Mengenal Word of Affirmation sebagai Bahasa Cinta dan Cara Melakukannya

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 12 September 2023 14:08
Mengenal Word of Affirmation sebagai Bahasa Cinta dan Cara Melakukannya
Sebagai love language, word of affirmation adalah ekspresi cinta berupa komunikasi verbal

Mereka yang punya love language words of affirmation mungkin nggak bakalan relate dengan ungkapan 'action speak louder than words'. Sebab bagi mereka, kata-kata adalah segalanya. Kalau pasanganmu memiliki love language ini, siap-siap kamu bakal sering diberikan love bombing berupa kata-kata manis!

Mau disampaikan lewat langsung atau lewat chat, orang dengan love language ini sangat mengapresiasi segala sesuatu yang kamu ucapkan dan tentunya dia juga bakal ngeapresiasi kamu lewat kalimat-kalimat yang cantik.

Segala ucapanmu bakal membekas di kepala mereka. Even kalimat paling sederhana kaya ucapan terima kasih atau apresiasi, bakal meninggalkan kesan bagi pasanganmu yang punya love language words of affirmation. Nggak cuma ucapan aja, notes-notes kecil yang kamu kasih ke dia juga sangat berharga! Bisa-bisa dia nyimpen notes dari kamu dalam jangka waktu yang lama saking senangnya.

1 dari 4 halaman

Love Language Word of Affirmation © Diadona

Love language words of affirmation merupakan salah satu bahasa cinta yang banyak dimiliki orang-orang. Love language ini juga merupakan satu-satunya yang berhubungan dengan ekspresi verbal dan non-verbal.

Words of affirmation adalah cara individu yang mengekspresikan cinta dan apresiasinya melalui kata-kata. Kalimat yang disampaikan oleh pemilik love language ini tentunya yang mendongkrak semangat orang lain, ya!

Penyampaian kata-kata ini pun nggak harus disampaikan secara langsung, tetapi bisa melalui text. Notes simple buatan kamu udah cukup kok. Jadi, kamu nggak perlu sampai repot-repot ngeprint di kertas A4 buat bikin si doi baper.

Individu dengan love language words of affirmation biasanya merupakan orang yang sangat perhatian. Dia suka banget memperhatikan hal-hal kecil yang mungkin kamu aja nggak notice kalau hal itu exist.

Misalnya, doi adalah orang pertama yang ngeh kalau baru aja potong rambut. Padahal, rambut yang kamu potong cuma tiga sentimeter.

Selain memberikan love bombing dengan kata-kata, mereka sebenarnya juga berharap kalau pasangannya akan melakukan hal serupa dengannya.

Dikutip dari mbgrelationships, orang dengan love language words of affirmation percaya bahwa kalimat-kalimat apresiasi sangatlah penting dan bisa ngebantu mereka menyuarakan apa yang dirasakan dia. 

Pokoknya, kalau pasanganmu punya love language words of affirmation, kamu juga harus memberikan feedback serupa dengan menghargai seluruh hal kecil yang dilakukan doi.

Kalau kalian masih bingung, Diadona bakal kasih kalimat-kalimat manis yang bisa kamu kasih buat doi.

 

2 dari 4 halaman

Love Language Word of Affirmation © Diadona

Contoh love language words of affirmation

Bila pasangan kamu memiliki love language word of affirmation, maka kalimat berikut ini mungkin bisa memabntu kamu menyampaikan perasaanmu kepadanya.

  1. Aku seneng banget punya kamu yang selalu ada buat aku.
  2. Aku bangga lho sama semua pencapaianmu
  3. Terima kasih soalnya kamu selalu nemenin aku
  4. Kamu selalu bisa bikin aku merasa berharga
  5. Aku suka waktu kamu bantuin aku bawa barang
  6. Aku percaya sama kamu
  7. Makanan yang kamu buat enak banget!
  8. Aku selalu di sini setiap kamu butuh aku.
  9. Aku bakal selalu jadi support system kamu.
  10. Aku cinta sama kamu.
  11. Aku tahu, kamu selalu bisa aku andalkan.
  12. Kamu melakukan semuanya dengan baik.
  13. Aku keinget kamu waktu aku lihat buku favoritmu di toko buku.
  14. Bajunya cocok banget sama kamu.
  15. Warna rambut kamu keren banget.
  16. Aku kangen berat sama kamu
  17. Kamu bikin aku merasa selalu dicintai
  18. Nggak ada yang bisa buat aku sebahagia ini kalau bukan kamu.
  19. Good job! I’m proud of you!
  20. Makasih sudah mau jujur dan menceritakan semuanya ke aku.
  21. Kamu keren banget waktu tampil kemarin!
  22. Kamu buat aku terinspirasi.
  23. Kamu baik banget.
  24. Menurutku, kamu keren dan memukau semua orang.
  25. Kamu lebih dari yang kamu pikirkana
  26. Aku udah pernah bilang belum? Aku sangat bersyukur punya kamu sebagai pasanganku.
  27. Kamu yang terbaik.
  28. Aku suka cara berpikirmu.
  29. Kamu membuat semuanya terasa mudah.
  30. Aku nggak tahu, tanpa kamu aku bisa apa.

