10 Tren Interior Dapur Minimalis, Ukuran Tidak Jadi Masalah

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 27 Oktober 2023 16:07
10 Tren Interior Dapur Minimalis, Ukuran Tidak Jadi Masalah
Interior dapur minimalis kini hadir dengan berbagai desain yang cantik meski dibangun di ruangan yang tak terlalu luas, tapi hasilnya bisa maksimal dan efisien menampung segala kebutuhan memasak

Interior dapur minimalis selalu asik untuk dibahas apalagi jika kamu tipe orang yang sangat memperhatikan nilai estetika. Ruangan yang paling sering dikunjungi seluruh anggota keluarga ini bisa diatur penataannya sekaligus memilih elemen dekorasi yang bisa menunjang penampilan dapur. Keuntungan lain yang bisa dirasakan selain faktor estetika adalah aktivitas memasak di dapur akan jadi lebih nyaman. 

Salah satu ciri khas dari interior dapur minimalis adalah menggunakan warna netral yang memberikan kesan bersih dan terorganisir. Selain itu furnitur dan elemen dekorasi lainnya juga mempengaruhi tampilan interior seperti pemilihan perabotan atau peralatan dapur dengan warna tertentu.

Ingat bahwa konsep desain minimalis mengutamakan kesederhanaan, biasanya dalam bentuk-bentuk geometris sederhana, garis lurus, dan permukaan yang rata, dengan sedikit, atau tanpa dekorasi berlebihan. 

Kesederhanaan dalam interior dapur minimalis juga tercermin dalam tata letak ruangan. Semua elemen dapur ditempatkan sedemikian rupa untuk memaksimalkan penggunaan ruang. Jika dilihat dari tren saat ini ada banyak sekali variasi desain yang bisa diterapkan pada dapur minimalis di rumah kamu.

Konsep ini memiliki banyak sekali peminat ditengah gaya hidup yang serba modern. Bukan tanpa alasan, desain yang minimalis cocok diterapkan pada semua kondisi dan ukuran dapur yang luas maupun sempit. 

Ingin punya dapur minimalis impian di rumah kamu? Jangan khawatir kali ini, kami akan sajikan 10 tren interior dapur minimalis yang tentunya kekinian banget! Ini dia contoh gambar beserta penjelasannya.

1 dari 10 halaman

Interior Dapur Minimalis Konsep Peninsula

Interior Dapur Minimalis © Diadona

Dapur peninsula adalah jenis interior dapur minimalis yang menggabungkan ide dapur lemari dengan ide dapur pulau. Dalam dapur ini, biasanya dilengkapi dengan rak dapur yang terpasang di dinding seperti dapur biasa dan ada meja tanam yang terbuat dari semen seperti pulau yang bisa kamu manfaatkan untuk meletakkan makanan. Ini adalah solusi yang bagus jika kamu punya ruang yang terbatas atau tata letak yang tidak mendukung untuk dapur. 

Dengan adanya peninsula, kamu bisa memaksimalkan penggunaan ruang dan memiliki lebih banyak tempat untuk memasak, menyiapkan makanan, dan bahkan makan. Selain itu, desain dapur minimalis satu ini bisa menciptakan tempat yang nyaman untuk berbincang sambil memasak, sehingga kamu tetap bisa berbincang sambil mengurus urusan dapur.

2 dari 10 halaman

Interior Dapur Minimalis Bergaya Jepang

Interior Dapur Minimalis © Diadona

Interior dapur minimalis bergaya Jepang memiliki unsur-unsur alami sangat ditekankan, dengan penggunaan kayu, batu, dan bambu sebagai material utama. Warna netral sering digunakan dalam desain Jepang, seperti putih, coklat muda, dan hijau daun, yang menciptakan suasana yang tenang dan damai. 

Lemari dapur dalam desain ini umumnya memiliki desain yang bersih dan sederhana dengan pintu geser atau lipat, sehingga memberikan tampilan yang rapi dan tidak berantakan. Interior dapur minimalis bergaya Jepang juga sering menghindari dekorasi berlebihan dan meminimalkan peralatan yang terlihat, sehingga menciptakan tampilan yang clean dan terorganisir.

3 dari 10 halaman

Interior Dapur Minimalis Untuk Apartemen

Interior Dapur Minimalis © Diadona

Interior dapur minimalis untuk apartemen adalah desain yang sangat cocok untuk ruang terbatas dan kebutuhan efisiensi. Penyimpanan yang efisien adalah kunci dalam dapur apartemen minimalis yang kini sedang trend. Biasanya Lemari dapur dirancang dengan pintu-pintu atau laci-laci yang rapi untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan. 

Selain itu, untuk memberikan nuansa minimalis, meja makan atau area duduk sering disatukan dengan area dapur untuk memaksimalkan penggunaan ruang.

Furnitur dan aksesori, seperti kursi dan perabotan juga memiliki desain yang simpel dan seringkali terbuat dari bahan ringan, seperti logam, plastik, atau kayu yang mudah bergerak dan disesuaikan dengan kebutuhan.

4 dari 10 halaman

Interior Dapur Minimalis Terbuka Dengan Area Luar

Interior Dapur Minimalis © Diadona

Interior dapur minimalis terbuka dengan area luar adalah desain yang menghubungkan dapur dalam ruangan dengan ruang luar, seperti taman atau teras. Dalam desain ini, menggunakan warna-warna netral seperti putih atau abu-abu, dan sentuhan warna kayu alami.

