21 Ide Topik Pembicaraan yang Menarik dengan Lawan Bicara Biar Gak Canggung

Reporter : Arif Mashudi
Senin, 27 Februari 2023 12:01
21 Ide Topik Pembicaraan yang Menarik dengan Lawan Bicara Biar Gak Canggung
Ini dia ide topik pembicaraan yang menarik, biar nggak kikuk!

Topik pembicaraan yang menarik saat bertemu dengan pasangan, teman, lawan bicara, orang asing, atau orang baru bisa menjadi hal yang sulit untuk dicari dan dilakukan. Ide topik pembicaraan cocok buat kamu yang lumayan pendiam yang seringkali merasa kesulitan menemukan topik yang tepat dan membuat percakapan menjadi lebih menarik dan menghibur.

Namun, tidak perlu khawatir, di sini Diadona akan memberikan beberapa tips sederhana yang bisa membantu kamu menggali topik pembicaraan yang asyik bersama lawan bicara. Pokoknya ini akan membuat percakapan dengan pasangan, teman, atau orang baru menjadi lebih mudah dan cair.

Kamu bisa memulai dengan menanyakan tentang minat dan hobi, membicarakan keinginan dan harapan di masa depan, hingga membicarakan pengalaman liburan atau perjalanan. Nah, artikel ini akan memberikan beberapa ide tentang bagaimana mencari topik pembicaraan dan obrolan yang tepat dan membuat percakapan menjadi lebih mengalir dengan lawan bicara. Kuy bareng-bareng kita simak ya!

1 dari 6 halaman

Cara Mencari Topik Pembicaraan dengan Pasangan

 

Cara Mencari Topik Pembicaraan yang Menarik © Diadona

Setiap hubungan memerlukan pembicaraan yang sehat dan produktif biar tetap erat dan saling memahami. Namun, terkadang menemukan topik yang tepat untuk dibicarakan bisa menjadi tantangan tersendiri. Apalagi, ketika kita ingin mengobrol dengan orang asing atau pasangan, seolah-olah semua topik terlihat sudah diulik dan dibahas.

Mencari topik obrolan yang tepat dapat membantu hubungan lebih hangat dan membuat waktu bersama-sama lebih menyenangkan.

1. Tanyakan bagaimana harinya berjalan

Cara yang paling sederhana dan efektif untuk mencari salah satu topik dengan pasangan adalah dengan menanyakan bagaimana hari mereka berjalan. Jadi, ini adalah cara yang baik untuk memulai pembicaraan dan memberi kesempatan untuk memperdalam pemahaman satu sama lain.

Nah, jika pasanganmu memiliki hari yang melelahkan atau mengalami hal yang menarik, maka topik pembicaraan dapat berkembang dari situ. Jangan lupa juga untuk mendengarkan ceritanya dengan baik ya.

2. Bicara soal hobi baru

Cara yang kedua bisa kamu coba dengan membicarakan hobi baru bisa menjadi salah satu topik pembicaraan yang sangat menarik. Pasanganmu mungkin baru saja menemukan hobi baru di media sosial atau ingin mencoba sesuatu yang berbeda.

Jadi, kamu bisa menanyakan apa yang membuat mereka tertarik pada hobi tersebut, apa yang mereka pelajari, atau bahkan mencoba untuk melakukan hobi tersebut bersama-sama. Sounds good nggak sih?

3. Membicarakan hal terbaru di media sosial

Selanjutnya nih, media sosial menjadi salah satu sumber informasi yang besar dalam hidup kita sehari-hari. Nah, membicarakan hal terbaru yang terjadi di media sosial bisa menjadi topik pembicaraan yang menarik, apakah itu tentang berita, trend baru, atau peristiwa penting yang sedang terjadi.

Kamu juga bisa bertanya tentang hal terbaru di media sosial seperti trending topik atau video lucu yang sedang viral. Saling memberi asupan meme lucu juga bisa menjadi cara yang menarik.

2 dari 6 halaman

4. Opini atau Pendapat Pribadi

Topik Pembicaraan © Diadona

Lalu, kamu juga bisa saling melempar opini atau pendapat pribadi tentang suatu topik, misalnya hal-hal yang tengah booming di media sosial. Ini bisa loh menjadi topik pembicaraan yang bagus.

Selain itu, kamu bisa menanyakan apa pendapat lawan bicara atau pasanganmu tentang suatu topik atau bagaimana pandangan mereka tentang suatu masalah. Hal ini juga bisa membantu kamu memahami pasangan lebih dalam dan membuka ruang untuk berbicara tentang nilai-nilai dan keyakinan masing-masing.

