5 Cara Membuat Kerupuk Bahan Ikan, Bawang, Nasi, Udang hingga Kulit Sapi dengan Mudah dan Sederhana

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 29 Januari 2020 18:38
5 Cara Membuat Kerupuk Bahan Ikan, Bawang, Nasi, Udang hingga Kulit Sapi dengan Mudah dan Sederhana
Kerupuk merupakan salah satu olahan wajib yang harus ada sebagai pelengkap menyantap makanan bagi orang Indonesia. Simak resep cara membuat kerupuk di bawah ini!

Siapa sih yang nggak kenal dengan olahan satu ini? Yap, kerupuk merupakan olahan yang selalu ada di hampir setiap masakan Indonesia. Bisa kita lihat sendiri, olahan soto yang khas yang dihidangkan menggunakan kerupuk udang di atasnya.

Selain itu, ketika kamu membeli olahan bakso di lapak pedagang, pasti kamu akan menemui olahan kerupuk bawang dan juga tidak ketinggalan pula kerupuk rambak kulit sapi yang bergelantungan dikemas dalam plastik di tembok atau tiang penyangga tenda. Itulah beberapa potret ciri khas lapak penjual makanan Indonesia yang selalu menyajikan olahan kerupuk sebagai pelengkap acara menikmati hidangan lezat.

Kamu tentunya juga bisa membuat olahan kerupuk di rumah. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Simak resep selengkapnya dalam cara membuat kerupuk yang telah Diaodona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Kerupuk Ikan

Ilustrasi Kerupuk Ikan © Diadona

Kerupuk ikan tenggiri yang pada umumnya berbentuk bulat dan lonjong ini bisa menjadi camilan dan bekal ketika perjalanan jauh. Tak jarang pula bisa kita temui para penjual asongan yang menjajakan kerupuk ikan di terminal dan bus-bus pada beberapa daerah di Indonesia. Kamu juga bisa membuat olahan kerupuk ikan ini dengan memanfaatkan ikan tenggiri sebagai bahan dasarnya. Yuk langsung saja simak resep cara membuat kerupuk ikan di bawah ini.

Bahan:

- 150 gram tepung tapioka/kanji
- 100 gram daging ikan tenggiri, haluskan
- 1 butir telur
- 1 kuning telur
- 1 sdt gula
- 1/2 sdt kaldu jamur atau
- 1/4 sdt garam
- 1/2 sdt soda kue

Cara membuat kerupuk ikan:

  1. Kocok 1 butir telur dan kuning telur lepas. Masukkan garam, gula dan kaldu jamur dan kocok hingga rata.
  2. Masukkan tepung kanji dan daging tenggiri halus ke dalam kocokan telur lalu aduk rata. Masukkan soda kue kemudian aduk lagi hingga rata dan uleni. Bentuk adonan panjang agak tebal lalu potong-potong ukuran 1 cm.
  3. Nyalakan api, masukkan adonan ke dalam minyak goreng yang belum panas. Pakai api sedang agar minyak tidak terlalu panas. Goreng sambil dibolak-balik agar mengembang.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Kerupuk Bawang

Ilustrasi Kerupuk Bawang © Diadona

Olahan kerupuk yang nggak kalah nikmatnya dari kerupuk ikan adalah bawang. Cara membuat kerupuk ini terbilang mudah kok. Kamu bisa membuat kerupuk bawang dengan melihat resep yang telah diulas di bawah ini.

Bahan:

- 500 gram tepung terigu
- 5 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 2 sdt garam
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1 sdt ketumbar bubuk
- Air matang secukupnya
- Minyak untuk menggoreng
- 1 sdm soda kue

Cara membuat kerupuk udang:

  1. Haluskan bumbu berupa bawang putih dan bawang merah. Campur bumbu halus dengan tepung, merica, ketumbar, soda kue, garam dan air. Uleni hingga jadi adonan yang kalis.
  2. Bungkus adonan dengan plastik atau daun pisang. Kukus kurang lebih 3-4 jam hingga adonan matang. Keluarkan dan iris tipis hingga habis.
  3. Tata di tampah dan jemur hingga kering. Setelah benar-benar kering, goreng kerupuk hingga mereka. Angkat dan tiriskan. Kerupuk bawang putih siap dihidangkan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Kerupuk Nasi

Ilustrasi Kerupuk Nasi © Diadona

Jika ada nasi sisa dalam rice cookermu, maka jagan dibuang. Kamu bisa membuat kerupuk dengan memanfaatkan bahan nasi sisa dengan tambahan beberapa bahan dan bumbu halus. Simak resep selengkapnya dalam cara membuat kerupuk nasi di bawah ini.

