5 Resep Cara Membuat Gado Gado Khas Betawi dan Padang dengan Sambal Kuah Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 29 Januari 2020 21:30
5 Resep Cara Membuat Gado Gado Khas Betawi dan Padang dengan Sambal Kuah Sederhana
Olahan campuran sayuran dengan kentang dan telur rebus yang disiram bumbu kacang dengan taburan bawang goreng. Simak resep cara membuat gado gado di bawah ini!

Dilansir dari Liputan6, gado gado merupakan makanan peranakan Cina yang meniru menu Belanda. Makanan yang identik dengan siraman saus kacang ini memiliki berbagai versi, tetapi dari sekian banyak menu olahan gado gado tetap memiliki rasa yang sama yaitu tekstur segar aneka sayuran yang direbus dan aroma gurih dari taburan saus kacang dengan bawang goreng.

Kebanyakan orang Indonesia menyukai gado gado karena rasa nikmat dari kuah bumbu kacang yang menggoda. Gado gado juga banyak dijumpai karena tidak sedikit pedagang yang menjajakan olahan ini. Daripada kamu membeli, lebih baik kamu membuat sendiri olahan gado gado di rumah yang terjamin bahan dan kebersihannya. Yuk langsung saja simak resep cara membuat gado gado yang telah Diadona ulas berikut ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Gado Gado Sederhana

Ilustrasi Gado Gado © Diadona

Cara membuat gado gado tgerbilang sederhana. KAmu hanya perlu menyiapkan sayuran dan pelengkap lainnya di atas piring saji dan tingal siram dengan bumbu kacang. Secara lengkap kamu bisa menyimak resep cara membuat gado gado sederhana yang telah diulas berikut ini.

Bahan:

- 50 gram taoge, buang akarnya lalu seduh dengan air mendidih dan tiriskan
- 150 gram sayur kangkung potong-potong
- 150 gram sayur bayam petik daunnya
- 200 gram sayur pare buang bijinya
- 1 buah tahu ukuran 8 X 8 cm
- 1 potong tempe ukuran 8 X 8 cm
- 1 - 2 sdm bawang goreng
- 3 butir telur rebus, kupas kulitnya
- Emping dan kerupuk goreng

Bahan saus sambal gado gado:

- 200 gram kacang tanah, yang digoreng
- 2 buah cabai merah
- 5 buah cabai rawit
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt terasi
- 1 sdm gula merah
- 200 cc air matang

Cara membuat gado gado sederhana:

  1. Kupas kulit kacang kemudian sangrai dan haluskan. Rebus kacang bersama santan, cabai merah dan cabai rawit yang sudah digoreng, terasi, gula merah dan garam, campur semua bahan untuk sambal sausnya, kemudian masak hingga mendidih, lalu angkat dan sisihkan.
  2. Rebus bahan-bahan sayuran, seperti bayam, kangkung, pare, serta telur.
    Goreng tahu dan tempenya. Hidangkan rapi di piring, sayur-sayuran dan tambahkan potongan telur. Taburi bawang goreng dan remasan kerupuk atau emping di atasnya. Siram dengan sambal saus kacang. Gago-gado siap dihidangkan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Gado Gado Betawi

Ilustrasi Gado Gado © Diadona

Salah satu gado gado yang terkenal adalah olahan khas Betawi dengan tambahan sayur kangkung dan jagung manis. Simak resep cara membuat gado gado Betawi di bawah ini.

Bahan:

- 1 ikat kangkung, potong-potong dan rebus
- 150 gram kacang panjang, potong ukuran 2 cm lalu rebus
- 200 gram kol iris kasar, rebus sebentar
- 100 gram toge, rebus sebentar
- 1 buah kentang, kupas, belah 2, rebus
- 1/2 buah labu siam, kupas, belah 2, rebus
- 1 bonggol jagung manis, rebus
- 1 buah pare kecil, buang bijinya, rebus
- 2 buah ketimun, potong-potong
- 1 buah tahu cina, belah 4, goreng
- 200 gram tempe, potong dan rendam air garam, goreng

Bahan bumbu kacang:

- 250 gram kacang tanah, goreng, blender halus
- 5 buah cabe rawit merah
- 3 buah bawang putih kating
- 2 buah gula merah, sisir
- 2 buah jeruk limau, peras airnya
- 2 sdt air asam
- Secukupnya air
- Secukupnya garam

Bahan pelengkap:

- Telur ayam rebus (optional)
- Kerupuk
- Bawang goreng

Cara membuat gado gado Betawi:

Buat bumbu kacang dengan menyiapkan cobek, haluskan bawang putih dan cabe rawit. Tambahkan kacang halus, gula merah dan garam. Tabahkan air sedikit demi sedikit sambil diulek hingga halus dan kental, tambahkan air asam dan air jeruk limau. Aduk hingga rata. Potong-potong sayuran dan aduk rata dengan bumbu kacangnya. Sajikan gado-gado dengan pelengkap.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Sambal Gado Gado

Salah satu rahasia kenikmatan gado gado adalah dengan kehadiran sambal kacang berlimpah di atas berbagai sayuran sebagai isiannya. Simak resep cara membuat sambal gado gado di bawah ini.

Bahan:

- Segenggam Kacang Tanah
- 1 buah bawang putih
- Secukupnya Garam Himalaya
- 1 buah gula jawa
- Secukupnya air asam jawa

Cara membuat sambal gado gado:

Goreng kacang tanah dan bawang putih sebentar saja. Campurkan seluruh bahan lalu blender. Untuk melarutkan bumbunya cukup dicampur air panas. Campur dengan sayuran yang sudah direbus.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Kuah Gado Gado

Kuah kacang gado gado memang menjadi kunci kenikmatan olahan ini. Rasa manis, pedas, asam dan gurih dalam bumbu gado gado menjadikannya ciri khas tersendiri. Simak resep cara membuat kuah gado gado di bawah ini.

