Merasa Sering Dikendalikan Pasangan? Bisa Jadi Kamu Terjebak Hubungan dengan Pria Misoginis Nih!

Reporter : Arifina
Selasa, 7 Februari 2023 08:00
Merasa Sering Dikendalikan Pasangan? Bisa Jadi Kamu Terjebak Hubungan dengan Pria Misoginis Nih!
Misoginis itu apa sih?

Istilah misoginis mungkin amat jarang bahkan belum pernah kalian dengar. Ini adalah istilah bagi laki-laki yang memiliki sifat tidak menyukai bahkan membenci perempuan baik melalui kata-kata maupun perbuatan.

Melansir dari Verywell Mind, misoginis dalam hubungan asmara ini erat kaitannya dengan seksisme atau kebencian dan diskriminasi terhadap perempuan. Istilah lainnya, misoginis ini sering digunakan untuk menggambarkan tindakan kekerasan ekstrim yang dilakukan laki-laki terhadap perempuan.

1 dari 8 halaman

Meski begitu, tidak jarang laki-laki misoginis yang masih bisa menjalin hubungan asmara dengan perempuan. Tapi buat kamu yang tengah mencari pasangan, jangan terlalu khawatir ya, karena mereka itu mudah diidentifikasi.

Dikutip dari InStyle, laki-laki misoginis itu sering melakukan kekerasan dan merendahkan perempuan secara terang-terangan.  Berikut tanda-tanda pria pemilik sifat misoginis!

2 dari 8 halaman

1. Perempuan Dijadikan Objek

Ilustrasi Pasangan Marah © Diadona

Laki-laki misoginis seolah memiliki cara pandang yang berbeda akan perempuan. Mereka menganggap perempuan sebagai objek yang tugasnya menyenangkan laki-laki, baik dari penampilan maupun dari perbuatan.

Ketika perempuan gagal membuat puas akan keinginannya, dia akan mudah tersinggung dan tersulut emosi.

3 dari 8 halaman

2. Tak Berhubungan Baik dengan Kerabat Perempuan

Namanya menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih, tentu saja kamu menginginkan untuk saling mengenal baik akan keluarga maupun teman dekatnya. Namun, ketika pria yang kamu kencani justru tidak mau mengenalkanmu  bahkan menunjukkan seakan memiliki hubungan yang kurang baik dengan keluarganya terutama yang perempuan, itu maka patut dicurigai.

Misal, dia tidak berhubungan baik dengan ibunya, saudara perempuannya, neneknya, atau perempuan yang punya peran penting lain di hidupnya. Karena, hal itu bisa menjadi tanda dia memiliki sifat misoginis.

4 dari 8 halaman

3. Sering Menggoda Perempuan

ilustrasi pasangan tertawa © Diadona

Perilaku yang mudah diketahui dari seorang laki-laki misoginis adalah, meraka cenderung berpikir bahwa dirinya terlihat keren. Terutama, bila bisa dengan mudah mendapatkan perempuan.

Karenanya, seorang laki-laki misogonis ini lebih sering menggoda perempuan. Bahkan, tidak jarang melontarkan kata-kata pelecehan. Ini menunjukkan laki-laki misoginis tidak memiliki empati dan kemampuan untuk memahami perempuan.

5 dari 8 halaman

4. Mengendalikan Hidup Pasangannya

Menjalin hubungan dengan pria misoginis artinya membuat hidupmu tidak akan bebas sebagaimana biasanya. Dia biasanya akan berusaha untuk mengendalikan hidupmu.

Misalnya, mengontrol pakaian apa yang harus kamu kenakan, hingga cara kamu menata rambut dan riasan.
Cara yang dilakukan ini bukan sekadar mengungkapkan preferensi. Tapi, seakan keharusan yang apabila tidak dituruti dia akan marah.

6 dari 8 halaman

5. Selalu Menyalahkan Pasangan

Ilustrasi pasangan bertengkar © Diadona

Namanya hubungan asmara, tentu akan ada bumbu-bumbu pertengkaran. Namun, jika pria yang menjalin hubungan denganmu adalah pemilik sifat misoginis maka siap-siap saja masalah kalian tidak terselesaikan.

Alih-alih saling intropeksi untuk membenahi diri satu sama lain, lelaki misoginis cenderung meremehkan perempuan saat dia melakukan kesalahan. Tak jarang, dia akan mengungkapkan kata-kata kasar dan justru akan menyalahkan pasangannya, lho!

7 dari 8 halaman

6. Tak Suka dengan Kesuksesan Pasangan

Pria misoginis seolah tertanam dalam dirinya untuk menjadi yang berkuasa dalam hal apapun. Karenanya, jika melihat pasangannya sukses ia tidak akan senang dan seakan menganggap pencapaian pasangannya itu bukan hal yang besar.

Mereka beranggapan kesuksesan perempuan adalah sebuah ancaman. Ia juga menganggap gender laki-laki yang harus memiliki kelebihan dibanding perempuan.

8 dari 8 halaman

7. Sering Mengkritik Bentuk Tubuh

Ilustrasi Pasangan Bertengkar © Diadona

Memberikan kritik yang membangun sih sah-sah saja. Tapi, kalau pria misoginis justru akan menjadikan kritikan yang diucapkan kepadamu untuk menghilangkan kepercayaan dirimu.

Dia akan sering membuatmu merasa buruk akan penampilan, dan bentuk tubuhmu. Bahkan, kamu akan dibandingkan dan disarankan untuk melakukan operasi plastik.

Well, itulah tadi beberapa tanda pria pemilik sifat misoginis. Kalau kamu menemuinya, sebaiknya dihindari saja untuk menjalin hubungan lebih lanjut ya guys!

Beri Komentar