5. Bicarakan pengalaman masa lalu

Kemudian kamu bisa mencoba membicarakan pengalaman masa lalu yang juga bisa menjadi topik pembicaraan yang seru. Nah, kamu bisa bertanya tentang pengalaman mereka yang menyenangkan atau pengalaman yang membuat mereka berkembang.

Pengalaman masa lalu ini bisa memberikan gambaran tentang bagaimana pasanganmu menjadi seperti sekarang. Bicara tentang pengalaman masa lalu juga dapat membantu membangun kepercayaan dan keintiman yang lebih dalam.

6. Rencanakan masa depan

Merencanakan masa depan bersama pasangan juga bisa menjadi topik pembicaraan yang bikin dia betah loh. Kamu bisa membicarakan rencana jangka pendek atau jangka panjang, apa yang ingin dicapai bersama, atau bahkan menanyakan tentang mimpi-mimpi mereka untuk masa depan.

Selain itu, membicarakan tentang masa depan juga bisa membantu pasangan merasa lebih dekat dan membangun hubungan yang lebih kuat. Asli deh, topik ini akan menyenangkan loh.

7. Saling ungkapkan perasaan

Selanjutnya, kamu bisa mencoba mengungkapkan perasaan, baik positif maupun negatif. Hal ini dapat membantu mempererat hubungan dan membantu pasangan memahami apa yang dirasakan satu sama lain.

Jadi, ungkapkan perasaan juga bisa menjadi cara yang efektif untuk memperdalam hubunganmu dengan pasangan. Topik ini juga bisa menjadi tempat kamu mengeluarkan uneg-uneg yang terpendam.

8. Tanyakan apa yang ingin diubah

Terakhir, tanyakan pada pasanganmu tentang apa yang ingin mereka ubah dalam hubungan yang dijalani. Ini bisa menjadi kesempatan untuk mendengarkan harapan pasangan dan membuat hubungan kamu menjadi lebih baik lagi.

Bicarakan saja solusi dan tindakan yang dapat diambil bersama-sama untuk memperbaiki hal-hal yang mungkin tidak berjalan dengan baik dalam hubungan. Topik yang sangat tepat agar hubungan lebih baik.

3 dari 6 halaman

 Cara Mencari Topik Pembicaraan dengan Teman

Cara Mencari Topik Pembicaraan yang Menarik © Diadona

Selanjutnya, mencari topik obrolan yang menarik dengan teman juga bisa menjadi hal yang sulit, terutama jika kamu sudah lama tidak bertemu atau belum memiliki banyak kesamaan. Namun, jangan khawatir, ada banyak cara untuk menemukan topik pembicaraan yang bisa memancing obrolan yang seru dan menarik.

Berikut adalah beberapa ide topik pembicaraan yang bisa kamu gunakan:

1. Kabar atau kegiatan

Salah satu cara paling mudah untuk memulai percakapan dengan teman adalah dengan menanyakan kabar terkini atau kegiatan apa yang sedang dilakukan. Mungkin saja mereka baru saja kembali dari liburan atau memiliki pengalaman menarik yang bisa mereka bagikan. Dari sini biasanya obrolan akan mengalir sendirinya.

2. Pekerjaan

Terkadang pekerjaan bisa menjadi topik pembicaraan bersama si dia. Kamu bisa menanyakan apa pekerjaan mereka dan bagaimana pengalaman mereka selama bekerja.

Mulailah dengan menanyakan jenis pekerjaan yang mereka jalani atau proyek apa yang sedang dikerjakan. Kamu juga bisa membahas tantangan atau kejadian lucu yang terjadi di tempat kerja.

3. Kampung halaman

Lalu, ada kampung halaman yang biasa menjadi topik menarik karena setiap orang memiliki kenangan dan cerita yang unik tentang tempat asal mereka. Seperti apa yang mereka suka dari tempat asal mereka atau kenangan indah yang pernah mereka alami.

Topik ini juga bisa menjadi cara yang baik untuk mengenal teman lebih dekat. Kamu juga bisa banget loh bertanya tentang keunikan budaya atau tradisi yang masih dilestarikan di sana.

4. Hobi

Kemudian ada hobi nih Diazens. Hobi sendiri adalah topik obrolan yang menarik karena orang cenderung berbicara dengan antusiasme tentang hal-hal yang mereka sukai. Tanyakan kepada lawan biacaramu tentang hobi mereka dan apa yang membuat mereka terpesona tentang kegiatan tersebut.

Hal ini bisa menjadi cara yang baik untuk mengetahui minat dan kesukaan teman kamu loh.

