5 Cara Menghangatkan Nasi Sisa Agar Kembali Pulen dan Enak Dikonsumsi

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 11 Januari 2023 15:21
5 Cara Menghangatkan Nasi Sisa Agar Kembali Pulen dan Enak Dikonsumsi
Cuman butuh waktu kurang dari 15 menit untuk cara menghangatkan nasi sisa yang kering, mulai dari dengan cara mengukuskan hingga menggunakan microwave

Nasi sisa yang tak habis dissantap biasanya disimpan di lemari es untuk kemudian diolah menjadi hidangan lain seperti nasi goreng atau nasi bakar. Tapi untuk kamu yang mager dan ingin tetap menyantapnya dalam bentuk nasi putih, ada kok langkah simpel sebagai cara menghangatkan nasi sisa.

Daripada dibuang, nasi yang tak habis dimakan bisa kamu simpan di wdah kedap udara. Letakkan di kulkas dan nasi ini bisa tahan hingga 4-5 hari nih. Tapi karena ada banyak faktor yang mempengaruhi nasi selama penyimpanan, kamu tetap harus memperhatikan kondisi nasi tersebut ya! Selainitu juga hanya masukkan nasi ke dalam kulkas ketika nasi sudah dalam kondisi dingin.

1 dari 7 halaman

Memakan nasi sisa yang sebenarnya sudah tidak layak konsumsi ternyata sangat berpotensi membahayakan tubuh. Nasi ini mungkin mengandung bakteri Bacillus cereus. Dilansir dari Taste of Home, tidak seperti sisa makanan lainnya, bakteri khusus ini tidak selalu terbunuh selama proses memasak.

Nasi yang sudah tak layak dikonsumsi biasanya nampak lengket dan mengeluarkan lendir berbau busuk. Nasi yang busuk juga biasanya ditandai dengan munculnya jamur. Kalau sudah begini, nasi sebaiknya segera dibuang dan jangan dimakan ya!

Nasi sisa yang disimpan di kulkas biasanya akan menjadi keras karena kadar air dalam nasi yang mengkristal terkena suhu dingin. Makanya, nasi tersebut biasanya cocok banget diolah menjadi nasi goreng. Mimin paham kok kebingungan kamu tentang gimana cara menghangatkan nasi sisa biar tetep pulen dan lembut seperti sedia kala dan maka dari itu nih Diadona kasih tahu dalam artikel di bawah ini.

2 dari 7 halaman

Cara Memanaskan Nasi Sisa Agar Tetap Lembut dan Pulen

Nasi yang sudah disimpan di kulkas biasanya akan mengeras dan cenderung kering. Kunci dari cara memanaskan nasi sisa agar lembut dan pulen yakni dengan menempatkan nasi sisa tersebut di lingkungan beruap panas yang akan melembutkan setiap bulir nasi sehingga menjadi nasi baru.

Syukurnya nih cara memanaskan nasi sisa dengan penerapan metode tersebut tidaklah sulit dilakukan. Kamu bisa melakukannya dengan kompor, microwave atau juga oven.

3 dari 7 halaman

Cara Memanaskan Nasi Sisa dengan Mengukusnya

Cara Menghangatkan Nasi Sisa © Diadona

Cara ini merupakan cara yang paling banyak dilakukan karena super mudah. Yang kamu butuhkan adalah kukusan dengan sekat air dan tutupnya.

Pertama, isi air di dalam kukusan sampai pada batas air. Beberapa pengguna cookpad menyarankan untuk memasukkan beberapa lembar daun salam dan juga sereh yang sudah digeprek ke dalam air untuk menambah aroma nasi.

Setelah air mengeluarkan uap, tempatkan nasi di wadah stainless stell trus tempatkan di atas sekat air kukusan. Cara ini hampir mirip dengan cara mengukus nasi ketika memasaknya menggunakan kompor. Jangan lupa tutup kukusan ya!

Gunakan api besar dan kukus nasi selama kurang lebih 5 menit. Matikan api dan diamkan sebentar selama kurang lebih 10 menit dalam keadaan kukusan tertutup. Selanjutnya nasi hangat dan lembut bisa dinikmati.

4 dari 7 halaman

Cara Memanaskan Nasi Sisa di Panci

Cara Memanaskan Nasi Sisa © Diadona

Tak ada panci kukusan? Tenang saja, kamu bisa menggunakan panci biasa kok. Cara memanaskan nasi sisa ini dilansir dari The Pioneer Women.

Yang kamu perlukan adalah panci dengan penutup yang rapat. Tambahkan sedikit saja air ke dalam panci lalu masukkan nasi. Ratakan agar seluruh bagiannya jadi terurai. Letakkan di atas api sedang cenderung kecil dan tuutp panci.

