Mengenal 5 Love Language dalam Hubungan Asmara, Kamu Jenis yang Mana Nih?

Reporter : Arifina
Minggu, 23 April 2023 20:00
Mengenal 5 Love Language dalam Hubungan Asmara, Kamu Jenis yang Mana Nih?
Kamu love languagenya apa?

Menjalani hubungan dengan pasangan perlu bumbu harmonis. Salah satunya, melalui love language atau bahasa cinta.

Dengan love language, kamu bisa menunjukkan perasaan sayang dan cinta dengan tepat kepada pasanganmu. Jenisnya pun ada beberapa macam, dan setiap tindakan itu akan berbeda-beda bentuk perhatiannya.

1 dari 6 halaman

Apa Itu Love Language?

Dilansir dari dictionary.com, love language merupakan cara seseorang dalam mengungkapkan rasa cintanya kepada orang lain lewat hal yang ia suka. Dalam hal ini, ia juga dapat menerima love language yang sesuai keinginannya dari orang lain.

Bisa dikatakan, jika kamu dan pasangan saling memahami love language satu sama lain, maka rasa cinta dan sayang akan semakin tinggi dan membuat hubungan lebih terasa hidup.

Konsep love language pertama kali diperkenalkan dalam sebuah buku berjudul The Five Love Languages: How To Express Heartfelt Commitment to Your Mate karya Gary Chapman (1992). Dalam buku ini dijelaskan, ada 5 jenis love language yang dimiliki oleh manusia. Apa saja?

2 dari 6 halaman

Macam-Macam Love Language

1. Act of service

Ilustrasi pasangan © Diadona

Love language yang satu ini akan menunjukkan dimana seseorang merasa dicintai melalui act of service atau tindakan. Tindakan ini bisa berupa bantuan, hingga dukungan dari orang terkasih.

Biasanya, perilaku ini terjadi secara spontanitas, dan atas inisiatif sendiri. Misal, membantu pekerjaan rumah, mengurus anak, memberikan bantuan di tempat kerja, membawakan belanjaan, ataupun menawarkan bantuan sebelum diminta oleh orang lain.

3 dari 6 halaman

2. Receiving Gift

Ilustrasi pasangan beri kado valentine © Diadona

Pernah melihat seseorang selalu suka jika diberi hadiah, bisa jadi dia memiliki love language receiving gift. Seseorang dengan love language tersebut akan merasa lebih mendapat perhatian jika mendapat pemberian hadiah dari orang tersayang.

Pemilik love language receiving gift tidak akan memikirkan nominal harga atau jumlah hadiah yang diberikan. Sebab, apapun hadiah itu dia akan merasa sangat dihargai, merasa selalu diingat, dan disayang.

4 dari 6 halaman

3. Word of Affirmation

Ilustrasi Pasangan Kekasih © Diadona

Nah, untuk jenis love language yang yang satu ini akan menunjukkan sikap rasa sayang melalui kaliamat atau kata-kata. Ya, pemilik word of affirmation akan mudah terharu dan merasa lebih dicintai jika mendapatkan ungkapan rasa sayang dengan perkataan.

Sebatas menyatakan " aku sayang padamu" , " aku sangat bangga padamu" , hingga menunjukkan jika dia sosok yang paling istimewa akan membuat pasangan makin jatuh hati lho!

5 dari 6 halaman

4. Physical Touch

Ilustrasi Pasangan Berpelukan © Diadona

Jenis love language physical touch merupakan metode seseorang dalam mengekspresikan rasa cinta melalui sentuhan fisik secara langsung. Tetapi, physical touch yang ditunjukkan kepada pasangan bisa berbeda dengan yang dilakukan kepada orang tua, anak, atau sahabat.

Biasanya, seseorang dengan pemilik love language physical touch akan lebih senang jika pasangannya bisa memberinya pelukan setiap saat dia butuhkan. Sesekali menggenggam tangannya saat bepergian, mengelus kepala, dan lain sebagainya.

6 dari 6 halaman

5. Quality Time

Ilustrasi Pasangan Berpetualang © Diadona

Pemilik love language quality time akan mudah merasa dicintai jika pasangannya mau diajak menghabiskan waktu bersama. Tidak harus bepergian jauh, kamu dan pasangan bisa sekedar nonton bioskop bareng.

Jika ingin lebih intimate, bisa menghabiskan waktu di rumah bersama dengan pasangan sambil memasak makanan kesukaan, atau menghabiskan waktu dengan menonton series bersama.

Beri Komentar