Punya Banyak Mainan Justru Bisa Ngerusak Hubungan Anak dan Orang Tua

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 22 April 2020 07:37
Punya Banyak Mainan Justru Bisa Ngerusak Hubungan Anak dan Orang Tua
Punya banyak mainan berdampak buruk untuk anak.

Siapa sih yang nggak suka mainan? Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak semua pasti suka dengan benda satu ini. Apalagi bagi anak-anak. Mereka punya kesenangan tersendiri saat memiliki banyak mainan di kamar mereka.

Banyak juga orang tua yang menjadikan mainan sebagai hadiah istimewa untuk anaknya. Nggak perlu mikir, tinggal milih mainan terbaru dan anak akan langsung merasa senang.

Tapi tahu nggak sih kalau beberapa penelitian menemukan bahwa punya banyak mainan ternyata bisa berdampak buruk buat anak lho. Dilansir dari Bright Side, banyak penelitian yang menemukan bahwa mainan justru bisa mengalihkan perhatian anak dan bikin masalah hingga dewasa. 

1 dari 3 halaman

Banyak mainan bikin anak nggak mengembangkan imajinasi

ilustrasi mainan anak © Diadona

Sebuah studi menunjukkan bahwa anak-anak ternyata menghabiskan banyak waktu hanya dengan 3 mainan saja. Hal ini membuktikan bahwa mereka nggak perlu memiliki banyak mainan untuk bersenang-senang.

Banyak mainan justru mengurangi rentang perhatian anak dan membuat mereka nggak mengembangkan kemampuan imajinasi. Hal ini bisa mengakibatkan anak sulit berkonsentrasi dan kesusahan menentukan pilihan di masa depan.

2 dari 3 halaman

Menjauhkan hubungan anak dan orang tua

Ilustrasi anak dan mainan © Diadona

Penelitian di Oxford mengungkapkan bahwa memberikan mainan pada anak bisa mengurangi waktu anak bersama dengan orang tua. Menurut penelitian ini, anak menunjukkan lebih banyak perkembangan emosional dan sosial jika mereka sering berinteraksi dengan orang tua mereka.

Psikolog pun setuju dengan pernyataan ini dan menambahkan bahwa membangun hubungan orang tua dan anak yang kuat bisa meningkatkan kecerdasan emosi pada anak. Hal ini sangat menguntungkan untuk kondisi mental dan kemampuan mereka.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi liburan keluarga © Diadona

Makanya daripada memberikan mainan mahal untuk anak, kita bisa memberikan pengalaman berharga antara anak dan orang tua yang justru bermanfaat baginya. Berlibur bersama bisa menjadi salah satu hadiah yang lebih baik daripada memberikan mainan.

Membuat kenangan bersama anak sebagai keluarga sangat penting untuk dilakukan. Meski nggak kita sadari tapi anak-anak akan lebih bahagia saat bisa menghabiskan waktu bersama keluarganya.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu ya!

Beri Komentar