Tak banyak aksen gaya, kabinet rak pada dapur ini punya desain yang simpel dengan efek glossy semakin memancarkan kesan elegan.

Pintu atau jendela kaca besar jadi penghubung dapur dengan luar, sehingga sinar matahari dan udara segar dapat masuk. Area luar dilengkapi dengan meja dan kursi untuk makan dan bersantai, serta pencahayaan yang cocok untuk suasana malam hari. 

5 dari 10 halaman

Interior Dapur Minimalis Warna Pastel

Interior Dapur Minimalis © Diadona

Memiliki interior dapur minimalis berwarna pastel bisa jadi pilihan jika kamu ingin tampil beda dari biasanya. Warna pastel seperti mint, lavender, baby blue, pink, atau kuning muda akan membuat tampilan dapur kamu semakin lucu dan tentunya lebih fresh. Kamu bisa kombinasikan warna pastel dengan warna putih yang cocok untuk segala warna.

Jika tidak ingin polosan, gunakan corak marmer pada dinding dapur atau alas meja untuk tampilan yang lebih mewah. Lebih lagi jika kamu tambahkan sentuhan warna gold pada kerangka kursi akan terlihat semakin elegan. 

6 dari 10 halaman

Interior Dapur Minimalis Yang Terhubung Dengan Ruang Makan

Interior Dapur Minimalis © Diadona

Interior dapur minimalis yang terhubung dengan ruang makan adalah desain yang menggabungkan dua area penting dalam rumah dengan cermat. Dalam desain ini, dapur dan ruang makan berada dalam satu ruangan atau memiliki akses yang mudah di antara keduanya.

Ruang makan biasanya ditempatkan berdekatan dengan dapur atau dalam jarak yang mudah dijangkau, membuatnya nyaman untuk makan bersama. 

Meja makan dan kursi bisa kamu sesuaikan dengan desain ruangan. Pencahayaan adalah elemen penting, dengan lampu gantung di atas meja makan atau pencahayaan langit-langit yang menciptakan suasana yang menyenangkan selama makan.

7 dari 10 halaman

Interior Dapur Minimalis Serba Putih

Interior Dapur Minimalis © Diadona

Interior dapur minimalis serba putih masih jadi favorit masyarakat sampai saat ini. Warna putih menciptakan kesan ruang yang lapang serta memberikan tampilan yang bersih dan rapi. Agar kamu tidak mudah bosan, coba tambahkan aksen warna lain untuk memberikan sedikit variasi visual atau kontras.

Misalnya, perabotan, piring, lantai, atau tanaman hias dengan warna-warna cerah atau aksen seperti hitam, kayu, dan stainless steel bisa digunakan untuk menambahkan sentuhan visual yang menarik.

8 dari 10 halaman

Interior Dapur Minimalis Dengan Meja Bulat

Interior Dapur Minimalis © Diadona

Meja bulat dalam interior dapur minimalis adalah elemen desain yang memberikan sentuhan khusus pada ruang tersebut. Meja bulat cenderung menonjol dalam tampilan minimalis, karena bentuknya yang lembut dan mengundang menciptakan kontras dengan garis-garis lurus dan sudut tajam yang sering ditemukan dalam desain minimalis.

Biasanya, meja bulat dalam dapur minimalis memiliki desain yang simpel dengan permukaan yang rata dan minimal dekorasi. Material meja dapat bervariasi, mulai dari kayu dengan serat halus hingga bahan modern seperti fiberglass atau stainless steel.

Pilihan material tergantung pada estetika dan preferensi pribadi. Selain itu kamu bisa menambahkan pencahayaan di atas meja dengan lampu pendant atau lampu gantung agar tampak estetik.

9 dari 10 halaman

Interior Dapur Minimalis Tampilan Mewah

Interior Dapur Minimalis © Diadona

Jika kamu ingin menampilkan interior dapur minimalis yang mewah namun tetap minimalis, maka kamu bisa gunakan lantai berbahan marmer atau keramik yang memiliki corak marmer. Dengan sedikit sentuhan marmer sudah bisa menyulap tampilan dapur kamu jadi lebih mewah.

Selain marmer, elemen dekoratif lainnya yang bisa jadi nilai tambah estetika adalah warna gold pada kerangka kursi, lampu kristal yang menggantung di atas meja makan, dan lampu LED yang mengelilingi lemari dapur.

10 dari 10 halaman

Interior Dapur Minimalis Marmer Hitam

Interior Dapur Minimalis © Diadona

Marmer hitam pada interior dapur minimalis dapat memberikan tampilan yang sangat elegan dan kuat pada ruang dapur. Warna hitam marmer menonjolkan pola dan tekstur alami yang khas pada lantai, biasanya memiliki corak garis-garis putih atau abu-abu yang kontras. Dengan kombinasi warna ini, marmer hitam memberikan sentuhan mewah yang elegan.

Warna-warna lain yang sering dikombinasikan dengan marmer hitam diantaranya putih, abu-abu, atau krem untuk memberikan kontras. Jika kamu ingin tampilan lebih dramatis, maka pilihlah pencahayaan yang bagus dengan berbagai variasi lampu mulai dari lampu LED hingga lampu sorot. 

Demikianlah 10 tren interior dapur minimalis yang bisa jadi inspirasi dalam merenovasi dapur rumah kamu. Apapun ukuran dan gaya rumah kamu, jangan ragu untuk mencoba desain dapur minimalis diatas. Selamat merancang dapur impian kamu Diazen!

Editor: Tiara Martha Asnadhinata

Beri Komentar