7 Tips Memasak Bawang Putih Buat Bikin Masakan Makin Sedap dan Lezat

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 10 Januari 2023 20:05
7 Tips Memasak Bawang Putih Buat Bikin Masakan Makin Sedap dan Lezat
Di antara tips memasak bawang putih yakni dengan menumisnya untuk mencapai kematangan yang pas

Bawang putih adalah bumbu dapur yang umum dalam masakan Asia. Coab deh sebutkan masakan sehari-hari yang tidak menggunakan bawang putih sebagai salah satu bumbunya? Sangat sedikit sekali, bukan? Bawang putih memberikan rasa gurih pada masakan dengan aroma yang kuat. Tak boleh asal nih, ternyata ada tips memasak bawang putih biar bikin hidangan makin lezat lho!

Bawang putih bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan. Mulai dari tumisan, sayur berkuah, masakan berempah, berbagai jenis sambal dan masih banyak lagi. Makanan yang dibumbui bawang putih terlalu kuat akan menghasilkan rasa, aroma seperti bahan kimia yang menenggelamkan rasa masakan.

1 dari 3 halaman

Tips Menyimpan Bawang Putih

Cara Memasak Bawang Putih © Diadona

Umbi bawang putih utuh bisa bertahan sampai tiga bulan lho, sedangkan bawang ptuih yang sudah terlepas dari umbinya masih bisa diolah sampai seminggu ke depan. Sebagai penyimpanan, letakkan bawang putih di tempat yang sejuk, gelap dan juga kering. Pastikan bawang putih terhindar dari kelembababn karena merupakan musuh terbesarnya.

Nggak jarang selam proses penyimpanan tersebut, bawang putih mengeluarkan tunas. Nggak apa-apa kok, bawang putih tersebut masih bisa dikonsumsi.

2 dari 3 halaman

Tips Memasak Bawang Putih dalam Tumisan

Cara Memasak Bawang Putih © Diadona

Menumis adalah metode yang paling umum digunakan untuk memasak bawang putih. Menumis akan mengeluarkan rasa bawang putih yang pedas tapi gurih. Bawang putih dapat ditumis dengan minyak atau mentega tetapi hati-hati menggunakan mentega karena akan lebih cepat gosong daripada minyak.

Berikut ini tips memasak bawang putih dalam tumisan :

1. Gunakan wajan tebal sehingga panas lebih merata. Singkirkan wajan tipis saat menumis karena akan membuat suhu lebi cepat tinggi dan cenderung tidak merata, sehingga bawang putih yang ditumis akan lebih cepat gosong.

2. Panaskan minyak atau mentega dengan api sedang lalu tambahkan bawang putih. Bumbu yang ditumis dengan menggunakan minyak panas akan menghasilkan wangi dan rasa yang gurih. Gunakan minyak dalam takaran yang tepat. Bila kurang, bawang putih tumis bisa cepat gosong sedangkan bila jumlahnya berlebih akan merusak cita rasa masakan.

3. Tips memasak bawang putih saat ditumis yakni dengan mengaduknya secara cepat agar tdak cepat gosong. Jangan sampai meninggalkan kompor dalam keadaan sedang menumis bumbu ya! Selain itu pastikan bumbu tidak lengket di wajan sehingga membuat proses pengadukan cepat jadi terkendala.

4. Jika memasak dengan bahan lain yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak, seperti bawang bombay, mulailah memasak bahan lainnya dulu. Kemudian biarkan bahan tersebut setengah matang dan masukkan bawang putih. Ini karena karakteristik bawang putih yang lebih cepat gosong sehingga membutuhkan waktu yang lebih sedikit untuk masak.

5. Masak dengan kematangan yang pas. Bawang putih yang terllu matang akan gosong sehingg pahit dan merusak masakan. Sementara itu bawang putih yang kurang matang akan menghasilkan aroma dan rasa yang kuat banget. Dalam tips memasak bawang putih, menumis bawang putih cincang cuman butuh waktu sekitar satu menit aja kok di minyak yang tidak terlalu panas.

3 dari 3 halaman

Tips Memasak Bawang Putih Agar Masak Lebih Cepat

Tips Memasak Bawang Putih © Diadona

Kalau kamu kerap menggunakan cincangan bawang putih sebagai bumbu dalam masakan sehari-hari, berartui sudah waktu nih kamu membuat stok cincangannya sebagai food preparation. Stok bawang putih terdiri dari bawang putih yang sudah dicincang lalu direndam dalam minyak sayur dan disimpan di wadah kedap udara. Tinggal ambil dengan sendok kerin dan bersih dan langsung tumis deh! Dengan demikian, kamu bisa memasak lebih cepat karena memangkas waktu mengupas, menggeprek dan juga mencincangnya.

Cara bikinnya gampang banget kok! Pertama, kupas bawang putih menggunakan pisau bersih dan kering lalu langsung geprek dan cincang! Hal yang paling penting dari keseluruhan proses ini adalah menghindari kontak bahan dengan air karena bisa menyebabkan bawang putih cepat berjamur. Pastikan tangan, pisau dan talenan yang kamu gunakan dalam kondisi kering dan bersih ya! Begitu pula sendok yang dipakai untuk mengambilnya pun harus bersih dan kering.

Selanjutnya simpan bawang putih di wadah kedap udara yang kering dan bersih lalu tambahkan minyak sayur sampai seluruh bagian bawang putih terendam. Bila kamu menggunakan minyak goreng sawit, menyimpan stok cincangan bawang putih ini dalam kulkas bisa membuat minyak membeku jadi kamu bisa menggunakan minyak jenis lain seperti minyak canola dan lainnya atau bikin stok cincangan dalam jumlah secukupnya dan simpan di suhu ruang.

Dikutip dari berbagai sumber, stok cincangan bawang putih dalam minyak atau yang disebut dengan baceman ini nggak cuman jadi tips masak bawang putih lebih cepat tapi juga lebih enak. Sebab, terapat proses tertentu dalam bawang putih yan dicampur dalam minyak sehingga membuat aroma masakan jadi lebih sedap.

 

Beri Komentar