Dari Si Manis Jembatan Ancol Hingga Jadi Pocong, 10 Sinetron Horor Jadul Ini Ngerinya Kebangetan

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 18 Juni 2020 10:12
Dari Si Manis Jembatan Ancol Hingga Jadi Pocong, 10 Sinetron Horor Jadul Ini Ngerinya Kebangetan
Suka nonton yang mana guys?

Ada banyak genre sinetron yang tayang sekitar tahun 90an di layar kaca. Tak melulu mengenai kisah percintaan anak SMA dan lika-likunya, tontonan era 90an pun dikenal dengan sinetron-sinetron horornya. Kebanyakan mengandung unsur komedi, sinetron horor era jadul bisa memberikan dua dampak sekaligus; takut sekaligus ngakak.

Dibintangi oleh sederet artis-artis ternama ketika mereka masih remaja, berikut ini beberapa judul sinetron horor lawas yang bikin kamu nggak bisa tidur.

1 dari 10 halaman

1. Si Manis Jembatan Ancol

Film Horor Jadul © Diadona

Sinetron Si Manis Jembatan Ancol merupakan remake dari film layar lebar berjudul Si Manis yang diperankan oleh Lenny Marlina. Sinetron ini terdiri dari dua judul berbeda dan tayang bersamaan di stasiun TV yang berbeda; Kembalinya Si Manis Jembatan Ancol dan Mariam SI Manis Jembatan Ancol. Judul pertama tokoh Mariam diperankan oleh Diah Permatasari, sementara judul kedua karakter Mariam dibintangi oleh Kiki Fatmala. Meski berbeda judul dan pemain, karakter hantu gundul yang diperankan Ozzy Syahputra hadir bersamaan dalam dua judul serupa tersebut.

Sinetron ini mengisahkan tentang Mariam, gadis kampung yang meninggal karena dipaksa melakukan perbuatan terkutuk oleh orang-orang jahat. Mariam pun berubah menjadi sosok hantu cantik yang sering terlihat di jembatan Ancol.

2 dari 10 halaman

2. Mody Juragan Kost

Film Horor Jadul © Diadona

Dibintangi oleh Pak Tile yang berperan sebagai Mody, seorang juragan kosan yang cukup terkenal karena merupakan orang kaya. Mody digambarkan sebagai sosok orang tua yang genit dan suka menggoda penghuni kosan yang kesemuanya cantik-cantik. Kekayaan yang didapat Mody ternyata merupakan peninggalan dari isterinya yang dulu diperankan oleh Ully Artha. Serial komedi horor ini merupakan sinetron yang cukup digemari di masanya.

3 dari 10 halaman

3. Malam Pertama

Film Horor Jadul © Diadona

Mengisahkan tentang seorang penyiar radio bernama Lulu (Marcella Zalianty) yang sukses membawakan acara ‘Malam Pertama’. Sebagai seorang penyiar, Tami selalu mendengarkan kisah-kisah asmara dengan bumbu misteri dari setiap pendengarnya pada setiap malam.

Secara interaktif, narasumber yang mengisahkan malam pertama atau hal-hal yang pertama kali dirasakan terkadang membuat Lulu merasa ketakutan sendiri.

4 dari 10 halaman

4. Di Sini Ada Setan

Film Horor Jadul © Diadona

Nagita Slavina, Rionaldo Stockhorst, Thomas Nawilis, Dude Herlino, adalah beberapa artis yang pernah terlibat dalam sinetron Di Sini Ada Setan. Mengisahkan tentang sekumpulan anak remaja yang sering melihat penampakan makhluk halus yang diabadikan dengan kamera untuk sebuah kepentingan.

Pengalaman-pengalaman menyeramkan sekumpulan anak remaja tersebut tak luput dari rekaman kamera yang mereka bawa. Di setiap episodenya, sinetron Di Sini Ada Setan selalu memiliki kisah-kisah misteri yang berbeda.