Setelah mendengar bunyi mendesis dan uap air terbentuk, goyang-goyangkan panci lalu biarkan selama satu menit sebelum mematikan api.

Diamkan dalam keadaan panci tertutup selama beberapa menit, lalu buka dan ratakan butirannya. Cicipi dan rasakan apakah nasi sudah kembali pulen. Kalau nasi masih kering, coba tambahkan sedikit air lagi dan panaskan kembali.

Setelah nasi matang, tutup panci sampai nasi disajikan. Pengukusan tambahan yang tertutup ini memastikan bahwa butiran nasi dipanaskan seluruhnya, nggak cuman di permukaannya doang. Cara mengahngat nasi sisa yang simpel banget, bukan?

5 dari 7 halaman

Cara Menghangat Nasi Sisa dengan Oven

Cara Menghangatkan Nasi Sisa © Diadona

Meskipun lebih ribet daripada dua cara menghangatkan nasi sisa di atas, namun ini sangat ideal bila nasi yang akan dihangatkan dalam jumlah besar. Ini karena sirkulasi dalam oven memberikan proses pemanasan ulang yang lebih bertahap.

Pertama, panaskan oven di suhu 175 derajat. Tambahkan beberapa sendok ke dalam nasi, aduk. Siapkan wadah tahan panas dengan penutup. Bila pinggan tahan panas yang kamu miliki nggak ada penutupnya, kamu bisa menggantinya dengan lembaran aluminium foil.

Masukkan wadah berisi nasi tersebut ke dalam oven panas selama 10 hingga 15 menit, lalu ratakan nasi dan periksa teksturnya. Setelah siap, tutup kembali nasi dan diamkan di atas meja sampai waktu penyajian. Uap yang terperangkap akan terus membuat nasi tetap hangat.

6 dari 7 halaman

Cara Memanaskan Nasi Sisa dengan Microwave

Cara Menghangatkan Nasi Sisa © Diadona

Cara memanaskan nasi sisa dengan microwave adalah langkah yang paling cepat. Pertama, masukkan nasi ke dalam pinggan tahan panas dan tambahkan sedikit air matang atau air kaldu. Jumlah airnya sesuaikan dengan jumlah nasi ya! Untuk setiap satu cangkir nasi, tambahkan satu sendok makan air.

Jangan lupa hancurkan nasi yang menggumpal dengan menggunakan garpu dan ratakan di sleuruh wadah. Tutup wadah dengan aluminium foil. Tujuannya, untuk memastikan uap yang dihasilkan oleh air yang terkena panas microwave akan tetap terperangkap dalam wadah dan membuat nasi jadi lembab.

Masak nasi selama satu satu atau dua menit saja. Selanjutnya, angkat nasi dan aduk nasi untuk memastikan kelembaban air merata hingga ke bagian tengah.

7 dari 7 halaman

Apakah Aman Mengkonsumsi Nasi yang Dipanaskan Kembali?

Cara Memanaskan Nasi Sisa © Diadona

Banyak orang berpikir bahwa nasi yang sudah dipanaskan kembali, tidak baik untuk kesehatan. Syukurnya, anggapan tersebut tidak melulu benar selama setiap proses memasak nasi, menyimpan nasi sisa dan menaskannya kembali dilakukan dengan benar.

Dibandingkan dengan bahan pangan lainnya, ternyata nasi yang sudah tidak layak dikonsumsi mengandung bakteri yang lebih berbahaya. Bakteri tersebut yakni Bacillus cereus yang bertahan dan tak mati selama proses memasak.

Bakteri ini kerap jadi penyebab keracunan makanan dari nasi yang dipanaskan dengan gejala beruapa diare hingga muntah. Gimana cara mencegah ini terjadi dan nasi yang dipanaskan kembali bisa aman dikonsumsi?

Simpan Nasi di Benar

Sajikan nasi dengan segera setelah dimasak. Bila ingin disimpan di kulkas, biarkan nasi dingin terlebih dahulu. Pilih wadah kedap udara dan simpan di kulkas.

Nasi sisa hanya bisa disimpan selama beberapa waktu tertentu, misalnya 3-4 hari di chiller atau 3 bulan di freezer.

Panaskan Ulang dengan Suhu Tinggi

Saat memanaskan ulang nasi, pastika kamu benar-benar menggunakan suhu tinggi. Gunakan penutup agar uap panas fokus menghangatkan nasi.

Dengan cara menghangatkan nasi sisa untuk kemudian dimakan kembali, tak perlu bingung bila nasi tak habis di hari itu juga karena masih bisa dikonsumsi kemudian hari.

Beri Komentar