Cinta Tak Terbalas? Ini Cara mudah untuk Mengatasinya

Reporter : Arifina
Senin, 28 Agustus 2023 20:07
Cinta Tak Terbalas? Ini Cara mudah untuk Mengatasinya
Gak perlu risau dan khawatir kalau cintamu gak berbalas ya!

Cinta tak berbalas bagi sebagian besar orang memberikan pengalaman yang menyakitkan. Rasa kecewa, sedih, dan marah yang muncul karena perasaan yang tak terbalas ini sebenarnya sangat wajar untuk dirasakan dalam situasi ini.

Namun, penting pula untuk menyadari bahwa cinta tak terbalas bukanlah akhir dari dunia. memang di awal kamu akan merasa sakit hati, layaknya seseorang yang sedang putus cinta.

1 dari 6 halaman

ilustrasi patah hati © Diadona

Tapi, hal itu harus segera dihadapi agar kamu bisa move on dan ceria kembali. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi cinta tak berbalas lho!

Kamu bisa menerapkannya agar kisah cinta tak terbalas ini bisa segera hilang. Apa saja ya? Yuk, simak yang berikut!

2 dari 6 halaman

Akui dan terima perasaanmu

Rasa sakit dan kecewa karena cinta tak terbalas itu pasti ada. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan mulai mengakui dan menerima perasaanmu sendiri.

Jangan menyangkal atau menekan perasaanmu, karena hal ini hanya akan membuatmu semakin tertekan. Hilangkan penghakiman pada dirimu maupun pada si dia ya!

Biarkan dirimu merasakan kesedihan, kemarahan, atau perasaan lainnya yang muncul. Beri waktu untuk dirimu berduka, lalu bangkitlah setelahnya.

3 dari 6 halaman

Anggap Sebagai Pengalaman

Ilustrasi Patah Hati © Diadona

Namanya cinta tak terbalas, sudah tentu terasa menyedihkan ya. Namun, dari situ kamu bisa menemukan pengalaman akan makna dari perasaan yang tak terbalas ini.

Kamu akan mengerti dan belajar mengikhlaskan sesuatu yang membuatmu tersadar bahwa semua hal yang diinginkan tidak selalu mudah untuk didapatkan. Belajar berlapang dada menghadapi persoalan percintaan dengan lebih dewasa dan bijaksana.

Dengan begitu, patah hati karena cinta tak terbalas akan membuatmu semakin kuat menghadapi rintangan romansa di masa depan.

4 dari 6 halaman

Alihkan Perhatian

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi cinta tak berbalas adalah dengan mengalihkan perhatian. Biasanya, seseorang yang mengalami hal ini akan terobsesi untuk selalu memeriksa aktovitas sang pujaan.

Padahal hal itu justru membuat kamu semakin memikirkan dia. Maka, luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai, seperti menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga, mengejar hobi, atau mempelajari hal baru.

5 dari 6 halaman

Jangan Berharap

Ilustrasi Patah Hati © Diadona

Sudah tahu jika perasaan cintamu tak terbalas, maka lebih baik disudahi saja. Jangan pernah berharap bahwa orang yang kamu suka akan berubah pikiran.

Perasaan berharap ini justru akan membuat kamu kecewa. Fokuslah pada diri sendiri dan bahagialah menjalani hidup ya!

6 dari 6 halaman

Beri Waktu untuk Diri Sendiri

Beri diri kamu waktu untuk berduka atas cinta yang tak terbalas ini. Rasa sakit yang masuk ke hatimu perlu diproses, dan tidak ada cara cepat untuk menyembuhkannya.

Luangkan waktu untuk menangis, membicarakan perasaan kamu dengan teman atau keluarga, atau menulis di jurnal. Luapkan saja semua rasa itu, lalu tenangkan diri dan bangkit kembali ya!

Itulah sederet cara untuk mengatasi cinta tak terbalas. Sudahi, dan cepatlah move on! Karena hidup harus terus berjalan ya, semangat ya!

Beri Komentar