Diperas Hacker Sampai Ratusan Juta, Pria Ini Kaget Ternyata Pelaku Anaknya Sendiri yang Masih SD

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 5 Februari 2021 14:28
Diperas Hacker Sampai Ratusan Juta, Pria Ini Kaget Ternyata Pelaku Anaknya Sendiri yang Masih SD
Waduh, kok bisa ya?

Di zaman yang canggih ini, berbagai macam kejahatan secara online masih marak terjadi. Banyak hacker yang mencoba untuk mencari uang dengan meretas hingga mencancam seseorang. Tentunya, kejahatan seperti ini masih sulit ditangani, apalagi korban pasti sulit banget untuk mengetahui siapa pelakunya.

Kejadian ini salah satunya menimpa warga India. Melansir dari Oddity Central, ada seorang pria bernama Rajiv Kumar yang diperas oleh hacker.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Hacker © Diadona

Hacker tersebut berawal meretas email pribadi Rajiv pada 1 Januari. Setelah berhasil diretas, Rajiv menerima ancaman bahwa foto-foto pribadinya yang berbau sensitif akan disebarkan ke publik. Agar hal tersebut tak terjadi, Rajiv harus membayar satu juta rupee, atau setara sekitar Rp 192 juta rupiah. Jika tidak, hacker tersebut mengancam akan membunuh dirinya dan kelu;arganya.

Awalnya, Rajiv cuek aja atas ancaman tersebut yang berasal dari email. Namun, para hacker memulai aksi lanjutannya dengan mengutak-atik nomor teleponnya. Rajiv sadar kehidupan pribadinya telah diganggu dan diperhatikan, hingga akhirnya Rajiv merasa panik dan menelepon polisi.

 

2 dari 3 halaman

Singkat cerita, pihak kepolisian pun menyelidiki kasus tersebut. Ternyata, polisi menemukan IP email hacker tersebut sama dengan milik korban. Artinya, si hacker ini berasal dari rumahnya!

Pihak kepolisian pun akhirnya mencurigai anak Rajiv yang berusia 11 tahun. Mereka mengintrogasinya dan anaknya pun mengaku bahwa benar dialah hacker tersebut, yang telah memeras ayahnya sendiri. Ternyata anaknya ini belajar otodidak lewat Youtube lho!

 

Beri Komentar