Wisata Hutan Mangrove Surabaya dengan Spot Instagramable, dan Info yang Wajib Kamu Simak!

Reporter : Nasa
Rabu, 30 Juni 2021 10:33
Wisata Hutan Mangrove Surabaya dengan Spot Instagramable, dan Info yang Wajib Kamu Simak!
Wisata Mangrove Surabaya bakal bikin momen liburanmu makin spesial!

Wisata Hutan Mangrove Surabaya wajib banget masuk daftar kunjungan untuk bikin momen liburanmu makin spesial. Pasalnya, kawasan ini menjadi kawasan sejuk yang bisa bikin kamu kembali fresh dari berbagai rutinitas harian. Meski lokasinya ada di Surabaya yang dikenal memiliki suhu cukup hangat, namun kesejukan hutan mangrove di sana tak perlu kamu ragukan loh.

Kawasan Wisata Hutan Mangrove Surabaya sendiri berada di area sekitar 200 Ha. Tak hanya terdiri dari pemandangan alam yang menakjubkan, Wisata Mangrove Surabaya juga merupakan lingkungan hidup bagi beragam jenis spesia hewan yang dilindungi loh. Lokasi wisata hutan mangrove tersebut kabarnya masih terus dalam tahap pengembangan hingga tulisan ini dibuat.

Selain itu, Wisata Mangrove Surabaya juga makin menarik dengan beragam spot foto kece yang bisa kamu temui di hampir berbagai sudut kawasan tersebut. Spot foto yang bisa kamu dapatkan terdiri dari pemandangan hutan mangrove yang hijau, kawasan perairan laut yang bisa disusuri dengan perahu, sampai dengan jembatan kayu indah yang dikelilingi oleh hutan mangrove yang hijau dan menyegarkan.

1 dari 2 halaman

Wisata Hutan Mangrove Surabaya

Wisata Semanggi Mangrove Surabaya © Diadona

Buat kamu yang tertarik untuk segara bertandang ke Wisata Alam Mangrove Surabaya untuk menikmati momen liburan spesial, wajib banget nih simak deretan info berikut ini. Mulai dari akses menuju lokasi, waktu operasional, fasilitas yang tersedia di sana, sampai dengan budget yang harus kamu sediakan untuk bisa memasuki kawasan wisata tersebut.

Untuk dapat memasuki kawasan Wisata Alam Mangrove tersebut, kamu tak perlu mennyiapkan budget untuk memasuki kawasan tersebut. Sebab, untuk memasuki kawasan wisata yang dikelola oleh Pemerintah Surabaya tersebut kamu tak perlu membayar tiket masuk. Namun demikian siapkan uang parkir untuk kendaraan pribadi yang kamu gunakan ya.

Umumnya, para wisatawan yang mengunjungi kawasan tersebut menggunakan kendaraan pribadi baik itu sepeda motor maupun mobil. Namun jika kamu ingin liburan ke sana dengan jumlah orang yang cukup banyak juga bisa menggunakan kendaraan dengan kapasitas yang lebih besar seperti halnya mobil travel atau pun bus.

Lebih lanjut, Wisata Alam Mangrove Surabaya juga memiliki sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Fasilitasnya terdiri dari beragam penawaran, baik itu yang berbayar maupun yang tak berbayar.

  • Perahu Untuk Mengelilingi Kawasan Muara Hutan Mangrove (Tarif sebesar Rp 25.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak)
  • Berkeliling dengan Speedboat untuk melihat keunikan ragam hewan langka di hutan mangrove (Tarif sebesar Rp 300.000 untuk 6 orang)
  • Jembatan kayu estetik untuk mengelilingi indahnya hitan mangrove secara gratis (Gratis)

Sementara itu, Wisata Alam Mangorve Surabaya terdiri hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu, serta hari libur lainnya. Jam operasionalnya buka dari pukul 08.00 sampai dengan 18.00 WIB. Namun buat kamu yang pengen liburan ke sana pada saat weekdays atau hari kerja bisa banget mengunjungi pihak pengelola Wisata Alam Mangrove Surabaya sebelum bertandang ke sana.

2 dari 2 halaman

Alamat Wisata Mangrove Surabaya

Alamat Wisata Mangrove Surabaya © Diadona

Untuk kamu yang mau ke sana, alamat Wisata Mangrove Surabaya ini berada di Jalan Raya Wonorejo no.1 Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur. Rute menuju lokasi wisata tersebut bisa dijangkau dengan beragam kendaraan. Mulai dari kendaraan umum sampai dengan kendaraan pribadi. Ini dia rute menuju Wisata Mangrove Surabaya yang dikutip dari laman Gotravelly.com :

Kendaraan umum dari Bandara Juanda:

Jika Anda naik pesawat ke Surabaya, dari Bandara Juanda naiklah Bus Damri yang menuju Terminal Purabaya Bungurasih. Dari terminal ganti kendaraan ke bus E1 yang menuju Terminal Joyoboyo. Dari terminal ini ganti angkutan umum Lyn U jurusan Joyoboyo – Wonorejo. Mintalah turun di ujung trayek kawasan wisata Wonorejo. Dari sana ganti naik ojek karena tidak ada angkutan umum yang sampai ke gerbang masuk kawasan wisata mangrove.

Kendaraan umum dari Stasiun Wonokromo:

Stasiun terdekat dengan kawasan wisata mangrove adalah Stasiun Wonokromo. Jadi jika Anda berhenti di Stasiun Gubeng, naiklah kereta yang menuju Stasiun Wonokromo seperti kereta komuter Susi, Penataran, atau Rapih Dhoho atau naik kereta KRD Kertosono atau KRD jurusan Bojonegoro – Sidoarjo.

Dari Stasiun Wonokromo Anda harus berjalan dulu kira-kira 500 meter ke arah utara menuju perempatan jalan Stasiun Wonokromo dan Jalan Jagir Wonokromo. Lalu dari situ Anda bisa naik angkutan umum Lyn U jurusan Joyoboyo – Wonorejo. Mintalah turun di ujung trayek kawasan wisata Wonorejo lalu berganti ojek dari sana.

Kendaraan umum dari Stasiun Pasar Turi:

Jika kereta Anda berhenti di Stasiun Pasar Turi, naiklah angkutan umum Lyn D jurusan Sidorame – Pasar Turi – Terminal Joyoboyo. Dari terminal Anda bisa langsung naik angkot Lyn U dan langkah selanjutnya sama seperti cara di atas.

Kendaraan umum dari Pelabuhan Tanjung Perak:

Jika Anda menggunakan kapal untuk menuju Surabaya, dari Pelabuhan Tanjung Perak naiklah bus kota P1 / PAC1 jurusan Perak – Darmo – Purabaya. Turunlah di pertigaan antara Jalan Raya Wonokromo dan Jalan Jagir Wonokromo. Dari situ Anda bisa naik angkutan umum Lyn U.

Dari ujung trayek Wonorejo hingga ke gerbang masuk kawasan wisata mangrove bukanlah jalanan aspal. Jadi Anda harus ekstra hati-hati saat melewatinya terlebih lagi jika sehabis hujan. Kawasan wisata mangrove Wonorejo ini buka dari pukul 8.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Tarif parkir untuk motor sebesar 2000 Rupiah dan mobil 5000 Rupiah untuk sekali parkir.

Itu dia ulasan terkait dengan Wisata Mangrove SUrabaya yang terdiri dari Wisata Hutan Mangrove Surabaya, Wisata Semanggi Mangrove Surabaya, dan Alamat Wisata Mangrove Surabaya. Semoga info kali ini bermanfaat ya.. Enjoy your trip Diazens!

Beri Komentar