Tips Memasak Pare Agar Tidak Pahit, Tapi Tetap Enak Saat Makan!

Reporter : Nasa
Selasa, 30 Agustus 2022 20:47
Tips Memasak Pare Agar Tidak Pahit, Tapi Tetap Enak Saat Makan!
Kaya akan manfaat, ini dia tips memasak pare agar tidak pahit

Sebagai sayur yang mengandung nutrisi tinggi, pare dipercaya dapat memberi banyak manfaat bagi manusia. Mulai dari dapat menurunkan gula darah, meredakan kolesterol, hingga mengandung zat anti kanker yang sangat baik bagi tubuh manusia.

Namun, meski kaya akan manfaat baik, pare memiliki ciri khas unik yang membuat banyak orang tak menyukainya, yakni cita rasa pahit. Tapi, buat kamu yang ingin mencoba memakan pare, ternyata ada loh tips memasak pare agar tidak pahit.

Sederet tips berikut ini tak akan mengurangi banyak gizi yang terkandung di dalamnya. Caranya juga cukup mudah, mulai dari teknik pembersihan sampai dengan menambahkan bahan-bahan lain yang bisa menawarkan rasa pahit pare.

Ini dia tips memasak pare agar tidak pahit tapi tetap enak dimakan:

1 dari 5 halaman

Tips Memasak Pare Agar Tidak Pahit

Buah pare antara satu dan lainnya pasti memiliki karakteristik khusus yang berbeda. Untuk itu, kamu bisa mencoba lebih dari satu tips untuk menghilangkan rasa pahit yang terdapat pada buah pare yang akan kamu olah. Ini dia deretan tipsnya:

1. Kupas kulit hingga Halus

Cara pertama agar pare tidak pahit yang pertama adalah mengupas kulitnya hingga halus. Ini dinilai dapat mengurangi rasa pahit pare secara signifikan.

Walau demikian, bagian kulit yang sudah dikupas tidak perlu dibuang karena bisa digunakan untuk menambah rasa unik dan gurih dalam adonan roti maryam atau paratha!

2. Buang biji pare

Terus, kamu juga perlu membuang biji-biji pare sebagai cara memasak sayur pare agar tidak pahit. Biji ini memiliki rasa yang cukup pahit sehingga perlu dibuang supaya pare lebih enak saat dikonsumsi.

2 dari 5 halaman

Tips Memasak Pare Agar Tidak PahitTips Memasak Pare Agar Tidak Pahit © 2022 Freepik.com

3. Olesi dengan garam

Tips agar pare tidak pahit yang mudah dilakukan adalah mengoles dan memarinasi pare dengan garam selama setidaknya 20-30 menit. Garam diyakini bisa 'menarik' rasa pahit pare sehingga lebih terasa nikmat saat dikonsumsi.

Jika sudah selesai dimarinasi, kamu bisa memeras pare agar garamnya dapat dikeluarkan dan cuci dengan air bersih. Tapi, sebaiknya kamu jangan menambahkan garam terlalu banyak saat memasak pare ini karena sudah memiliki rasa asin dari proses marinasi di awal.

Jika kamu tidak ingin mencoba metode di atas, kamu juga dapat merebus pare dengan air garam selama 2-3 menit saja sebelum dimasak bersama bumbu dan bahan lain.

4. Direndam ke dalam yoghurt

Cara mengolah pare agar tidak pahit yang juga ternyata juga bisa dilakukan dengan merendamnya di dalam yoghurt encer selama 1 jam atau lebih. Yoghurt dipercaya bisa mengurangi rasa pahit pada pare dan membuatnya lebih bisa diterima oleh lidah.

3 dari 5 halaman

5. Direndam dengan air perasan asam jawa

Air perasan asam jawa juga bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan rasa pahit pada pare. Untuk mencobanya, kamu hanya perlu memotong-motong pare, lalu merendamnya di dalam air perasan atau jus asam jawa selama 30 menit.

6. Marinasi dengan gula

Tips ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menaburkan gula pasir atau merah di atas pare sebelum mengangkatnya dari panci masak. Rasa manis gula dipercaya bisa menyeimbangkan rasa pahit yang dimiliki pare. Meski begitu, kamu perlu ingat bahwa cara ini dapat membuat pare menjadi manis.

4 dari 5 halaman

Tips Memasak Pare Agar Tidak PahitTips Memasak Pare Agar Tidak Pahit © 2022 Freepik.com

7. Masak bersama sayuran atau bahan lainnya

Memasak pare bersama dengan sayuran lainnya, seperti bawang atau kentang, dianggap sebagai strategi masak pare agar tidak pahit yang cukup ampuh. Kombinasi dari berbagai sayuran ini dipercaya bisa menyeimbangkan rasa dari pare dan mengurangi rasa pahitnya.

8. Goreng dengan teknik deep fry

Menggoreng pare dengan minyak atau deep fry dinilai bisa mengurangi rasa pahit dari pare. Tidak hanya itu, metode ini juga dapat membuat pare yang kamu masak terasa lebih lezat.

5 dari 5 halaman

9. Pakai campuran gula dan cuka

Kamu juga bisa menuangkan campuran gula dan cuka pada pare. Ambil gula dan cuka dengan perbandingan yang sama, lalu rebus keduanya hingga menyatu. Jika sudah, tuangkan campuran gula dan cuka ke pare untuk mengurangi rasa pahitnya.

10. Potong lalu cuci dengan air bersih

Selain deretan tips di atas, tips yang satu ini jadi paling penting. Yakni mencuci pare dengan benar menggunakan air bersih. Sebelum mencucinya, kamu disarankan untuk memotong-motong pare terlebih dahulu agar bagian dalamnya terendam air. Selanjutnya, masukkan ke dalam mangkuk dan cucilah dengan air bersih.

Nah itu dia deretan tips memasak pare agak tidak pahit yang patut kamu coba. Dengan menggunakan beragam tips di atas, kandungan nutrisi yang terkandung dalam pare tak terlalu berkurang. Jadi, selamat mencoba ya!

Beri Komentar