Apa itu Physical Touch? Ini Arti, Tanda dan 8 Cara Melakukannya

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 5 Januari 2024 21:38
Apa itu Physical Touch? Ini Arti, Tanda dan 8 Cara Melakukannya
physical touch berarti adalah bentuk ekspresi dan penerimaan cinta melalui kontak fisik

Dalam bahasa Indonesia, physical touch artinya adalah sentuhan fisik. Nah, term physical touch sendiri berkaitan dengan love language atau bahasa cinta. Jadi secara umum, physical touch berarti mengekspresikan atau membahasakan rasa cinta melalui kontak fisik, seperti bersentuhan, berpegangan tangan dan lainnya.

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk mengungkapkan rasa cinta mereka. Terkait hal ini, akhir-akhir ini marak tren kata love language yang kerap kali disebut-sebut sebagai bahasa gaul. Kata ini banyak muncul pada berbagai topik diskusi yang ada pada platform media sosial. Namun, apa sih love language?

 

1 dari 7 halaman

 Physical Touch dan Artinya

Love language adalah konsep yang dikenalkan oleh Dr. Gary Chapman, seorang penulis dan konselor pernikahan melalui bukunya yang berjudul The Five Love Languages: How to Express Heartfelt Commitment to Your Mate. Konsep ini menyebutkan bahwa setiap individu mempunyai cara mereka sendiri untuk mengekspresikan dan menerima kasih sayang.

Pada dasarnya, love language bisa disebut sebagai bahasa cinta yang berupa tindakan, perilaku, dan sikap yang membuat seseorang merasa dihargai dan dicintai.

Bahasa cinta ini tidak hanya untuk kekasih saja, tetapi bisa pada keluarga serta sahabat. Love language sendiri terdiri atas lima, yakni physical touch (sentuhan fisik), words of affirmation (kata-kata penegasan), quality time (waktu yang berkualitas), giving gifts (memberi hadiah), acts of services (memberi pelayanan). 

 

2 dari 7 halaman

Melihat banyaknya bahasa cinta, maka sangat umum jika setiap orang memiliki bahasanya masing-masing. Adanya love language tentu memudahkan setiap pasangan untuk memahami lebih dalam tentang cara kekasih untuk mengungkapkan cintanya.

Physical touch artinya adalah salah satu bentuk mengungkapkan cinta melalui kontak fisik.

Namun, pemilik love language ini sering kali menjadi sasaran salah paham. Oleh karena itu, kita perlu memahami arti physical touch terlebih dahulu.

3 dari 7 halaman

Ilustrasi Pasangan Berpelukan

Apa Arti Physical Touch?

Physical touch artinya bentuk ekspresi dan penerimaan cinta melalui gerakan fisik seperti berpelukan, berpegangan tangan. Bentuk love language ini menandakan kedekatan, kenyamanan, dan hubungan emosional bagi individu yang mengutamakan bentuk kasih sayang tersebut. 

Dikutip dari Simply Psychology, secara spesifik physical touch merujuk pada orang mengekspresikan cinta mereka dengan cara yang terbaik secara fisik kepada pasangan dan orang yang mereka cintai. Sentuhan ini tentunya memiliki makna tersendiri bagi mereka. Makna ini dapat berupa apresiasi mendalam pada pasangan atau keluarga mereka.

Physical touch bisa disebut sebagai love language ada consent atau persetujuan antara dua belah pihak. Jadi bila kamu atau pasanganmu tak suka disentuh, itu namanya kamu bukan memberikan love language ya melainkan pemaksaan hingga pelecehan.

Physical touch sebagai love language harus membuat kedua belah pihak merasa dicintai, aman dan nyaman.

4 dari 7 halaman

Ilustrasi pasangan berpelukan

Sayangnya masih sering terjadi miskonsepsi tentang bahasa cinta ini. Banyak yang mengira bahwa physical touch artinya mengarah pada hal-hal yang berbau erotis. Nyatanya, hal ini salah besar, sebab kontak fisik tidak harus selalu erotis maupun seksual.

Demikian pula, bagi orang-orang dengan bahasa cinta ini, akan sangat menyakitkan jika pasangan atau orang yang mereka cintai tidak memberikan kasih sayang secara fisik kepada mereka, yang dapat menyebabkan emosi diabaikan dan tidak diinginkan

Ada beberapa faktor yang memengaruhi love language seseorang, hal ini termasuk bagaimana anggota keluarga saling mengungkapkan cinta mereka. Selain faktor keluarga, terdapat faktor hormon yang ikut mempengaruhi.