5 dari 10 halaman

5. Jadi Pocong

Film Horor Jadul © Diadona

Ingat karakter Mumun yang diperankan Edies Adellia kan? Nah, dalam sinetron Jadi Pocong, Mumun dikisahkan sebagai hantu yang semasa hidup pernah menjadi korban perbuatan bejat orang-orang tak bertanggung jawab. Mumun memiliki kekasih bernama Juned yang merasa terpukul atas kematian Mumun.

Hantu Mumun pun penasaran dan gentayangan untuk membalas kejahatan dari orang-orang yang dulu menyebabkan kematiannya. Meski horor, sinetron Jadi Pocong dibumbui dengan unsur komedi yang mengundang tawa.

6 dari 10 halaman

6. Impian Pengantin

Film Horor Jadul © Diadona

Jauh sebelum Rieke Dyah Pitaloka menjadi artis tenar sekaligus politikus, ia ternyata pernah menjadi pemeran utama dalam sinetron horor bertajuk Impian Pengantin yang terbagi dalam beberapa session. Berperan sebagai Artiah, Rieke Dyah Pitaloka saat itu masih berstatus sebagai siswa SMA.

Artiah sendiri merupakan seorang gadis yang meninggal dunia ketika persiapan pernikahan sudah berada di depan mata. Akibat impiannya yang belum tuntas, Artiah menjelma menjadi sesosok hantu dengan pakaian pengantin yang cukup membuat takut orang-orang di kampung.

7 dari 10 halaman

7. Malam Satu Suro

Film Horor Jadul © Diadona

Siapa yang tidak pernah menonton film yang dibintangi Suzanna ini? Film yang menceritakan tentang Suketi, arwah seorang wanita yang dijadikan manusia oleh seorang dukun bernama Ki Rengga. Suketi menikah dengan Bardo, pemuda tampan yang bertemu dengannya ketika berburu di Hutan.

Namun Suketi pun kembali menjadi Sundel Bolong yang disebabkan persaingan bisnis suaminya. Film ini tidak hanya menyeramkan, namun terselip kisah sedih juga.

8 dari 10 halaman

8. Sundel Bolong

Film Horor Jadul © Diadona

Film ini tentu tak perlu diragukan lagi bagaimana seramnya. Film ini bercerita tentang Alisa (Suzanna) seorang mantan psk yang akhirnya melepas pekerjaan nya dan memilih menikah dengan Hendarto.

Namun kebahagiaan Alisa tidak berlangsung lama karena kehadiran Rudi teman suaminya. Kejahatan Rudi itu menyebabkan Alisa bunuh diri karena merasa bersalah dengan suaminya, dan ia pun menjelma menjadi Sundel Bolong.

9 dari 10 halaman

9. Malam Jumat Kliwon

Film Horor Jadul © Diadona

Film ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Minarti yang hamil tua dan kemudian meninggal karena disantet. Tak lama kemudian datanglah seorang penulis novel misteri yang bernama Ayu.

Ayu dan pacarnya yang berniat mencari inspirasi malah terjebak di sebuah rumah. Pengalaman menyeramkan pun mereka alami, yaitu dihantui oleh sundel bolong yang merupakan arwah Minarti.

10 dari 10 halaman

10. Beranak Dalam Kubur

Film Horor Jadul © Diadona

Film horor ini bercerita tentang keluarga kaya dan kuda anak perempuannya yang memiliki sifat berbanding terbalik. Dhora yang berwatak keras dan Lila yang berhati lembut.

Dhora merencanakan untuk menyingkirkan Lila dengan berbagai cara keji, salah satunya mengubur Lila hidup-hidup dengan kondisi hamil besar.

Dari deretan judul sinetron horor di atas, mana nih sinetron yang paling bikin kamu ketakutan hingga sembunyi di belakang punggung bapak bahkan bisa bikin kamu gak bisa tidur?

 

Beri Komentar