4 dari 6 halaman

5. Seni dan hiburan

Topik Pembicaraan © Diadona

Kemudian ada film, musik, dan buku selalu menjadi ide topik pembicaraan yang seru dan bisa menjadi wacana seru bersama teman kamu. Tanyakan kepada mereka tentang film atau acara televisi yang mereka tonton akhir-akhir ini, atau lagu atau artis favorit mereka.

Jangan lupa untuk minta rekomendasi tentang film atau musik yang bisa kamu tonton atau dengarkan. Saling bertukar rekomendasi juga bisa banget kamu lakukan.

6. Keluarga

Selanjutnya ada keluarga yang selalu menjadi ide topik yang bisa memicu percakapan, terutama jika kamu dan temanmu memiliki pengalaman keluarga yang mirip. Tanyakan kepada mereka tentang keluarga mereka, seperti jumlah saudara, siapa yang paling dekat, atau kegiatan keluarga yang sering mereka lakukan bersama.

7. Makanan

Tanyakan juga makanan, resep, atau restoran favorit mereka. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk berbagi pengalaman tentang makanan dan menemukan tempat baru untuk mencoba makanan yang enak. Kamu bisa juga bertukar resep atau mencoba makanan baru bersama.

8. Olahraga

Terakhir, tanyakan tentang olahraga kepada mereka. Bicarakan tentang olahraga yang mereka gemari atau tim favorit kesuakaan mereka.

Topik ini bisa menjadi cara yang baik untuk berdiskusi tentang berita olahraga terbaru atau pertandingan yang sedang berlangsung. Atau, bahkan mengajak mereka untuk berolahraga bersama.

5 dari 6 halaman

Cara Mencari Topik Pembicaraan dengan Orang Baru

Cara Mencari Topik Pembicaraan yang Menarik © Diadona

Saat bertemu dengan orang baru, seringkali sulit untuk menemukan ide topik pembicaraan yang tepat untuk memulai percakapan. Namun, tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa tips sederhana yang dapat membantu kamu dalam menciptakan suasana yang nyaman. Berikut adalah beberapa ide untuk mencari topik pembicaraan dengan orang baru:

1. Asal dan tujuan

Yang pertama, kamu bisa coba dengan pertanyaan tentang asal dan tujuan. Ini adalah cara yang baik untuk memulai percakapan. Dengan menanyakan tentang tempat tinggal atau alasan lawan bicara kamu berada di tempat tersebut,kamu bisa memahami latar belakang dan mengetahui lebih banyak tentang mereka.

Selain itu, bertanya tentang perjalanan mereka ke tempat kamu bertemu bisa memicu pembicaraan tentang pengalaman bepergian yang menarik.

2. Kondisi sekitar

Menjelaskan keadaan sekitar bisa membantu dalam membuka pintu percakapan. Jika kamu berada di sebuah acara, mengomentari suasana di sekitar seperti dekorasi atau musik yang sedang diputar bisa menjadi awal yang baik. Kamu bisa juga memperhatikan pakaian atau aksesori yang mereka kenakan dan mengajukan pertanyaan tentang itu.

3. Cuaca

Cuaca adalah topik pembicaraan yang umum digunakan untuk memulai percakapan dengan orang baru. Nah, kamu bisa mengomentari tentang cuaca saat ini dan bertanya tentang rencana mereka untuk hari itu. Pembicaraan ringan tentang cuaca bisa menjadi pembuka untuk membahas topik lainnya yang lebih mengalir.

4. Kondisi Lingkungan Sekitar

Lalu, jika kamu berada di tempat umum seperti taman, toko, atau stasiun, kamu bisa mencari tahu tentang lingkungan sekitar. Tanyakan saja tentang tempat favorit mereka di daerah tersebut atau kegiatan yang disukai saat berkunjung.

Topik ini bisa membuka percakapan yang menarik loh. Kamu juga bisa meminta saran tentang tempat yang harus dikunjungi atau makanan yang harus dicoba di daerah tersebut.

6 dari 6 halaman

5. Pendidikan

Topik Pembicaraan © Diadona

Tidak selalu mudah menemukan ide topik pembicaraan yang cocok bagi semua orang. Jika kamu tidak yakin dari mana harus memulai, mulai saja dengan bertanya tentang pendidikan seseorang.

Kamu bisa menanyakan tentang sekolah atau perguruan tinggi tempat lawan bicara kamu tengah menimba ilmu. Ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk membicarakan tentang minat atau pekerjaan yang berhubungan dengan pendidikan mereka.

Jadi, itu lah beberapa cara mencari topik pembicaraan yang menarik dengan pasangan, teman, dan juga orang-orang baru yang kamu temui. Jadi, nggak perlu kikuk lgi nih kalau membuka obrolan hehehe.

Selamat mencoba ya!

Beri Komentar