Women’s Health menyebutkan, saat kita menerima physical touch kita melepaskan beberapa hormon dan neurotransmitter, seperti oksitosin, serotonin, dan dopamin sehingga tubuh kita merasa sangat baik.

Nah apakah physical touch yang kamu terima dan dapatkan merupakan bentuk bahasa cinta atau tidak, kamu bisa mengenalinya dengan beberapa poin berikut :

  • Kamu mendapatkan hubungan positif melalui physical touch, baik sentuhan non seksual maupun seksual.
  • Kamu merasa dicintai dan disayang ketika disentuh atau menerima physical touch. Apabila kamu justru merasa tidak nyaman ketika disentuh, segera komunikasikan ya!
  • Kamu nyaman ketika memberikan physical touch kepada pasangan, bukan karena dipaksa.

5 dari 7 halaman

Variasi Physical Touch

Di antara orang-orang dengan love language physical touch terdapat berbagai macam variasi dan bentuk kontak fisik yang mereka sukai. Jika pasanganmu merupakan orang dengan gaya ekspresi cinta jenis ini, cara untuk menunjukkan kasih sayang dapat dilakukan dengan menggunakan sentuhan intim maupun non-intim. Beberapa contoh variasinya, yakni:

Pelukan

Arti Physical Touch dan contohnya

Memberikan pelukan dapat menjadi salah satu cara untuk menunjukkan kasih sayang. Kontak fisik ini sangat memberikan rasa kenyamanan dan keamanan.

Jika pasangan kalian menyukai physical touch jenis ini, pastikan untuk benar-benar berlama-lama di dekatnya dan luangkan waktumu  untuk menikmati pelukan tersebut. Kalian bahkan bisa bangkit dari belakang dan memeluknya. Trus coba kejutkan dia dengan pelukan yang tiba-tiba

Bergandengan Tangan

Bergandengan Tangan, Salah Satu Contoh Physical Touch

Berpegangan tangan dengan pasangan merupakan cara mudah yang dapat segera melepaskan hormon endorfin yang meningkatkan suasana hati. Karena merupakan bentuk physical touch yang tidak terlalu intim, kamu bisa berpegangan tangan dengannya kapan saja dan di mana saja. Eits tapi tetap dengan batasan tertentu ya!

Orang tua sering kali memegang tangan anak mereka untuk alasan perlindungan, tetapi juga untuk keterhubungan fisik. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk menunjukkan cinta fisik kepada pasanganmu.

Ciuman

Contoh Physical Touch

Physical touch ini sering kali dikira mengarah pada hubungan seksual, tetapi kenyataannya tidak. Berciuman adalah salah satu cara paling efektif untuk menunjukkan cinta fisik kepada pasanganmu. Kamu bisa mencium pipinya, keningnya, dan tangannya.

Pada beberapa kebudayaan, berciuman ditunjukkan sebagai tindakan penghormatan, sapaan, atau kasih sayang. Berciuman digunakan dalam semua jenis hubungan, romantis dan non-romantis, dan harus diprioritaskan.

Menyentuh Kepalanya

Physical Touch dengan Menyentuh Kepala

" Yang diacak-acak rambut, yang berantakan hati" . Kalimat tersebut nunjukin banget seberapa signifikan pengaruh physical touch yang sederhana terhadap tingkat baper.

Tapi sebelum melakukannya, tanyakan dulu ke pasanganmu apakah dia nyaman dengan perlakuan tersebut. Trus selain menyentuh kepalanya, kamu bisa memberikan sentuhan romantis lain seperti memegang bagian belakang lehernya, menyentuh punggung tangannya sebagai cara ekspresif untuk ngasih tau dia kalau kamu jatuh cinta banget sama dia.

Menggosok Punggung

Physical Touch Menggosok Punggung Pasangan

Saat seorang teman menghadapi situasi yang sulit atau menjengkelkan, menyentuhnya adalah reaksi yang normal, dan bentuk sentuhan ini bisa sama efektifnya dalam hubungan romantis.

Menerapkan physical touch dengan menggosok atau memijat punggung pasanganmu dapat memberi isyarat ke dia kalau kamu ada untuknya. Kamu juga bisa menggosok lengannya, tangannya, atau bagian tubuhnya yang lain.

Duduk Berdekatan

Duduk berdekatan sebagai salah satu jenis physical touch

Duduk cukup dekat sampai kamu bisa menyentuh pasangan adalah bentuk physical touch yang paling mudah. Misalnya nih saat kamu makan bareng atau saat sedang berada di sebuah acara, kamu bisa memberikan sentuhan kecil ini untuk menunjukkan cinta sesuai dengan batasan tempat.

Kamu bisa duduk dengan pinggul atau kaki bersentuhan adalah cara non-verbal untuk berhubungan dengan pasangan, misalnya.

