11 Cara Membersihkan Alat Masak dari Stainless Steel dan Cara Merawatnya Agar Tidak Berkarat, Lengket dan Tetap Kinclong

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 11 Januari 2023 15:38
11 Cara Membersihkan Alat Masak dari Stainless Steel dan Cara Merawatnya Agar Tidak Berkarat, Lengket dan Tetap Kinclong
Timing memasukkan minyak ke dalam wajan ternyata merupakan salah satu cara merawat alat masak stainless steel lho!

Peralatan masak stainless steel ngasih pengalaman mengolah makanan yang mudah sekaligus punya tampilan cantik dan bikin dapurmu jadi estetik. Sayangnya, kemudahan dan keestetikan tersebut bisa memudar dengan mudah akibat penggunanya nggak tahu cara membersihkan alat masak stainless stell dengan benar.

Di wajan stainless steel mungkin aja nampak bintik putih air yang menempel atau sisa makanan gosong. Syukurnya nih ada solusi praktis dari semua ini. Ketahui cara membersihkan alat masak stainless steel dari artikel berikut ini yuk!

1 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Alat Masak Stainless Steel © Diadona

Cara Membersihkan Alat Masak Stainless Steel dari Bercak Air

Bercak air di alat masak stainless steel kerap muncul dan menggangu tampilan. Bintik-bintik putih yang muncul di alat masaka stainless steel biasanya muncul karena terjadi akibat penumpukan kalsium di dalam air. Cara membersihkannya gampang saja kok, dikutip dari Food 52, caranya yakni cukup dengan benar-benar mengeringkannya sesegera mungkin setelah alat masak ini dicuci.

Gunakan Pembersih Spon Anti-Abrasif

Alat penggosok berkawat jangan sampai mengenai peralatan stainless steel yak! Big no. Sebab hal itu dapat menggores baja tahan karat dan merusak lapisa di atasnya.

2 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Alat Masak Stainless Steel © Diadona

Selalu Bersihkan Alat Masak Setelah Digunakan

Untuk menghindari penumpukan kotoran yang pada akhirnya jadi sulit dibersihkan, selalu cuci bersih peralatan masak stainless steel setelah digunakan.

Cara Membersihkan Tumpukan Sisa Makanan pada Alat Masak Stainless Steel

Biar mnggak ngoyo menggosok alat masak yang justru membuatnya tergores, ada cara membersihkan yang mudah dan efektif nih. Caranya isi panci dengan air sabun panas, dan diamkan beberapa jam lalu gosok menggunakan spon abrasif.

Cara Membersihkan Tumpukan Sisa Makanan yang Lengket Alat Masak Stainless Steel

Sisa makanan yang lengket ini emang bikin kesel! Bila digosok dengan keras, alat masak stainless steel bisa tergores.

Cara membersihkannya emang nggak simple dan lama namun tetap harus dilakukan. Pertama, bersihkan dulu sisa makanan sebisa mungkin dengan menggunakan spon non-abrasif. Selanjutnya, isi panci atau wajan dengan secukupnya air sabun untuk menutupi makanan, didihkan, dan kikis.

Kamu bisa mengganti sabun dengan beberapa sendok soda kue. Didihkan campuran air dan soda kue dengan mengunakan api kecil. Selanjutnya kikis sisa makanan dengan menggunakan sendok kayu hingga semuanya terlepas. Setelah bersih, matikan api dan biarkan dingin sedikit lalu cuci dengan sabun, bilas dan lap hingga kering.

3 dari 4 halaman

Cara Merawat Perawatan Masak Stainless Steel

Cara Membersihkan Alat Masak Stainless Steel © Diadona

Alat masak stainless steel harus diperlakukan dengan lemah lembut untuk menjaga kualitasnya sehingga tetap berfungsi dengan baik. Apalagi kalau harganya mahal, melihat bentukannya yang tak seperti baru lagi aja tentu membuatnjya kamu sad :(

Pastikan kamu udah tahu ya cara-cara perawatan alat masak stainless steel seperti yang Diadona urai berikut ini :

Cara Mencegah Munculnya Bercak Putih

Trik untuk mencegah bercak air yang agak mengganggu tersebut adalah dengan benar-benar mengeringkannya sesegera mungkin. Jika bercak tersebut terlanjur muncul, cukup basahi permukaan alat lalu gosok dengan spons basah yang udah ditaburi soda kue, bilas lalu segera keringkan. Bisa juga dengan mendidihkan larutan cuka dan air dnegan perbandingan 1:3, dinginkan, cuci dan segera keringkan.

Beri Garam Setelah Air Mendidih

Merebus air dengan garam biasanya dilakukan untuk merebus daun singkong atau daun pepaya agar empuk. Tapi ternyata nih merebus air dengan garam bisa meninggalkan bekas bopeng kecil yang nggak bisa dipulihkan. Solusinya, hanya tambahkan garam ketika air sudah mendidih.

Hilangkan Suhu Dingin Makanan saat Digoreng

Bahan makanan dingin akan cenderung lebih mudah menempel di wajan stainless steel. Ini karena baja akan berkontraksi saat bersentuhan dengan suhu yang lebih dingin. Sebaiknya nih diamkan daging atau bahan apapun yang baru keluar dari kulkas selama beberapa saat. Sebelum memasak, pastikan untuk mengoleskan dengan kain atau handuk kertas untuk menghilangkan kelembapan berlebih.

 

4 dari 4 halaman

Cara Membersihkan Alat Masak Stainless Steel © Diadona

Panaskan Wajan Sebelum Menambahkan Minyak

Memasukkan minyak ke dalam wajan ternyata ada timingnya.

Dikutip dari Food Network, baja mengembang saat panas dan menyusut saat bersentuhan dengan suhu yang lebih dingin. Menambahkan minyak ke dalam wajan saat panas menyebabkan baja menjadi " statis" , yang menciptakan permukaan antilengket untuk sementara.

Jangan Langsung Gunakan Panas Tinggi Ketika Memanaskan Minyak

Kesabaran dibutuhkan ketika memasak, termasukketika memanaskan wajan di awal. Karena baja tahan karat berkualitas tinggi efektif dalam menahan panas, pemanasan awal yang tinggi dapat menyebabkan panci terlalu panas.

Sebelum Dicuci, Biarkan Panci Mendingin secara Alami

Setelah tidak digunakan, biarkan peralatan tersebut mendingin dengan sendirinya. Jangan disiram dengan air dingin! Perlakuan panas dan dingin secara tiba-tiba bisa membuat mereka 'kaget' dan bengkok.

Hayo, cara membersihkan alat masak stainless steel mana nih yang sering kamu abaikan?

Beri Komentar