Tak Selamanya Buruk, Ini 4 Manfaat Cemburu dalam Hubungan Asmara

Reporter : Arifina
Senin, 6 Februari 2023 08:00
Tak Selamanya Buruk, Ini 4 Manfaat Cemburu dalam Hubungan Asmara
Cemburuan gak nih pasanganmu?

Perasaan cemburu saat menjalin hubungan asmara itu sangat umum dialami oleh tiap pasangan. Ada yang menilai, sikap cemburu ini dalam kondisi negatif hingga bisa merusak hubungan.

Padahal, cemburu juga memiliki manfaat, lho! Asalkan, dilakukan dalam batas yang wajar.

Lantas, apa saja ya manfaat dari perasaan cemburu? Berikut ulasannya dilansir dari berbagai sumber!

1 dari 5 halaman

Menguatkan Jalinan Asmara

Rasa cemburu yang tidak beralasan memang acap kali menyebabkan masalah dalam hubungan. Sebab, ketika merasa cemburu, bukan tidak mungkin seseorang akan berperilaku negatif bahkan cenderung berbahaya.

Tapi, dilansir dari Psychology Today, kecemburuan ini merupakan perasaan adaptif yang alami. Ini salah satu cara mengekspresikan diri yang dirancang untuk menjaga hubungan agar lebih kuat.

Karena itulah, rasa cemburu juga bisa menandakan nilai suatu hubunganmu, lho!

2 dari 5 halaman

Menjaga Hubungan Tetap Romantis

Ilustrasi Pasangan Romantis © Diadona

Seorang antropolog biologi yang berbasis di Amerika Serikat, Helen Fisher, Ph.D mengungkapkan, kecemburuan yang dilakukan dengan cara yang sehat bisa membuat hubungan tetap romantis, lho!

Ia juga menyebut, kecemburuan bisa memberikan dampak baik dalam menjaga hubungan tetap romantis. Tetapi, harus diperhatikan dalam intensitas yang wajar.

Adanya rasa cemburu ini akan mejadikan seseorang semakin memahami bahwa ada hati yang perlu dijaga. Sehingga, pasangan akan lebih hati-hati dalam bersikap, terutama dengan lawan jenis.

3 dari 5 halaman

Saling Peduli

Mengutip dari Pure Wow, Dr. Leela Magavi, M.D., seorang psikiater asal Amerika Serikat menjelaskan, kecemburuan dalam batas yang wajar menjadi pertanda hubungan yang sehat.

Dengan adanya kecemburuan itu berarti kamu peduli dengan pasanganmu, nih! Asalkan tidak dilakukan dengan berlebihan, ya!

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Pasangan Berdiskusi © Diadona

Selain itu, kamu dinilai lebih menghargai pasanganmu dan tidak ingin kehilangan dia dengan rasa cemburumu itu.

“ Kita mungkin cemburu karena perasaan iri dengan perhatian yang diberikan pasangan kita kepada orang lain. Hal ini terjadi karena kita ingin menjadi satu-satunya. Ini merupakan hal yang wajar terjadi, namun perlu dikelola agar tidak cemburu berlebihan,” jelas Magavi.

5 dari 5 halaman

Menguatkan Komunikasi dengan Pasangan

Rasa cemburu memang wajar terjadi, tapi jika dilakukan secara berlebihan mak itu masuk kategori tanda bahaya dalam sebuah hubungan.

Kecemburuan ini merupakan luapan emosi manusia yang normal dan perasaan ini perlu diluapkan. Untuk bisa melepaskan perasaan itu, kamu harus berkomunikasi dengan pasangan. Ceritakan segala hal yang kamu rasakan terhadapnya ya!

Rasa cemburu ini juga bisa memperkuat komunikasimu dengan pasangan, lho! Dengn saling bicara, hubungan kalian akan lebih terjaga dan bisa saling pengertian satu sama lainnya.

Beri Komentar