Bahan:

- 1/4 kg kacang tanah (digoreng)
- 1 ons gula merah atau sesuai selera
- 1 sdt garam atau sesuai selera
- 1/2 bks asam jawa, sebesar ibu jari (larutkan dgn air panas)
- secukupnya Air
- secukupnya Gula pasir

Bahan bumbu halus:

- 4 buah cabai merah
- 4 butir bawang merah
- 2 butir bawang putih
- 4 butir kemiri
- Cabai rawit sesuai selera
- 1 sdm minyak goreng

Cara membuat kuah gado gado:

  1. Haluskan bahan kacang tanah yang sudah digoreng kemudian sisihkan. Oseng-oseng bumbu halus, setelah matang masukkan dalam blender bersama gula merah dan haluskan.
  2. Campurkan bumbu halus dan kacang yang telah dihaluskan ke dalam wadah. Tuangkan air asam. Aduk dan tambahkan air matang hingga mencapai kekentalan sesuai seleran. Kuah bumbu kacang siap digunakan sebagai pelengkap.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Gado Gado Padang

      View this post on Instagram

GADO-GADO PADANG . Waw, ternyata orang minang punya gado-gado khasnya sendiri. Yuk coba resepnya dijamin enak dan anti gagal! . Untuk 4 porsi Bahan: 200 gram kol, iris halus 7 lonjor kacang panjang, potong 3 cm, rebus 6 lembar daun selada, sobek-sobek 100 gram taoge, seduh 1 buah mentimun, potong 4 memanjang, potong-potong 100 gram kentang, kukus, potong kotak 2 butir telur rebus, potong-potong 100 gram mi telur, rebus 100 gram kerupuk merah 1 sendok makan bawang goreng, untuk taburan . Bahan Saus Kacang: 300 gram kacang tanah, goreng, haluskan 5 buah cabai merah keriting 2 buah cabai merah besar 1/2 sendok teh terasi, goreng 6 butir bawang merah 2 siung bawang putih 2 lembar daun salam 2 cm lengkuas, memarkan 1 1/2 sendok teh garam 3 1/2 sendok teh gula merah 1/4 sendok teh merica 2 sendok teh air asam, dari 2 sendok teh asam jawa dilarutkan dengan 2 sendokmakan air 550 ml santan, dari 1/2 butir kelapa 2 sendok makan minyak, untuk menumis . Cara Membuat: 1. Saus kacang, haluskan cabai merah keriting, cabai merah besar, terasi, bawang merah, bawang putih, dan merica. 2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas sampai harum. Tambahkan kacang tanah. Aduk rata. 3. Masukkan santan, garam, gula merah, dan air asam. Masak sampai kental. 4. Sajikan bahan dengan disiram saus kacang. Tabur bawang goreng dan kerupuk merah. . . Kreasi Resep Mantap, ya, Sajian Sedap! . DG by IN . Mau tahu info seputar kuliner, tips memasak, dan kreasi resep unik lainnya? Langsung saja kunjungi website sajian sedap, ya! . #sajiansedap #saji #sedap #sase #saselovers #majalahSEDAP #tabloidSAJI #resep #masakmudahalasase #kreasiresepsajiansedap #resepmudahalasase #resepantigagal #resepmemasak #tips #tipsmemasak #idemasakharian #resepmasakanrumahan #kumpulanresepmasak #videoresep #gadogado #gadogadopadang #resepgadogado #resepgadogadopadang

A post shared by sajiansedap.com (@sajiansedap) on

 

Selain gado gado khas Betawi, ada pula olahan gado gado khas Padang yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Yuk simak resep selengkapnya di bawah ini. 

Untuk 4 porsi
Bahan:

- 200 gram kol, iris halus
- 7 lonjor kacang panjang, potong ukuran 3 cm
- 6 lembar daun selada, sobek-sobek
- 100 gram taoge, seduh dengan air panas
- 1 buah mentimun, potong menjadi 4 bagian memanjang
- 100 gram kentang, kukus, potong kotak
- 2 butir telur rebus, potong-potong
- 100 gram mi telur rebus
- 100 gram kerupuk merah
- 1 sendok makan bawang goreng

Bahan saus kacang:

- 300 gram kacang tanah, goreng, haluskan
- 5 buah cabai merah keriting
- 2 buah cabai merah besar
- 1/2 sendok teh terasi, goreng
- 6 butir bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 2 lembar daun salam
- 2 cm lengkuas, memarkan
- 1 1/2 sendok teh garam
- 3 1/2 sendok teh gula merah
- 1/4 sendok teh merica
- 2 sendok teh air asam, dari 2 sendok teh asam jawa dilarutkan dengan 2 sendokmakan air
- 550 ml santan, dari 1/2 butir kelapa
- 2 sendok makan minyak, untuk menumis

Cara membuat gado gado Padang:

  1. Buat saus kacang dengan menghaluskan cabai merah keriting, cabai merah besar, terasi, bawang merah, bawang putih, dan merica. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas hingga harum. Tambahkan kacang tanah dan aduk rata.
  2. Masukkan santan, garam, gula merah, dan air asam. Masak hingga kental. Sajikan bahan dengan disiram saus kacang. Tabur bawang goreng dan kerupuk merah.

Demikian resep cara membuat gado gado yang tentunya sederhana dan mudah untuk dipraktikkan di rumah. Bagaimana dengan pengalaman menikmatan olahan gado gado dengan siraman bumbu kacang berlimpah kamu selama ini? Share pengalamanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar