30 Desain Ruang Tamu Minimalis Sederhana dan Cantik

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 11 Oktober 2023 10:24
30 Desain Ruang Tamu Minimalis Sederhana dan Cantik
Kunci dari mendesain ruang tamu minimalis adalah less is more, atau kedepankan fungsi. Namun dengan pemilihan furniture yang tepat, palet warna yang oke, ruang amu minimalis akan terlihat indah.

Tertarik dengan desain rumah minimalis? kamu bisa memulainya dengan ruang tamu rumahmu. 

Ruang tamu minimalis ini nggak hanya jadi tempat terhubungnya tamu dan anggota keluarga, tapi bisa jadi ruang berkumpul bersama, bersantai atau menonton tv. Dan untuk mendapatkan desain ruang tamu minimalis yang fungsional serta indah, kamu hanya butuh beberapa elemen kunci.

Yuk kita bahas desain minimalisnya terlebih dahulu!

Pendekatan minimalis lebih mengedepankan fungsi dalam setiap elemen yang digunakan. Ruangan minimalis biasanya fokus pada penggunaan ruang, pencahayaan, material, dan bentuk. Dialnsir dari The Spruce, berikut ini karakteristik dari desain ruang tamu minimalis : 

  1. Less is more, atau sederhana
  2. Fokus pada fungsionalitas
  3. Memanfaatkan garis-garis sederhana
  4. Minim ornamen dan dekorasi berlebihan
  5. Monokrom atau penggunaan satu warna, penggunaan minim palet warna dan memprioritaskan penggunaan warna-warna natural
  6. Semua barang memiliki tempat dan tujuannya
  7. Penggunaan cahaya alami
  8. Menggunakan desain interior yang lapang dan rapi dengan tata letak terbuka

Seperti apa sih desain ruang tamu minimalis? Sedang mencari inspirasi renovasi ruang tamu minimalis? Kepoin deh deretan potret berikut ini!

1 dari 30 halaman

Desain Ruang Tamu Minimalis Modern

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Sofa empuk berwarna coklat dengan elemen kayu di bagian bawah berhasil membuat ruangan jadi hangat. Ditambah juga dengan perabot kayu solid yang menegaskan karakte ruangan. Warna coklat juga menjadi bingkai jendela, pintu hingga pigura di dinding. 

Berikan sentuhan akhir dengan tanaman hias. 

2 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis Lantai Kayu

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Desain ruang tau minimalis berarti memanfaatkan setiap ruang sebaik mungkin. Misalnya nih alih-alih menggunakan meja ruang tamu besar, gunakan susun yang ringan dan estetik. Saat ruang digunakan untuk menonton tv, meja tersebut bisa kamu geser ke sisi yang lain. 

Dinding ruangan dicat putih untuk menampilkan kesan lapang, sementara itu sofa warna cream nampak bersih berpadu dengan lantai dan furnitur kayu yang hangat.

3 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis Sederhana namun Mewah

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Untuk menampilkan kesan minimalis dan sederhana, kamu bisa menggunakan kursi kayu berbatal empuk ketimbang sofa bulky. Palet ruangan yang sederhana dan desain minimal membuat kita fokus pada keindahan rumah secara keseluruhan.

4 dari 30 halaman

Desain Ruang Tamu Minimalis Modern

Desain Ruang TAmu Minimalis © Diadona

Kesan modern ditegaskan dengan penggunaan meja ruang tamu dari bahan marmer dan besi, serta meja TV dari kayu minimalis berwarna putih. Elemen warn aputih tersebut nggak hanya memantulkan cahaya, tapi juga ngasih kilauan yang berkesan modern dan mewah.

5 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis dengan Beanbag

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Dalam desain ruang tamu minimalis, bean bag adalah pilihan oke buat menggantikan sofa. Beanbag lebih nyaman, nggak memerlukan banyak ruang. Jadi cocok banget untuk ruang tamu sempit.

Benbag juga lebih terjangkau ketimbang pilihan furnitur lainnya. Dengan perawatan yang mudah, beanbag bisa tahan bertahun-tahun karena nggak ada pegas atau bahan logam lain yang akan rusak termakan waktu.

6 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis dengan Kursi Rotan

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Dengan desain yang apik, kursi kayu ngasih kehangatan, gaya minimalis dan juga kenyamanan untuk ruang tamu. Nuansa krem yang hangat dari perabotan lainnya ngasih kesan nyaman, membuat ruang jadi terasa lapang dan terang. 

7 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis untuk Rumah Sempit

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Kalau kamu hanya punya satu ruangan sempit untuk fungsi serbaguna, desain ruang tamu minimalis di atas menawarkan segalanya.

Tempatkan satu sofa yang nayaman dengan rangka kayu minimalis di sebelah meja makan minimalis. Meja makan ini bisa berfungsi sebagai tempat untuk menjamu tamu juga kan?

 

8 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis Perumahan

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Untuk perumahan yang sempit, desain ruang tamu minimalis sederhana berikut bisa kamu jadikan rujukan.

 

9 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis Sederhana

Desain Ruang Tamu Minimalis yang Sederhana tapi Elegan © Diadona

Di desain ruang tamu minimalis, setiap barang harus memberikan kontribusi yang kuat. Nah, ruang tamu ini adalah contoh yang sempurna.

Meskipun hanya tiga item furnitur yang terdiri dari dua kursi dan meja kecil, namun tetap memberikan kesan hangat yang kuat dan bisa mengkomunikasikan selera pemiliknya.

10 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis Hitam dan Putih

Desain Ruang Tamu Minimalis Hitam Putih © Diadona

Ruang tamu minimalis ini menggunakan palet hitam dan putih yang terbatas. Ruangan bercat putih untuk kesan luas, sementara rak dan meja putih mengkilap akan menambah cahaya yang masuk dari jendela besar di samping ruangan.

11 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis Sempit Memanjang

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Perabot dengan aksen warna biru dan kuning yang ceria membangkitkan suasana ruang tamu yang bernuansa putih ini. Tentu saja kamu bisa menggunakan warna lain sesuai dengan favoritmu, misalnya merah untuk kesan trendy atau hijau tua untuk nuansa alami.

 

12 dari 30 halaman

Desain Ruang Tamu Minimalis Luas

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Ruangan besar bernuana putih adalah awal yang menarik bagi desain minimalis. Tambahkan dengan sofa sederhana dengan kaki-kaki kecil, tambahkan nuansa hangat dengan pemilihan perabot kayu pada kedua meja. Walaupun sederhana, namun ruangan akan nampak anggun. Terakhir, percantik dengan tanaman hijau berdaun lebar.

13 dari 30 halaman

Desain Ruang Tamu Minimalis 3 x 3 meter

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Siapa bilang minimalis hanya mencangkup warna-warna natural. Hidupkan suasana ruang tamu kamu dengan bantal sofa yang ceria. Kunci dari desain minimalis di atas terletak pada model sofa serta kerangka kayunya yang ramping.

14 dari 30 halaman

Desain Ruang Tamu Minimalis 3 x 3 meter Aksen Kayu

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Untuk mempertahankan kesan terang dan lapang, gunakan karpet berwarna cerah di atas lantai kayu yang hangat. Sofa berwarna abu-abu netral dengan struktur penyangga yang ramping, masih menjadi andalan untuk menampilkan desain minimalis. 

 

15 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis Berwarna Cerah

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Dengan model sofa yang sama, ruangan warna-warni pun akan tetap tampak minimalis sekaligus trendy. Namun usahakan tetap menggunakan jumlah warna minimal ya! Misalnya, sofa warna hijau yang senada dengan tanaman hias hijau untuk menyegarkan ruangan.

16 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis Rumah Sederhana

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Tak perlu sofa baru untuk merombak ruang tamu. Sofa berbantalan lengkung khas model lawas di atas pun juga tetap bisa membuat ruangan berkarakteristik minimalis.

Kuncinya terletak pada penggunaan warna-warna netral dan hiasan sederhana. 

17 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis dengan Sofa L

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Sofa tebal, empuk dan berbentuk L tetap bisa membuat ruang tamu minimalis. Padukan warna-warna netral furniture dengan dinding serta langi-langit ruangan. Tempatkan hiasan dengan warna lembut untuk membuat ruangan jadi lebih hidup.

18 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis Estetik

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Penggunaan motif-motif abstrak kesukaan kamu juga tetep bisa bikin desain ruang tamu tetap minimalis. Imbangi dengan memilih furnitur sederhana, seperti sofa dengan kerangka kayu dan juga meja kaca.

19 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis Terbuka

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Desain ruang tamu minimalis berikut ini berada di ruangan putih yang luas, dengan sofa abu dan kursi kayu berwarna coklat yang lembut. Aksesorif dekoratifnya terletak di rak kecil di sisi dinding sehingga tak mengurangi ruang gerak.

Untuk memberkan karakter pada ruangan, digunakan karpet bermotif.

20 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis Estetik

Desain Ruang Tamu Minimalis © Diadona

Siapa bilang desain ruang tamu minimalis nggak boleh diisi dengan banyak foto di dinding? Dalam desain ruang tamu minimalis berikut, dipilih pohon kaktus dan dinding yang menjadi galeri seni.

Di atas sofa biru, terpajang foto-foto dengan aksen warna serupa. Untuk menambah daya tarik ruangan, dipilih tanaman kaktus yang tinggi menjulang.

 

21 dari 30 halaman

Ruang Tamu Bernuansa Putih

Ruang Tamu Minimalis Putih Elegan © Diadona

Merancang ruang tamu dengan dominan warna putih merupakan ide bagus untuk kamu yang ingin tampilan ruangan terlihat bersih dan luas. Penggunaan warna putih untuk ruang tamu memang sangat sering dijumpai, karena selain terlihat simpel juga mudah dalam penataan dekorasi yang akan digunakan. 

Menambahkan furnitur besi dengan warna emas pada interior ruangan serta memberikan pencahayaan yang bagus membuat tampilan ruang tamu terlihat mewah dan elegan. Meskipun tidak memiliki space ruangan yang lebar tetapi dengan penataan warna dan interior yang berpadu membuatnya terlihat supercantik. 

22 dari 30 halaman

Ide Ruang Tamu Minimalis Fungsional

Ide Ruang Tamu Minimalis Fungsional © Diadona

Tidak memiliki space yang luas bukan menjadi masalah untuk membuat ruang tamu yang ciamik. Kamu dapat menjadikan ruang tamu sekaligus ruang keluarga yang nyaman, loh! Menjadikan satu ruang yang berfungsi ganda merupakan hal efisien tanpa harus menghilangkan kenyamanan. 

Untuk membuat ruang tamu sekaligus ruang keluarga minimalis, kamu dapat menambahkan satu sofa panjang atau sofa lipat untuk bersantai sambil menonton televisi. Jika hunian kamu tidak memiliki sekat antara ruang tamu dan dapur, kamu dapat menambahkan partisi kayu bergaris yang menambah kesan estetis dalam ruangan. 

 

23 dari 30 halaman

Ide Ruang Tamu Minimalis Gaya Mid-Century

Ruang Tamu Minimalis Gaya Mid-Century © Diadona

Konsep desain mid-century umumnya menggunakan warna putih sebagai dasar pada warna ruangan. Warna putih yang netral dan bersih dapat menonjolkan warna furnitur atau elemen dekorasi pada ruangan. Menambahkan aksen kayu pada ruang tamu minimalis bergaya mid-century dapat menghadirkan tampilan yang lebih apik dan memiliki daya tarik.  

Sentuhan aksen kayu pada interior ini memiliki tampilan yang cukup simpel yakni dengan penggunaan lantai, meja, kursi, dan tatakan hiasan yang terlihat cukup sederhana tetapi memiliki bentuk yang unik dan menarik. Dengan perpaduan warna netral dan warna kayu yang beragam pada penggunaan furniturnya menambahkan kesan mid-century yang kental. 

 

24 dari 30 halaman

Ide Ruang Tamu Minimalis Nuansa Hangat

Ide Ruang Tamu Minimalis Nuansa Hangat © Diadona

Ingin ruang tamu minimalis dengan nuansa hangat dan nyaman? Kamu dapat menggunakan aksen kayu pada tampilan ruang tamu kamu, loh! Aksen kayu selalu berhasil dalam menghadirkan nuansa yang hangat, alami dan estetis bagi sebuah ruangan. 

Kamu dapat menggunakan lantai, meja tamu, meja hias, dan kursi dengan material kayu yang sederhana. Untuk kesan kayu yang lebih kental, dapat ditambahkan elemen dekorasi berwarna kayu seperti karpet serat alami, pot gerabah dan hiasan dekoratif lainnya. Kamu juga dapat menambahkan tanaman indoor untuk nuansa yang alami. 

 

 

 

 

 

Desain ruang tamu minimalis mana nih yang cocok dengan karaktermu?

[crosslink_1]

25 dari 30 halaman

Ide Ruang Tamu Minimalis Modern Simpel

Ide Ruang Tamu Minimalis Modern Simpel © Diadona

Menghadirkan ruang tamu yang modern simpel ini tentu dapat menjadi pilihan yang tepat untuk diterapkan di ruangan yang tidak terlalu luas. Minimnya penggunaan elemen dekoratif pada interior ruang, membuat tampilannya terlihat lapang dan bersih. 

Pemilihan warna dinding untuk menciptakan kesan luas tentu menjadi hal yang patut diperhatikan. Salah satunya, kamu dapat menggunakan warna beige yang merupakan warna netral untuk memberi suasana teduh pada ruang. 

Kamu dapat menggunakan furnitur simpel seperti sofa L polos, meja bulat kecil dan karpet dengan corak gaya shabby chic. Untuk mempercantik tampilan, dapat ditambahkan berbagai elemen dekoratif yang menarik. 

 

26 dari 30 halaman

Ide Ruang Tamu Minimalis Gaya Monokrom

Ide Ruang Tamu Minimalis Gaya Monokrom © Diadona

Ingin tampilan ruang tamu terlihat stylish dan tidak membosankan? Nah, ide ruang tamu satu ini dapat menjadi salah satu pilihan buat kamu tiru. Perpaduan warna hitam dan putih pada ruangan bukan hanya terlihat lebih hidup tetapi juga terlihat elegan dan modern. 

Menerapkan gaya monokrom pada ruang tamu, kamu dapat membagi penggunaan warna pada tampilan interior atau furnitur yang digunakan. Kamu dapat memilih cat dinding dan lantai berwarna putih atau netral cerah. Sedangkan, penggunaan warna gelap dapat kamu tonjolkan dari warna furnitur. 

 

27 dari 30 halaman

Ide Ruang Tamu Minimalis Gaya Japandi

Ruang Tamu Minimalis Gaya Japandi © Diadona

Tentunya kamu tidak heran jika desain ruang tamu dengan gaya japandi ini memiliki nuansa yang hangat dan menenangkan. Tampilannya yang ramah dan homey membuat betah berlama-lama untuk duduk. 

Gaya japandi ini memang memiliki desain yang cukup sederhana dengan tidak terlalu banyak menggunakan bermacam ornamen atau warna. Penggunaan sentuhan aksen kayu dan warna netral serta tanaman indoor pada ruang menciptakan kesan yang alami dan cozy. Selain itu, memaksimalkan pencahayaan ruang menjadikannya terlihat cerah nan menawan. 

28 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis Gaya Industrial

Ide Ruang Tamu Minimalis Gaya Industrial © Diadona

Membuat desain ruang tamu dengan gaya industrial, kenapa tidak? Gaya industrialis ini cukup diminati terutama pada kalangan millenial. Desain industrialis ini cukup berbeda dengan desain sebelumnya yang benar-benar jadi atau finish. Sedangkan, pada konsep desain industrialis adalah unfinish atau setengah jadi. 

Pada desain ruang tamu ini, kamu dapat menonjolkan kesan unfinish dari bata ekspos, langit-langit dengan tampilan yang masih plester atau lantai plester. Agar terlihat semakin industrialis, kamu dapat menambahkan lampu gantung unik dan hiasan monokrom yang membuat tampilan terlihat industrialis elegan. 

29 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis dengan Sentuhan Boho

Ruang Tamu Minimalis dengan Sentuhan Boho © Diadona

Pernahkah kamu terpikirkan untuk membuat ruang tamu dengan desain yang kreatif dan unik? Jika iya, maka desain ruang tamu minimalis dengan sentuhan bohemian ini dapat menjadi rekomendasi untuk kamu. Desain dengan sentuhan bohemian ini cukup diminati karena menghadirkan suasana nyaman dan hidup. 

Ruang tamu dengan nuansa bohemian ini kamu dapat menggunakan warna krem untuk menciptakan suasana ruangan yang hangat. Aksen juga dapat digunakan untuk memberikan tampilan cantik seperti keranjang anyaman, meja rotan, tatakan kayu dinding dan elemen dekoratif dari kayu lainnya. 

Selain itu, bentuk unik dari kursi tamu tunggal dan meja rotan ini memberikan kesan yang unik dan kreatif bagi tampilan ruang tamu. 

30 dari 30 halaman

Ruang Tamu Minimalis Scandinavian

Ruang Tamu Minimalis Scandinavian © Diadona

Rekomendasi ide yang terakhir adalah ruang tamu dengan gaya skandinavia. Interior dari gaya skandinavia ini yaitu modern, simpel, dan fungsional. Yap, desain skandinavia ini terbilang simpel dan tidak banyak macam ornamen yang digunakan dan identik penggunaan warna netral sebagai dasarnya. 

Pada desain ruang tamu tersebut, menggunakan warna krem sebagai dasarnya untuk menciptakan tampilan bersih dan nyaman pada ruangan. Aksen kayu pada desain ini juga gak ketinggalan nih untuk menghadirkan kesan alami dan hangat. Untuk semakin mempercantik tampilan, memberikan ornamen dinding yang bertekstur untuk menambah visual dan estetika ruang tamu. 

Yap, itulah beberapa ide ruang tamu minimalis yang bisa kamu terapkan di rumah. Jadi sudah terbayang belum untuk menerapkan model desain yang mana nih? Ditulis di kolom komentar ya, Diazens! 

Penulis : Aulia Amanda Safitri, Dhewi Larasati

Beri Komentar