Ini Tiga Gaya Bicara yang Tak Boleh Ibu Katakan Pada Anak

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 6 Februari 2021 08:17
Ini Tiga Gaya Bicara yang Tak Boleh Ibu Katakan Pada Anak
Apa saja ya Mom?

Ada banyak hal yang perlu ibu perhatikan saat membesarkan anak. Jangan sampai malah memberikan contoh yang buruk padanya yang kemudian tanpa sadar anak ikuti dan tiru. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah gaya bicara yang ibu gunakan pada anak.

Menurut Rensia Sanvira, seorang konselor anak dan kreator TikTok yang membahas tema tentang parenting, mengatakan bahwa ada tiga gaya bicara yang tak boleh dikatakan ibu kepada anaknya. Kira-kira, apa saja ya Mom gaya bicara tersebut?

1 dari 3 halaman

1. Menyindir

ilustrasi ibu marah pada anakilustrasi ibu marah pada anak © herviewfromhome.com

Yang pertama yaitu menyindir. Ibu sebaiknya tidak menggunakan gaya bicara menyindir seperti ini pada anak. Meski terlihat sepele sebenarnya tidak enak bukan rasanya kalau disindir oleh orang lain, begitu pula yang dirasakan oleh anak. Apalagi ia mungkin akan sulit mengerti maksud ibu pada anak yang masih kecil.

Lebih baik, ibu menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti oleh anak untuk mengingatkan dia mengenai suatu hal. Cara ini lebih efektif untuk si kecil agar dia mau menuruti perkataan Mom, tetapi pastikan disampaikan dengan baik-baik agar tak menyinggung perasaannya.

2 dari 3 halaman

2. Meremehkan Anak

ilustrasi ibu dan anakilustrasi ibu dan anak © Shutterstock

Berikutnya yaitu gaya bicara yang meremehkan anak. Mungkin sejumlah ibu merasa bahwa dirinya lebih tahu dibandingkan dengan anak, padahal belum tentu berlaku untuk semua hal. Gaya bicara ibu yang sok tahu segalanya ini, biasanya kemudian akan meremehkan anak, misalnya ibu mengatakan, 'Jadi anak jangan sok tahu, mama itu lebih tua dan lebih ngerti daripada kamu'.

Gaya bicara yang seperti ini tentu akan menyakiti perasaan anak. Dia merasa telah diremehkan oleh ibunya sendiri dan anak pun jadi makin tak percaya diri. Padahal, tak semua ibu tahu tentang segala hal bahkan terkadang ada beberapa hal yang bisa Mom pelajari dari anak.

3 dari 3 halaman

3. Melabel Anak

ilustrasi ibu marah pada anakilustrasi ibu marah pada anak © Shutterstock

Terakhir yaitu gaya bicara yang melabeli anak misalnya ibu mengatakan 'Emang kamu pemalas ya kayak papa kamu'. Selain itu, masih banyak pula label-label yang diberikan ibu pada anaknya yang mengatakan dia bandel, nakal, gak bisa diatur, bodoh dan lain sebagainya.

Sebenarnya, ketika ibu melabeli anak seperti ini, dia tak akan langsung berubah. Malah hal tersebut hanya akan menyakiti perasaannya saja dan bukan tak mungkin anak jadi marah bahkan sampai membenci ibu. Tentu Mom tak mau sampai dibenci oleh anak seperti itu. Oleh karenanya jangan melabeli anak dengan kata-kata yang buruk karena ucapan itu juga merupakan doa.

Itulah tiga gaya bicara yang tak boleh ibu gunakan pada anak. Bila Mom memang pernah mengatakan hal-hal seperti di atas, sebaiknya tidak dilakukan lagi karena hanya akan menjauhkan anak dari orang tua. Mari menjadi ibu yang lebih memahami dan mengerti anak.

@rensiasanvira

jangan katakan ini ke anak ya, karena ini menyakitkan buat anak..???? | IG : @rensia_sanvira ##parentsoftiktok ##parentingtips ##parentinghacks ##parenting

? Mariposa - Hanif Andarevi

Beri Komentar