak cara menghilangkan baunya. Kamu sudah pernah membuktikan yang mana nih?

Beri Komentar