Bahan:

- 200 gram nasi sisa, rendam air kurang lebih 1-2 jam
- 200 gram tepung tapioka/secukupnya
- 1 sdm cabai bubuk instan
- 5 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar
- Garam secukupnya
- Merica bubuk secukupnya

Cara membuat kerupuk nasi:

  1. Tiriskan nasi yang sudah direndam, blender halus bersama bawang putih, ketumbar, merica dan garam. Tuang ke dalam wadah dan campurkan dengan cabai bubuk, tepung tapioka dan sedikit penyedap rasa.
  2. Aduk hingga menjadi adonan padat lalu bentuk lonjong dan rebus hingga mengapung. Angkat dan tiriskan. Dinginkan dan simpan di dalam kulkas agar mudah diiris tipis-tipis.
  3. Jemur hingga benar-benar kering, sekitar 1-2 hari. Goreng kerupuk hingga mengembang. Kerupuk nasi sederhana siap dinikmati sebagai camilan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Kerupuk Udang

Ilustrasi Kerupuk Udang © Diadona

Selain ikan tenggiri, kamu juga bisa membuat olahan kerupuk dengan bahan dasar udang. Kerupuk udang akan semakin nikmat dimakan dengan soto hangat. Simak resep cara membuat kerupuk udang yang telah Diadona ulas di bawah ini.

Bahan:

- 500 gram tepung tapioka
- 500 gram udang segar, ambil dagingnya
- 3 siung bawang putih
- 1 sdt gula pasir
- Garam secukupnya
- Air secukupnya
- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat kerupuk udang:

  1. Blender udang dengan bawang putih hingga halus dan tuang ke dalam wadah. Campur udang dengan tepung tapioka, garam, gula dan air, campur rata hingga jadi adonan pekat.
  2. Bungkus adonan dengan plastik panjang atau daun pisang memanjang lalu ikat ujung-ujungnya. Kukus hingga matang, kurang lebih 1 jam. Angkat dan biarkan dingin.
  3. Potong-potong tipis adonan hingga menyerupai kerupuk udang. Jemur hingga kering di bawah sinar matahari.
  4. Setelah benar-benar kering, goreng hingga mengembang dan kerupuk udang siap disajikian atau sebagai camilan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Kerupuk Kulit Sapi

Ilustrasi Kerupuk Kulit Sapi © Diadona

Apakah kamu termasuk pecinta olahan kerupuk rambak? Yap, kerupuk rambak yang identik dengan bahan dasar kulit sapi ini sangatlah cocok dijasikan sebagai camilan disaat waktu bersantai. Simak resep cara membuat kerupuk kulit sapi di bawah ini.

Bahan :

- 1 kg kulit sapi
- Air kapur secukupnya
- Minyak goreng

Alat:

- Oven Panjang
- Peralatan tajam
- Pisau yang Sangat Tajam
- Wajan Penggorengan


Bahan bumbu:

- 15 siung bawang putih
- 2 sendok makan gula pasir
- 3 sendok makan garam

Cara membuat kerupuk kulit sapi:

  1. Rendam kulit sapi di dalam air kapur selama kurang lebih 2 hari. Bersihkan bulu-bulu kulit sapi menggunakan pisau. Jemur kulit sapi dibawah sinar matahari langsung hingga kering.
  2. Potong-potong kulit sapi yang sudah kering sesuai selera lalu sisihkan. Rebus potongan kulit sapi bersama bumbu yang sudah dihaluskan hingga kulit matang. Angkat dan tiriskan. Jemur lagi hingga benar-benar kering.
  3. Siapkan penggorengan untuk tahap pertama. Goreng kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak kering dalam minyak dengan suhu sedang dan menggunakan api kecil hingga kerupuk kulit sapi agak mekar. Angkat dan tiriskan.
  4. Siapkan penggorengan tahap kedua. Goreng kembali kerupuk kulit sapi tadi dalam minyak panas menggunakan api besar hingga kerupuk kulit sapi atau kerupuk rambak mekar. Angkat dan tiriskan. Kerupuk sapi sian dihidangkan.

Nah, terbayang kan bagaimana cara membuat kerupuk dari berbagai bahan dasar yang selama ini banyak dijual di toko oleh-oleh atau lapak pedagang dan rumah makan. Jika kamu pecinta olahan khas Indonesia, pastinya akan selalu menjadikan kerupuk sebagai teman bersantapmu. Dari berbagai olahan kerupuk di atas, mana yang menjadi favoritmu? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar