Yang Perlu Ibu Lakukan Saat Anak Lagi Bertengkar

Reporter : Riza Umami
Rabu, 3 Februari 2021 14:17
Yang Perlu Ibu Lakukan Saat Anak Lagi Bertengkar
Anak kecil biasanya suka berantem sama saudara atau temannya ya Mom. Lalu apa yang perlu dilakukan?

Terkadang, anak kecil suka berantem sama temannya apalagi kalau lagi main bareng bisa karena rebutan mainan, dipukul dan lain sebagainya. Untuk menghindari pertengkaran itu makin parah, ibu pun perlu mengambil tindakan ketika si kecil lagi berantem kayak gitu.

Walaupun tampak wajar karena mungkin sering terjadi, tetapi pertengkaran anak yang tak dilerai justru bisa membuat mereka terus berantem dan saling menyakiti satu sama lain. Oleh sebab itu, ibu pun harus tegas kalau anak lagi berantem seperti ini.

Dilansir dari laman id.theasianparent.com, ini beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk melerai anak saat lagi berantem dengan saudara atau temannya.

1 dari 4 halaman

1. Perhatikan Lebih Dulu

Ilustrasi anak bertengkar © Diadona

Sebenarnya, tak semua pertengkaran anak harus dilerai oleh ibu. Coba ibu perhatikan dulu situasi yang terjadi saat itu. Perkelahian anak ini harus segera dilerai kalau sampai dua-duanya saling menyerang fisik satu sama lain karena bisa menyakiti mereka.

Namun, terkadang ada pertengkaran yang tidak melibatkan fisik misalnya main ejek-ejekan. Coba untuk berikan waktu pada anak untuk menyelesaikan pertengkaran mereka tersebut. Namun, bila ada kecenderungan main fisik, ibu perlu segera melerai mereka.

2 dari 4 halaman

2. Ibu Harus Melerai Anak yang Berkelahi

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Jika anak main fisik dan dan saling melukai seperti memukul atau mendorong, ibu harus menjadi penengah dan segera melerai mereka. Bila hal demikian terjadi, coba untuk dipisahkan salah satu anak dan bawa ke tempat yang cukup jauh dari saudara atau temannya. Ajak anak ke tempat yang aman dan cukup jauh sampai kondisi sudah tenang.

3 dari 4 halaman

3. Pastikan Tetap Tenang dan Tak Memihak

Ilustrasi Ibu dan Anak di Jepang © Diadona

Ketika anak bertengkar dengan saudara atau temannya, pastikan bahwa ibu dalam kondisi yang tenang dulu dan jangan sampai terbawa emosi. Usahakan untuk tidak memarahi anak usai mereka bertengkar.

Sebaiknya, ibu pun tidak memihak dan jangan menyalahkan salah satu anak. Jadilah pihak yang netral dan dengarkan alasan keduanya mengapa sampai bertengkar seperti itu. Bila sudah tahu alasannya, cobalah untuk menenangkan anak dan berikan pengertian bahwa pertengkaran itu bukan hal yang baik untuk menyelesaikan masalah.

4 dari 4 halaman

4. Minta Anak untuk Baikan

Ilustrasi Ibu dan Anak-anak © Diadona

Terakhir dan yang paling penting, pastikan ibu meminta anak untuk baikan dengan saudara atau temannya yang diajak bertengkar tersebut. Hal ini berguna agar kedua anak benar-benar menerima bahwa perkelahian itu sudah selesai dan mereka telah berdamai.

Minta dua anak yang berantem ini untuk saling memaafkan satu sama lain. Saling berjabat tangan akan menjadi simbol bahwa keduanya sudah baikan sehingga suasananya pun perlahan akan membaik dan jadi tenang lagi. Itulah beberapa hal yang perlu ibu lakukan ketika anak lagi bertengkar. Semoga bermanfaat ya Mom.

 

Beri Komentar