Berapa Lama Sebaiknya Anak Main Game dalam Sehari?

Reporter : Riza Umami
Jumat, 5 Februari 2021 18:17
Berapa Lama Sebaiknya Anak Main Game dalam Sehari?
Ini jawabannya.

Anak zaman sekarang sangat suka bermain game di gadget, apalagi di sana ada berbagai macam game yang seru dan mengasyikkan. Sayangnya, tentu ibu tak mau buah hati hanya menghabiskan waktunya untuk main game saja seharian. Dia tentu perlu melakukan hal lain seperti belajar, mengerjakan PR, makan, tidur siang serta lain sebagainya.

Walaupun bermain game ini sebenarnya mempunyai manfaat seperti belajar membuat strategi agar bisa menang, mengambil keputusan, berkompetisi dengan adil dan lainnya. Namun, kalau main game terus-terusan, tentu juga bisa berdampak negatif untuk buah hati.

1 dari 2 halaman

ilustrasi anak bermain gadget © Diadona

Sekarang yang menjadi pertanyaan, berapa lama sebaiknya anak diperbolehkan main game dalam sehari? Dilansir dari laman hellosehat.com, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli dari Oxford University, Inggris, anak sebaiknya tidak main game lebih dari satu jam setiap hari.

Sejumlah orang tua yang takut anaknya tak belajar karena terlalu asyik main game, bahkan hanya membolehkan anaknya untuk bermain game di akhir pekan saja. Sebenarnya, tak perlu sampai seperti itu, selama ibu bisa tegas memberikan batas waktu untuk anak dalam bermain game.

2 dari 2 halaman

Ilustrasi Anak Bermain Game © Diadona

Kalau ibu sudah memberikan batas waktu yang jelas untuk anak misalnya dia hanya boleh main game selama satu jam setiap harinya, ibu jangan sampai goyah meskipun anak nangis sampai merengek-rengek minta main game lagi. Jangan pula memberikan kelonggaran untuk anak karena itu hanya akan membuatnya terus-menerus meminta kelonggaran di lain waktu.

Anak yang main game terlalu lama ini bisa menyebabkan kecanduan. Selain itu, ada beberapa masalah yang bisa timbul pada anak seperti hiperaktivitas, gangguan konsentrasi dan atensi (perhatian), serta ia jadi mengalami kesulitan dalam membangun empati dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Oleh sebab itu, berikan batasan waktu dengan tegas pada anak dalam bermain game setiap hari.

Beri Komentar