Ini Cara Sehat untuk Bantu Anak Mencapai Tinggi dan Berat Badan Ideal

Reporter : Riza Umami
Jumat, 5 Februari 2021 08:18
Ini Cara Sehat untuk Bantu Anak Mencapai Tinggi dan Berat Badan Ideal
Cara sehat bantu anak agar mendapatkan tinggi dan berat badan yang ideal.

Sejumlah orang tua mungkin masih belum menyadari pentingnya mendukung pertumbuhan tinggi dan berat badan ideal buah hati sejak dini. Padahal tinggi dan berat badan anak ini bisa menjadi indikator apakah tumbuh kembang anak berjalan dengan optimal atau tidak.

Untuk mendapatkan tinggi dan berat badan ideal dengan cara yang sehat pada anak, ada beberapa tips yang bisa ibu lakukan. Kira-kira apa saja ya? Dilansir dari laman hellosehat.com, berikut ini beberapa cara sehat yang bisa ibu lakukan untuk membantu anak mendapatkan tinggi dan berat badan yang ideal.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi anak makan buah © Diadona

Cara yang pertama yaitu dengan menerapkan pola makan yang sehat untuk anak. Meskipun sederhana, cara yang satu ini ternyata cukup efektif untuk membantu buah hati mendapatkan berat dan tinggi badan ideal. Sediakan berbagai macam makanan yang bergizi untuk anak dan kurangi konsumsi makanan yang kurang sehat untuk tubuh.

Berikutnya yaitu mendorong anak agar lebih aktif. Banyak dari anak zaman sekarang yang suka berlama-lama main HP tanpa melakukan aktivitas lain dan mungkin hanya rebahan saja. Padahal anak pun perlu melakukan aktivitas fisik untuk membantu tumbuh kembangnya sendiri.

2 dari 3 halaman

ilustrasi anak bermain gadget © Diadona

Pastikan ibu membatasi penggunaan gadget pada anak sehingga waktunya tak hanya habis untuk main HP. Kemudian ajak anak untuk melakukan aktivitas fisik misalnya olahraga, bersepeda atau yang lainnya untuk membantu memperkuat tulang, menurunkan tekanan darah, membantu mengontrol berat badan dan beberapa manfaat lainnya.

3 dari 3 halaman

Cara yang selanjutnya yaitu pastikan bahwa anak mendapatkan tidur yang cukup. Waktu tidur yang hanya sedikit bisa mengakibatkan anak mengalami obesitas. Hal ini dikarenakan anak yang kurang tidur cenderung lebih banyak makan dan kurang aktif sehingga hal ini pun bisa berdampak negatif pada berat badan dan tingginya.

Itulah beberapa cara sehat yang bisa ibu lakukan untuk membantu anak agar bisa mendapatkan tinggi dan berat badan yang ideal. Selamat mencoba dan semoga beberapa cara jni berhasil ya Mom.

Beri Komentar