8 Tips Merancang Interior Minimalis, Bikin Tampilan Ruangan Jadi Lebih Menawan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 8 November 2023 20:19
8 Tips Merancang Interior Minimalis, Bikin Tampilan Ruangan Jadi Lebih Menawan
Ini dia beberapa tips merancang interior minimalis yang siap menyulap ruangan rumah kamu jadi cakep dan bikin PW di rumah.

Tips merancang interior minimalis dapat menjadi solusi untuk kamu dalam menata ruangan agar terlihat semakin ciamik. Rancangan interior minimalis saat ini sangat diminati di kalangan masyarakat. Hal tersebut tentunya tidak luput dari tren gaya hidup minimalis dalam masyarakat modern yang lebih menyukai hunian dengan desain simpel yang memiliki kesan kekinian. 

Perancangan interior rumah yang minimalis ini sangat menekankan pada kesederhanaan, fungsionalitas, dan kebersihan dalam ruangannya. Tidak harus memiliki ruangan yang luas, desain minimalis ini dapat memaksimalkan penggunaan ruang bahkan pada ruangan yang relatif kecil sekalipun. Dengan rancangan desain yang tepat, interior bergaya minimalis bisa menciptakan kesan yang tak kalah elegan dari gaya desain mewah dan klasik. 

Terkadang masih terdapat kurangnya kepedulian dalam merancang interior minimalis sehingga sering kali muncul beberapa permasalahan seperti ketidakcocokkan gaya dan fungsi hingga penggunaan furnitur yang berlebihan dan tidak sesuai dengan ukuran dari ruangan. Untuk menghindari permasalahan tersebut, pentingnya melakukan perencanaan desain interior secara cermat. 

Nah, berikut ini beberapa tips merancang interior minimalis yang dapat membantu kamu dalam membuat ruangan yang sederhana, indah dan fungsional:

1 dari 8 halaman

Evaluasi Ruang

Tips Merancang Interior Minimalis

Tips merancang interior minimalis yang pertama, kamu perlu memperhatikan sekeliling rumah dari ruang tamu hingga dapur dan mengidentifikasi barang-barang yang tidak lagi digunakan, rusak, dan tidak memiliki nilai. Hal ini termasuk pada buku yang tidak dibaca, pakaian yang tidak lagi dikenakan, perabotan rusak atau sudah tidak suka lagi. 

Nah, setelah mengidentifikasi barang-barang yang memang sudah tidak diperlukan selanjutnya dapat mengklasifikasikan mana barang untuk dijual atau dibuang. Dengan menghilangkan barang-barang yang tidak terpakai, ruangan menjadi lebih bersih dan lapang.

2 dari 8 halaman

Rencanakan Penyimpanan

Tips Merancang Interior Minimalis

Setelah mengevaluasi ruang, menyediakan tempat penyimpanan menjadi hal yang sangat diperlukan dalam interior minimalis. Tentunya selepas memilah barang-barang tersebut pastinya terdapat barang yang masih diperlukan dan dipergunakan terutama barang-barang kecil seperti buku, baju atau pajangan. 

Karena konsep minimalis menekankan pada tampilan yang bersih, tips merancang interior minimalis yang kedua yaitu merencanakan penyimpanan yang efisien dan terintegrasi yang mengoptimalkan penggunaan ruang. Penyimpanan yang baik dapat menciptakan tampilan ruang yang rapi dan bersih.

3 dari 8 halaman

Pemilihan Warna

Tips Merancang Interior Minimalis

Bicara tentang tips merancang interior minimalis, penggunaaan warna netral ini menjadi komponen utama dalam desain minimalis. Warna putih, krem, abu-abu, hitam dan earth tone dapat kamu gunakan sebagai dasar ruangan dalam interior minimalis. 

Pada ruangan minimalis, warna-warna netral tersebut tidak hanya menenangkan, tapi juga memberikan tampilan yang lapang pada ruang. Penggunaan warna netral juga memberikan kesan keterbukaan dan memantulkan pencahayaan yang baik dari permukaan yang terang.