 

3 dari 4 halaman

Love Language Word of Affirmation © Diadona

Cara Melakukan Word of Afiirmation

Berikut ini cara memberikan words of affirmation seperti yang dilansir dari laman Wellandgood:

Mulai dari Sesuatu yang Sederhana

Menulis kata-kata yang mesra memang bukan kahlian semua orang, tapi bukan berarti kamu nggak bisa melakukannya. Awali dengan pujian sederhana dan tulus, ucapan terima kasih atas hal-hal kecil yang dia lakukan.

Contoh word of affirmation lainnya yakni katakan hati-hati ketika akan berpisah, mengucpakan selamat tiur, selamat pagi ketika dia bangun dan masih banyak lagi.

Tulis Catatan Kecil

Sediakan kertas kecil dan tulis catatan ungkapan terima kasih dan sayang kamu di sana, selipkan di beberapa barang miliknya. Cara ini bisa bermakna mendalam baginya karena ada sisi kejutan.

Ekspresikan Perasaan dengan Tulus

Kalau bahasa cinta doi adalah words of affirmation, cobalah mengerti dan memahami perasaannya. Apalagi ketika dia sedang sedih atau marah, tunjukkan empatimu ya!
Kasih tau kalau kamu paham perasaannya dan dukungan biar dia nggak berlarut dalam kesedihan.

4 dari 4 halaman

Love Language Word of Affirmation © Diadona

Macam-Macam Love Language

Setelah mengenal love language words of affirmation, kamu juga perlu mengenal kelima bahasa cinta milik Gary Chapman agar kamu juga tahu love language milikmu yang mana. 

Love language pertama kali disebutkan pada buku The 5 Love Language: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate pada tahun 1992. Buku ini ditulis oleh Gary Chapman yang merupakan seorang penulis dan konselor. Lalu, apa saja sih love language? Berikut penjelasannya:

Words of affirmation

Love language words of affirmation berarti mengekspresikan rasa cinta melalui kalimat verbal dan non-verbal. Kalian bisa banyak memberikan pujian dan apresiasi ke doi yang punya love language ini.

Quality time

Kalau doimu suka banget spend waktunya sama kamu, bisa aja dia punya love language quality time. Orang dengan love language ini sangat suka menghabiskan waktu bareng pasangannya.

Tentunya, nggak cuma asal ada di sebelahnya, ya. Kamu juga harus memperhatikan dia karena kalau nggak dia bakal ngambek merasa nggak dipedulikan.

Physical Touch

Doi suka banget buat skinship sama kamu. Tandanya, love languagenya adalah physical touch!. Dia bakal merasa dicintai kalau kamu sering melakukan physical touch sama dia. Eits, physical touch nggak selalu merujuk ke hal-hal yang erotis ya! Simple as kamu gandeng tangannya waktu jalan bareng aja udah cukup.

Acts of Service

Love language ini justru berkebalikan dengan words of affirmation. Bagi orang-orang yang acts of service, prinsip mereka adalah action speak louder than words. Kamu bisa melakukan hal-hal kecil untuk membantu doi. Misalnya, bantuin belanja kebutuhan sehari-hari.

Receiving Gifts

Menerima hadiah dengan pemberian yang tulus akan bikin orang dengan love language ini meleleh kaya es mencair! Menurut mereka, pada hadiah terdapat afeksi yang diberikan sama pasangannya dan mereka juga menghargai waktu yang kalian gunakan untuk keliling-keliling mall mencari hadiah terbaik buat mereka!

Apapun love language pasanganmu, kamu tetap harus memahami satu sama lain. Terlebih lagi kalau pasanganmu memiliki love language words of affirmation, jangan lupa buat sering-sering mengapresiasi doi, ya!

Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar