Sebelum Putuskan Menikah, 8 Topik ini Perlu Banget Buat Diobrolin bareng Pasangan loh!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Minggu, 4 Oktober 2020 09:15
Sebelum Putuskan Menikah, 8 Topik ini Perlu Banget Buat Diobrolin bareng Pasangan loh!
Jangan mikir resepsi dulu, karena 8 topik diskusi ini jauh lebih penting..

Hampir semua pasangan yang sedang di tahap pacaran, biasanya akan mulai memikirkan soal naik tingkat jika merasa sudah yakin dengan pasangannya. Naik tingkat sesudah pacaran, tentu aja melewati pertunangan hingga akhirnya sampai di tahap pernikahan.

Saat memutuskan untuk menikah, kebanyakan pasangan akan lebih fokus dengan printilan pernikahan. Apalagi dengan era kemajuan zaman, pasti banyak pasangan yang justru kepikiran foto pre-wedding, bridal shower, bachelor party, resepsinya, dan segala kerumitan yang jelas terlihat.

1 dari 6 halaman

Tapi jarang banget nih pasangan yang melakukan konseling pra nikah, padahal itu justru bagian penting yang nggak boleh dilewatkan loh. Mungkin emang nggak sempat ya, tapi setidaknya perlu ada diskusi bareng pasangan mengenai beberapa hal yang nantinya akan berpengaruh pada hubungan pernikahan.

Seorang psikolog bernama Pingkan C.B. Rumondor, M.Psi., menyatakan bahwa ada 8 topik penting yang perlu didiskusikan bersama dengan pasangan. Kira-kira apa aja? Yuk, simak ulasannya..

2 dari 6 halaman

1. Kepercayaan dan komitmen

Ilustrasi Pasangan Mengobrol © Diadona

Setiap orang, punya harapan berbeda mengenai perilaku yang dianggap menunjukkan komitmen. Untuk itulah, kamu dan pasangan perlu mendiskusikan perilaku apa yang kalian harapkan sebagai bukti komitmen seorang terhadap yang lain. Bicarakan juga hal-hal apa aja yang bisa membuat kalian masing-masing merasa aman dalam menjalani hubungan.

2. Penanganan Konflik

Setiap hubungan nggak akan terhindar dari yang namanya konflik. Tapi di saat itu juga, kamu dan pasangan sebaiknya nggak melarikan diri dari konflik yang sedang terjadi. Nggak usah cari siapa yang benar atau salah, lebih baik belajarlah untuk saling memahami perasaan masing-masing dan berfokus pada penyelesaian konflik itu sendiri.

3 dari 6 halaman

3. Seks dan Kemesraan

Ilustrasi Pasangan Mengobrol © Diadona

Pandangan setiap orang mengenai seks dan kemesraan tentu aja berbeda. Maka sudah selayaknya, topik ini pun kalian bicarakan bersama. Lagipula, seks bukan semata untuk tujuan reproduksi, tapi juga sarana rekreasi dan ekspresi kasih sayang.

4. Makna Uang dan Pekerjaan

Uang dan pekerjaan memang saling berkaitan, dan hal ini pula yang nggak boleh luput dari topik diskusi kalian. Preferensi soal arti uang, pemanfaatan uang tentu aja berbeda bagi masing-masing pihak. Jadi, bicarakan hal ini dengan terbuka supaya nggak menimbulkan kesalahpahaman di kemudian hari.

4 dari 6 halaman

5. Keluarga dan Anak

Ilustrasi Mengobrol © Diadona

Yang namanya menikah berarti berumah tangga, berkeluarga dan sudah psti berkaitan dengan anak. Nah, sebelum menikah, diskusikan apakah kalian ingin memiliki anak atau tidak. Jika memang ingin memiliki anak, tentukan jumlahnya dan bagaimana pembagian tugas serta peranan kalian masing-masing dalam mengurus anak.

6. Cara Menghabiskan Waktu Luang

Diskusikan hal baru dan seru yang sekianya bisa kamu lakukan dengan pasangan. Pasalnya, jika kesibukan sudah datang, kalian justru nggak punya banyak waktu luang untuk dinikmati. Itulah sebabnya kamu dan pasangan perlu ngobrol soal cara menghabiskan waktu luang, supaya di momen tersebut hubungan bisa jadi lebih dekat, rileks, dan tentunya mesra..

5 dari 6 halaman

7. Spiritualitas dan Pertumbuhan Pribadi

Ilustrasi Pasangan Berdiskusi © Diadona

Pernikahan bukan sekadar cinta-cintaan dan senang-senang terus, ada kalanya kalian akan mengalami titik terendah yang susah untuk dijalani. Untuk itu, penting banget nih kalian mendiskusikan bagaimana cara mendukung pasangan. Bahkan membantunya bertumbuh jadi lebih baik dan selangkah lebih maju.

8. Mimpi Masing-Masing

Meski nantinya akan menikah, setiap orang pasti punya impian yang ingin dicapai. Alangkah baiknya jika sebelum menikah, kalian membicarakan secara terbuka mengenai impian masing-masing. Berbagi impian adalah awal saling mendukung untuk mewujudkan mimpi tersebut.

6 dari 6 halaman
Beri Komentar