4 dari 8 halaman

Pola Minimalis

Tips Merancang Interior Minimalis

Pada desain yang minimalis biasanya menghindari pola-pola yang terkesan rumit dan berfokus pada kesederhanaan. Meski menghindari pola yang rumit, bukan berarti desain minimalis terlihat monoton dan membosankan, loh! Sebaliknya, desain minimalis ini menekankan elemen-elemen desain yang bertekstur, kontras, dan detail yang sederhana seperti pola geometris, garis-garis klasik, kotak, atau titik-titik halus. 

Pada tips merancang interior minimalis yang ini, kamu dapat memilih pola-pola minimalis tersebut dan tentunya dapat disesuaikan dengan tampilan estetika pada ruangan. Dengan begitu, tercipta keseimbangan visual ruangan yang cantik.

5 dari 8 halaman

Quality Over Quantity

Tips Merancang Interior Minimalis

Tips merancang interior minimalis yang berikutnya yaitu pentingnya menentukan furnitur berkualitas yang akan digunakan untuk interior minimalis. Pilihan furnitur yang memiliki kualitas baik dapat bertahan lebih lama dan memberikan tampilan yang elegan dalam jangka panjang untuk menyimpan berbagai perkakas. 

Kamu pun perlu mengurangi pembelian barang-barang yang hanya berdasarkan trendi. Dengan fokus pada kualitas, kamu dapat menciptakan interior minimalis yang tidak hanya tampil cantik dan estetis, tetapi lebih tahan lama.

6 dari 8 halaman

Space Kosong

Tips Merancang Interior Minimalis

Pada tips merancang interior minimalis, kamu dapat menyediakan space kosong pada ruangan. Dilansir dari kompas.com (20/62022), ketika memiliki sudut ruang yang bebas, hal ini berkontribusi pada keseluruhan ruang yang membuat kesan lapang, ringan dan terbuka. 

Menyediakan space kosong pada ruang tentunya tidak terlihat membosankan. Dengan space yang kosong ini dapat menjadikan peluang untuk menonjolkan elemen lain yang memiliki nilai estetis seperti warna cat, pola dinding atau desain lantai yang indah atau dekoratif.

7 dari 8 halaman

Elemen Dekoratif

Tips Merancang Interior Minimalis

Tips merancang interior minimalis yang berikutnya adalah memperhatikan elemen dekoratif. Menciptakan tampilan desain ruangan yang minimalis, tentunya penggunaan elemen dekoratif yang digunakan untuk ruang tidak terlalu berlebihan dan terkesan sederhana. Penempatan elemen dekoratif yang tepat akan mempengaruhi tampilan ruangan supaya terlihat ciamik. 

Dalam menatanya, kamu dapat meletakkan perabotan kecil dan besar dengan jumlah yang seimbang. Pada gambar di atas ketika kamu ingin mendekorasi ruang tamu, kamu dapat meletakkan perabot besar seperti bufet minimalis dengan pajangan yang tidak terlalu berlebihan, sehingga tampilan pada space tersebut tidak terlalu sesak dan berlebihan.

8 dari 8 halaman

Pencahayaan Maksimal

Tips Merancang Interior Minimalis

Tips merancang interior minimalis yang terakhir adalah dengan memaksimalkan pencahayaan pada ruangan untuk membuat suasana menjadi lebih nyaman. Kamu dapat memaksimalkan pencahayaan melalui cahaya alami dari ventilasi rumah. 

Namun, jika kamu tidak memiliki pencahayaan alami yang cukup pada ruangan, kamu dapat menggunakan pencahayaan yang berasal dari lampu meja, lampu lantai, dan lampu gantung dengan bohlam yang memiliki sentuhan hangat. Penggunaan pencahayaan ini dapat kamu maksimalkan pada bagian ruang yang  menonjol, sehingga memberi tampilan menyorot pada ruang. 

Itu tadi beberapa tips merancang interior minimalis yang bisa kamu terapkan untuk membuat tampilan ruang yang lebih maksimal dan indah. Yuk mulai melakukan perencanaan interior minimalis yang tepat!

Penulis : Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar