Resep Cara Membuat Puding Buah Naga dan Mangga hingga Lapis Sederhana dengan Cocktail

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 29 Januari 2020 20:12
Resep Cara Membuat Puding Buah Naga dan Mangga hingga Lapis Sederhana dengan Cocktail
Puding buah yang dingin dan menyegarkan sangat cocok dijadikan santap menu penutup. Yuk, simak resep selengkapnya di bawah ini!

Apakah kamu salah satu pecinta hidangan penutup saat sedang berkunjung di suatu restoran atau rumah makan? Jika demikian maka kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan olahan puding buah yang manis dan segar ini. Banyak sekali olahan puding buah yang menjadi menu andalan suatu rumah makan. Tak jarang pula mereka mematok harga yang menguras isi dompet.

Jika kamu sedang dalam kondisi ingin berhemat tetapi ingin pula memakan kudapan puding yang lezat, maka kamu bisa berkreasi membuat olahan puding buah di rumah. Cara membuat puding sangatlah sederhana kok. Kamu bisa melihat resep cara membuat puding yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Puding Buah Naga

Ilustrasi Puding Buah Naga © Diadona

Menu puding buah yang pertama bisa kamu buat di rumah adalah buah naga. Warna puding merah keunguan yang menggoda ini sangat cocok dinikmati sebagai salah satu menu penutup dan pencuci mulut. Simak resep selengkapnya cara membuat puding buah naga di bawah ini.

Bahan:

- 1 bungkus agar-agar putih
- Susu kental manis putih secukupnya
- Gula secukupnya
- 2 gelas air
- Daging buah naga secukupnya, haluskan

Cara membuat puding buah naga:

  1. Campur bahan berupa air, bubuk agar-agar dan gula dalam panci kemudian rebus. Tambahkan susu dan daging buah naga ke dalam agar-agar yang direbus.
  2. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan rebus hingga mendidih. Segera angkat lalu tuang ke dalam mangkok atau loyang khusus untuk mencetak puding.
  3. Diamkan beberapa saat agar puding dingin dan membentuk puding. Agar puding semakin lezat dan menyejukkan, memasukkan ke dalam lemari pendingin. Puding buah naga siap disajikan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Puding Buah Mangga

Ilustrasi Puding Buah Mangga © Diadona

Selain warna merah menggoda pada buah naga, puding juga bisa diolah dengan menggunkan bahan dasar buah mangga yang kuning menggoda. Tekstur puding yang kenyal dan manis serta segar ini bisa menjadi menu pilihan menetralisir rasa tak sedap di mulut setelah memakan menu utama. Simak resep selengkapnya dalam cara membuat puding buah mangga di bawah ini.

Bahan:

- 1 bungkus agar-agar bubuk rasa mangga
- 100 gram gula pasir
- 3 gelas air
- Susu kental manis secukupnya
- Vanila bubuk secukupnya
- Daging mangga matang secukupnya iris kotak kecil atau haluskan

Cara membuat puding buah mangga:

  1. Siapkan panci lalu isi dengan air, tambahkan susu cair, agar-agar bubuk, gula pasir dan bubuk vanila kemudian campur hingga rata.
  2. Masak agar-agar sambil terus diaduk hingga mendidih. Masak dengan api sedang cenderung kecil.
  3. Masukkan buah mangga yang telah diiris kotak atau dihaluskan saat air agar-agar mendekati mendidih dan masak lagi hingga matang.
  4. Tuang ke dalam cetakan dan jika sudah dingin suhu ruangan, masukkan dalam kulkas. Pusing siap disajikan dalam keadaan dingin.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Puding Buah Sederhana

Ilustrasi Puding Buah Sederhana © Diadona

Cara membuat puding buah cukup sederhana. Secara umum hampir sama dengan membuat puding pada umumnya, hanya saja kamu hanya menambahkan beberapa buah pilihan dalam cetakan. Simak resep cara membuat puding buah sederhana di bawah ini.

Bahan:

- 1 bungkus agar
- agar swallow
- 3 gelas air
- 1 gelas gula
- 1/2 buah naga merah yang kecil
- 1/2 bungkus santan instan kecil
- Sejumput vanili dan garam

Cara membuat puding buah naga:

  1. Masukkan buah naga dengan ditambahkan segelas air ke dalam blender. Masukkan dan campur bubuk agar-agar dengan gula pasir, aduk secara merata dengan sendok.
  2. Masak adonan hingga mendidih lalu bagi menjadi dua bagian. Panci yang pertama dicampur jus buah naga dan panci kedua dicampur dengan santan, garam, dan vanili. Panaskan lagi dengan api yang kecil.
  3. Matikan kompor dan angkat panci lalu tunggu sampai tidak terlalu panas atau hangat. Tuang agar-agar buah naga digelas setinggi setengah gelasnya saja dan tiriskan.
  4. Tuang agar-agar santan dengan perlahan di atas agar-agar buah naga, menggunakan sendok makan, dan mulai dengan sedikit-sedikit saja agar warnanya tidak bercampur. Masukkan puding ke dalam kulkas dan hidangkan dalam keadaan dingin.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Puding Lapis Buah

      View this post on Instagram

Assalaamualaikum, Soreee.. _ _ Nongol lagi yaak... Emang sih segeer banget, sampe tiap kali libur ato kelihatan nganggur dikiiit aja dah ada yg request minta dibikinin...*hahah..???????? _ Yuuk merapat... #puddinglovers #dessertlovers yg kemaren dm minta resep.. ini versi yg gampil, segeer n nggak bikin neg Cuuz lah dibikin yaa...???????? _ _ PUDING ALMOND SILKY Resep by @pawon_cilikku . Bahan: 1 bungkus agar bubuk plain 1 liter susu segar / uht 150 g gula pasir Esens almond Cara 1. Campur bubuk agar, susu, dan gula menjadi satu, didihkan sambil diaduk. Angkat. 2. Tambahkan essens almond. Aduk rata. Tuang ke dalam cetakan. Biarkan sampai permukaan nya cukup keras. 3. Tata buah buahan diatas puding almond 4. Siram dg puding warna sesuai warna buah 5. Dinginkan sampai mengeras dan baru sajikan _ Puding buah Bahan: 1 bungkus bubuk agar plain 500 ml air 50 ml sirup cocopandan 50 ml sirup melon 50 ml sirup orange Cara: Masak bubuk agar dan air sampai mendidih. Bagi menjadi tiga bagian. Campur masing masing dg sirup cocopandan, melon, dan orange. Siap untuk dituang diatas buah buahan. _ _ #pudingalmondsilky #pudinglapisbuah #desserts #fruitlover #guniezzt #bakingcookingpemula #shareresep #sr_puding

A post shared by shareresep (@shareresep) on

Beberapa pilihan buah yang ditata berlapis dalam cetakan ini akan membuat olahan menu puding semakin lezat. Beberapa bahan sirapan puding dan aroma serta warna yang alami dari buah menjadikan puding lapis idola dalam suatu hidangan. Simak resep cara membuat puding lapis buah yang telah Diadona ulas merajuk dari akun Instagram.com/@shareresep di bawah ini.

Bahan:

- 1 bungkus agar-agar bubuk plain
- 1 liter susu segar/UHT
- 150 gram gula pasir
- Esens almond

Cara membuat puding lapis buah:

Campur bubuk agar, susu, dan gula menjadi satu, didihkan sambil diaduk kemudian angkat. Tambahkan essens almond dan aduk rata.

Tuang ke dalam cetakan. Biarkan hingga permukaannya mengeras. Tata buah buahan diatas puding almond dan siram dengan puding warna sesuai warna buah. Dinginkan sampai mengeras dan baru sajikan.

Puding buah
Bahan:

- 1 bungkus bubuk agar plain
- 500 ml air
- 50 ml sirup cocopandan
- 50 ml sirup melon
- 50 ml sirup orange

Cara membuat puding buah:

Masak bubuk agar-agar dan air hingga mendidih. Bagi menjadi tiga bagian. Campur masing masing dengan sirup cocopandan, melon, dan orange. Siap untuk dituang diatas buah buahan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Puding Buah Cocktail

Ilustrasi Puding Buah © Diadona

Kamu juga bisa membuat olahan puding dengan bahan cocktail buah kalengan. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Langsung saja simak resep cara membuat puding buah berikut ini.

Bahan:

- 1 bungkus agar-agar bubuk
- 700 cc air
- 1 liter susu cair
- 8 sdm tepung custard
- 1 gelas gula pasir atau sesuai selera
- 4 butir kuning telur
- Garam sejumput
- Vanilla bubuk/essense
- Buah cocktail kaleng atau potongan buah segar
- Sirup ABC orange

Cara membuat puding buah cocktail:

Tuang semua bahan dalam panci, aduk rata dan panaskan di atas kompor dengan api sedang sambil terus diaduk hingga mengental dan mendidih. Tuang dalam cetakan, diamkan sampai set. Atur buah diatasnya, tuang sirup orange sekitar 2 sdm, dinginkan dalam kulkas. Puding siap disajikan dalam keadaan dingin.

Nah, sudah terbayangkan bagaimana cara membuat olahan puding buah yang manis segar dengan tekstur kenyal ini. Dari beberapa resep cara membuat puding buah di atas, mana yang menjadi menu favoritmu? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar