Cara Membersihkan Kerak pada Belakang Teflon, Auto Kinclong nih!

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 11 Januari 2023 14:00
Cara Membersihkan Kerak pada Belakang Teflon, Auto Kinclong nih!
Cara membersihkan kerak pada belakang teflon untuk hasil yang lebih bersih kamu bisa menambahkan beberapa bahan lain loh seperti, cuka, baking soda, atau bahkan abu gosok.

Bagi beberapa orang, teflon adalah alat dapur yang paling sering digunakan. Mulai dari menggoreng bumbu, mengolah lauk dan banyak olahan masakan lainnya. Nggak heran kalau teflon cepet banget berkerak, baik itu di bagian wadah atau pun di bagian belakang.

Lalu, bagaimana cara membersihkan kerak pada belakang teflon?

Cara membersihkan kerak pada belakang teflon yang paling sederhana mungkin bisa menggunakan sabun cuci. Namun untuk hasil yang lebih bersih kamu bisa menambahkan beberapa bahan lain loh seperti, cuka, baking soda, atau bahkan abu gosok.

Diadona telah merangkum cara membersihkan kerak pada belakang teflon dari berbagai sumber. Semuanya bisa kamu coba di rumah karena bahan yang digunakan mudah untuk dicari kok. Jadi, yuk simak beberapa cara di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Kerak pada Belakang Teflon dengan Garam

Cara Membersihkan Kerak pada Belakang Teflon © Diadona

Pertama, untuk cara membersihkan kerak pada belakang teflon bisa dilakukan dengan garam dan juga sabun cuci. Jadi, campurkan garam dan sabun cuci piring di dalam sebuah wadah. Kemudian oleskan campuran tersebut ke kerak yang menempel di teflon.

Setelah kamu oleskan dengan rata, jangan langsung dibilas ya. Biarkan dulu selama kurang lebih lima belas menit. Jika sudah, kamu bisa menggosoknya dengan sabut besi. Jadi, peran garam di campuran ini adalah untuk melunakkan dan membuat klerak pada teflon luruh.

2 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Kerak pada Belakang Teflon dengan Baking Soda dan Cuka

Cara Membersihkan Kerak pada Belakang Teflon © Diadona

Cara membersihkan kerak pada teflon yang kedua adalah dengan menggunakan baking soda dan juga cuka. Tapi dua bahan ini gak perlu dicampurkan seperti pada cara yang pertama tadi. tapi, sebelum kamu oleskan ke kerak teflon, basahi dulu bagian yang berkerak.

Kemudian, siramkan air cuka pelan-pelan pada permukaan yang berkerak. Lalu, taburi lagi dengan baking soda. Diamkan selama 15 menit dan gosok dengan serat aluminium kemudian bilas dengan air.

Oh iya, jika kerak pada belakang teflon cukup membandel, kamu bisa mencampurkan baking soda dengan sedikit air untuk menggosok kerak yang membandel.

3 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Kerak pada Belakang Teflon dengan Abu Gosok dan Sabun

Cara Membersihkan Kerak pada Belakang Teflon © Diadona

Cara membersihkan kerak pada belakang teflon yang cukup tradisional adalah dengan abu gosok dan sabun cuci. Jadi campurkan dulu kedua bahan ini dan oleskan pada bagian yang berkerak yang juga sudah dibasahi terlebih dahulu.

Kemudian lanjut gosok dengan sabut besi hingga kerak menghilang. Tips aja nih, kamu bisa menggosoknya secara melingkar agar kerak bisa hilang dengan cepat.

Bagian belakang teflon memang cukup rawan berkerak, apalagi jika digunakan secara rutin tiap hari. Biar nggak terlalu berkerak, kamu bisa mencucinya secara berkala sesuai dengan penggunaan.

4 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Teflon

Cara Membersihkan Kerak pada Belakang Teflon © Diadona

Nggak hanya bagian belakang, bagian wada teflon pun juga rawan berkerak loh. Untuk mencegahnya kamu bisa mengelapnya dengan tisu setiap kali selesai menggunakan teflon. Juga, jangan lupa olesi dengan minyak sayur atau pun minyak zaitun agar teflon kamu awet.

Jadi, dari beberapa cara di atas kamu pilih saja yang cocok dengan kamu. Pastinya, selamat mencoba ya Diazens!

Beri Komentar