Video Call Date

Video Call Date, contoh physical touch untuk kamu yang lagi LDR

Physical touch secara langsung tidak mungkin dilakukan bagi pasangan yang lagi LDR. Tapi masih ada banyak cara untuk menunjukkan cinta, salah satunya dengan video call date

Ketika kamu melakukan video call dengan pasangan, pastikan kamu memberi mereka perhatian penuh. Pilihlah tempat yang kondusif, kemudian lakukan kontak mata dan gunakan bahasa tubuh yang mengundang untuk menunjukkan bahwa kamu secara fisik bersamanya. 

Berikan Hadiah

Memberikan Hadiah untuk Pasangan, Jenis Physical Touch untuk kamu yang lagi LDR

Ini juga berlaku bagi kalian yang menjalani hubungan jarak jauh. Kalian dapat memberikan sesuatu yang mengingatkan pasanganmu tentang kamu. Kamu bisa memberi pasanganmu sesuatu untuk dipeluk, seperti selimut berbobot atau bantal badan.

Selain itu, teknologi bluetooth, seperti cincin jarak jauh atau lampu yang menyala saat disentuh, dapat membantu pasanganmu  merasa dicintai meski kalian tidak sedang bersama.

Bentuk physical touch lainnya dalam bentuk interaksi intim dan non intim antara lain :

  • Meremas tangannya saat melewatinya
  • Meraih dan memegang tangannya saat nonton atau duduk berdekatan
  • Mengelus punggungnya
  • Menunjukkan kasih sayang di depan umum, misalnya memeluknya saat berjalan bersama
  • Gunakan jari untuk memberikan sentuhan yang embut di beberapa titik, misalnya di dahi, hidung dan lainnya
  • Sisir rambutnya dengan jari

6 dari 7 halaman

Love Language Physical Touch

Cara Mengetahui Physical Touch sebagai Love Language

Dengan penelusuran di internet, kamu bisa menemukan banyak tes untuk menguji jenis love language kamu dan pasangan. Namun ada cara yang paling mudah untuk mengetahuinya nih yakni melalui ciri-ciri berikut :

  • Kamu akan merasa kesepian saat nggak mendapatkan sentuhan yang cukup dari pasangan.
  • Kamu ngerasa disayang dan dicintai saat pasangan menyentuhmu.
  • Kamu suka menyentuh pasangan dan mengekresikan rasa sayangmu dengan menyentuh dia.
  • Kamu suka PDA atau menunjukkan kemesraan bahkan di tempat umum.
  • Hanya dengan pelukan, kamu ngerasa pasangan bener-bener sayang sama kamu.
  • Kamu ngerasa kecewa ketika pasangan nggak melakukan kontak fisik seperti biasanya
  • Tidak perlu bilang “ i love u” berkali-kali biar kamu merasa dicintai, kamu bisa merasakannya ketika pasangan kamu memeluk atau mencium.
  • Saat kamu stres, kamu ngerasa tenang saat doi melakukan kontak fisik seperti mengelus kepala, atau mengusap bahu kamu.
  • Saat berada di dekatnya, kamu selalu menyentuhnya mulai dari naruh tangan kamu di atas tangannya, meletakkan tangan di atas lutut, menyisir rambutnya dan lainnya.
  • Kamu seneng banget saat pasangan menyentuh dan memegang kamu di tempat umum.

7 dari 7 halaman

Physical Touch, arti dan contohnya

Physical Touch Nggak Melulu soal Seks

Perlu diketahui kalau kalau physical touch sebagai cinta tidak melulu tentang seks, meski seks bisa menjadi aspek penting dalam hubungan romantis. Hubungan romantis sering kali membutuhkan physical touch untuk membuatnya tetap menyala, tapi seks bukan satu-satunya cara untuk menunjukkannya.

Bila love language kamu dan pasangan adalah physical touch, tunjukkan dengan cara yang bisa diterima oleh kedua belah pihak secara sadar dan menyenangkan ya!

Menghormati Ruang Pribadi Pasangan dalam Physical Touch

Meskipun sentuhan fisik merupakan bahasa cinta, namun tetap perhatikan batasan yang diberikan oleh pasangan, ya! Hormati batasan yang ditetapkan oleh pasangan, terkait dengan batasan kapan dan dimana dia boleh disentuh.

No means no. Kalau dia mengatakan tidak, maka hargai batasan yang sudah dia buat. Menghargai batasan dalam hubungan merupakan salah satu bentuk menghargai pasangan.

Pasanganmu kira-kira suka jenis physical touch yang mana, nih, Diazens?

Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar