Cara Memotong Ayam Utuh Berdasarkan Bagian-bagiannya, Jangan Sampai Salah Kaprah

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 11 Januari 2023 11:00
Cara Memotong Ayam Utuh Berdasarkan Bagian-bagiannya, Jangan Sampai Salah Kaprah
Ternyata ada cara khusus loh untuk memotong ayam utuh Diazens

Ayam adalah bahan makanan yang hampir setiap tempat menggunakannya. Selain karena kelezatannya, daging ayam memiliki kandungan gizi yang sangat bagus untuk kebutuhan tubuh manusia. Sayangnya, mengolah daging ayam ini membutuhkan banyak proses termasuk cara memotong ayam utuh menjadi beberapa bagian.

Cara memotong ayam ini memang terlihat mudah dan bisa dilakukan dengan sesuka hari. Namun, ada cara khusus loh untuk memotong ayam utuh tersebut. Misalnya dengan menghilangkan bagian ceker dan kepala. Kemudian dilanjutkan dengan pada dan bagian tubuh lainnya.

Diadona telah merangkum cara memotong ayam utuh ke beberapa bagian dari berbagai sumber. Tentu saja semua ini bisa kamu jadikan referensi sederhana ketika kamu membutuhkannya. So, yuk simak beberapa caranya di bawah ini.

1 dari 5 halaman

Bagian Kepala dan Ceker

Cara Memotong Ayam © Diadona

Cara memotong ayam utuh yang pertama adalah memotong bagian kepala dan ceker. Alasan mengapa kepala dan ceker harus potong terlebih dahulu adalah supaya proses pemotongan pada bagian tubuh ayam lebih mudah tanpa ada gangguan dari kepala maupun ceker.

2 dari 5 halaman

Bagian Paha

Cara Memotong Ayam © Diadona

Kemudian, cara memotong ayam utuh yang selanjutnya setelah menghilangkan bagian kepala dan ceker adalah bagian paha. Caranya mudah kok ini Diazens, begini caranya:

  1. Pertama-tama, Letakkan ayam di atas talenan, bagian dadanya menghadap ke atas.
  2. Lalu, gunakan tangan kiri untuk memegang kaki kiri ayam. Tariklah kaki ayam dari badannya agar kam mengetahui letak kaki yang terhubung dengan tulang pinggul.
  3. Jika sudah terlihat, gunakan pisau yang tajam untuk memotong sambungan pinggul ayam untuk melepaskan kakinya.
  4. Dengan demikian, bagian paha ayam akan terpotong dengan halus loh Diazens.

Bagian paha ini ternyata masih bisa kamu bagi lagi loh. Paha ayam bisa dijadikan bagian atas dan juga bagian bawah atau drumstick. Cara memotong ayam di bagian ini juga nggak sulit kok.

  1. Langsung saja pegang kedua sisi kaki ayam dengan kedua tangan kamu.
  2. Kemudian, bengkokkan kaki ayam ke arah belakang berlawanan arah dengan gerakan biasa agar kamu bisa menemukan bagian sendi yang paling mudah dipotong.
  3. Jika sudah, kamu nanti akan menemukan garis putih tipis yang terbentang di sepanjang sambungan antara drumstick dan paha atau yang disebut dengan garis lemak.
  4. Kamu bisa motong di bagian tersebut agar paha atas dan drumstick bisa langsung terpisah.

Cara memotong ayam di bagian agaknya bisa kamu dahulukan dari pada yang lain agar mudah untuk memotong bagian-bagian yang lain. Kita lanjut ke bagain yang harus dipotong yang selanjutnya ya Diazens.

3 dari 5 halaman

Bagian Sayap

Cara Memotong Ayam © Diadona

Cara motong ayam utuh di bagian sayap juga mudah kok Diazens. Sayap ini juga harus didahulukan sebelum membelah tubuh ayam ya. begini cara memotongnya:

  1. Pertama, rentangkan sayap ayam berlawanan arah dengan gerakan biasa, agar kamu bisa menemukan bagaian sambungan sayap ke badan.
  2. Jika sudah, gunakan pisau yang tajam untuk meootng di bagian tulang lunak.
  3. Kenapa harus tulang lunak? Tentu saja agar tulang tidak ikut terpotong-potong menjadi serpihan-serpihan kecil.
  4. Lanjut, kamu bisa membengkokkan sayap ayam pada sambungan sikunya. Potonglah pada sambungan siku tersebut. Ulangi proses ini pada sayap yang lain.
  5. Selesai deh.

4 dari 5 halaman

Pisahkan Dada dan Punggung

Cara Memotong Ayam © Diadona

Cara memotong ayam di bagian kepala, ceker, paha, dan sayap sudah selesai nih. Jadi, kamu bisa langsung memotong badan ayam menjadi dua bagian yakni punggung dan dada.

  1. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari lokasi pertemuan dada dan punggung ayam.
  2. Bagian ini berada di sepanjang tulang iga di mana daging dada ayam yang berwarna putih menonjol dari badannya.
  3. Jika sudah ketemu, potong dengan gerakan seperti menggunakan gergaji untuk memotong iga dari belakang ke depan.
  4. Selesai deh. Langsung lanjut ke cara memotong ayam di bagian dada dan punggung.

5 dari 5 halaman

Potong Bagian Dada dan Punggung

Cara Memotong Ayam © Diadona

Cara memotong ayam yang terakhir adalh di bagian dada dan punggung. Begini caranya:

  1. Letakkan dada ayam utuh di atas talenan. Lalu, tekan dan dorong dada ayam kuat-kuat pada talenan dengan telapak tangan.
  2. Kemudian akan terlihat bagian tengah dada. Nah, kamu bisa langsung memotong di bagian tersebut.
  3. Nah untuk bagian punggung ayam cara memotongnya kamu bisa langsung membaginya menjadi tiga dan menyisihkan tulang di bagian tengah punggung.
  4. Selesai deh. Mudah kan caranya? Mudah dong.

Cara memotong ayam utuh menjadi bebera bagian ini akam memudahkan kamu untuk mengolahnya menjadi berbagai menu masakan. So, selamat mencoba ya Diazens!

Beri Komentar