7 Inspirasi Desain Cafe di Rumah yang Cozy dan Kekinian dengan Low Budget

Reporter : Riza Umami
Rabu, 6 September 2023 15:37
7 Inspirasi Desain Cafe di Rumah yang Cozy dan Kekinian dengan Low Budget
Desain Cafe di rumah yang Instagramable mulai dari tema natural hingga unik berwarna. Tentukan inspirasi pilihan desain untuk cafe mu!

Desain cafe di rumah ini cocok buat kamu yang mager keluar tapi pengen nongkrong atau buat kamu yang mau buka usaha cafe tapi mahal kalau harus sewa tempat yang bagus dan aesthetic. Buatlah cafe sendiri di rumah dengan desain yang bisa kamu sesuaikan sama selera kamu. Membuat cafe nggak harus punya halaman yang luas dan bangunan yang besar Manfaatkan halaman kosong di depan rumah atau bagian dalam rumahmu untuk disulap jadi cafe mini dengan desain minimalis yang nggak kalah dengan kafe lainnya. 

Cafe selain menjadi tempat nongkrong terutama bagi para muda mudi, juga menjadi ajang pamer di media sosial bagi pengunjung yang hobi mengabadikan foto dengan latar tempat aesthetic dan kekinian. Cafe selain menawarkan kenyamanan bagi para pengunjung juga harus merancang desain yang menarik untuk memuaskan mata. Banyak desain yang bisa kamu usung untuk membuat cafemu terlihat menarik.

Tapi masih bingung desain apa yang cocok? Desain apa yang cocok untuk cafe outdoor? Atau indoor? Tenang Diazens, Diadona punya inspirasi desain yang bisa kamu jadikan referensi yang pas buat cafemu supaya makin menarik dan instagramable deh. Yuk simak apa aja sih desain nya! 

 

1 dari 7 halaman

Cafe Minimalis Natural di Halaman Rumah

Desain Cafe di Rumah © Diadona

Desain cafe di rumah yang memanfaatkan halaman depan menjadi tempat bersantai atau nongkrong nyaman dan terlihat adem. Dengan interior bangunan dominan warna putih dan properti berwarna cokelat kayu membuat cafe terlihat natural. Penggunaan tanaman teduh membuat cafe terlihat lebih cozy dan tidak perlu takut kepanasan bagi pengunjung ketika siang hari ini. 

Bagi Diazens yang setuju dengan cafe bernuansa natural bisa memperhatikan interior yang digunakan seperti warna tembok dan properti yang digunakan.

2 dari 7 halaman

Cafe Minimalis Natural di Teras

Desain Cafe di Rumah © Diadona

Desain cafe di rumah dengan teras tertutup juga hampir sama dengan sebelumnya. Jika kamu memiliki teras rumah yang tertutup tetapi bingung harus didesain bagaimana dan yang cocok seperti apa, kamu dapat menambahkan interior berupa tanaman ruangan untuk menambah kesan lebih hidup.

Agar desain tetap terlihat sederhana, kamu dapat menggunakan properti meja atau kursi dengan warna putih atau cokelat kayu dengan corak yang tidak terlalu ramai agar suasana cafe tetap terlihat minimalis.

3 dari 7 halaman

Cafe Minimalis dengan Payung Tenda

Desain Cafe di Rumah © Diadona

Desain cafe di rumah dengan menggunakan payung tenda juga menambah kesan apik pada cafe. Bagi kamu yang kurang suka tanaman teduh di area indoor cafe, kamu dapat menggunakan payung tenda pada setiap meja sebagai pilihan yang efektif agar pengunjung tidak kepanasan.

Sementara itu, untuk interior tembok kamu dapat menggunakan model coster terakota berwarna putih. Pada halamannya sendiri kamu dapat memberikan sentuhan berupa kerikil dominan warna putih atau cokelat yang mana menambah tampilan yang sangat estetik.

4 dari 7 halaman

Cafe Minimalis Ala Jadul

Desain Cafe di Rumah © Diadona

Desain cafe di rumah yang mengusung tema jadul ini cocok bagi kamu yang suka desain yang bernuansa vintage. Kalau kamu punya barang-barang antik atau barang jadul di rumah, kamu dapat menggunakannya sebagai properti untuk cafe mu. Desain ini juga bisa bisa jadi alternatif kamu yang ingin punya cafe dengan budget yang murah dengan memanfaatkan barang-barang jadul peninggalan keluarga yang berada di rumah.

Properti yang diperlukan juga cukup simpel yakni meja kursi dengan bentuk biasa, kaset atau buku kuno, dan hiasan tembok yang dominan monokrom. Dengan desain seperti ini akan membangun vibes seperti ‘di rumah nenek’ bagi pengunjung yang datang.

5 dari 7 halaman

Cafe Minimalis Ala Warung

Desain Cafe di Rumah © Diadona

Nah ide desain ini bisa jadi cocok buat kamu yang pengen punya cafe tapi nggak ada space halaman yang luas. Desain cafe di rumah ini dapat kamu kreasikan seperti warung-warung yang biasanya menyediakan tempat duduk yang terbatas hanya di depan dapur pembuatan.

Seperti desain di atas, dengan interior tembok keramik berwarna putih, terdapat hiasan kayu di atas dan di sisi tembok, serta batu pondasi unfinish terlihat lebih sederhana tetapi bernuansa modern dan klasik.

6 dari 7 halaman

Cafe Minimalis Rumah Lama

Desain Cafe di Rumah © Diadona

Bagi kamu yang mempunyai rumah yang sudah lama nggak ditinggali atau desainnya udah nggak bagus, eitts jangan salah! Kamu bisa memanfaatkannya menjadi tempat yang dapat menghasilkan uang. Ini juga bisa jadi ide desain cafe yang low budget buat kamu.

Desain cafe di rumah lama ini menjadi minat tersendiri bagi para pengunjung yang menyukai nuansa cafe hangat dan damai yang kontras dengan kesan klasik modern. Dengan ornamen tembok keropos atau berlumut, lantai plester, dan papan kayu pada langit-langitnya, desain cafe sudah terlihat aesthetic. Kamu hanya perlu penataan sedikit pada posisi properti cafe agar terlihat lebih sempurna.

7 dari 7 halaman

Cafe Minimalis di Kebun Rumah

Desain Cafe di Rumah © Diadona

Desain cafe di rumah dibangun di area kebun ini menjadi ide yang menarik bagi kamu yang suka desain unik. Jika biasanya cafe rumahan di area halaman atau dalam ruangan saja, kini kamu bisa mengkreasikan cafe di kebun rumahmu.

Desain ini tetap menampilkan kesan minimalis dari tembok warna putih dan pintu kaca dengan bingkai kayu. Selain itu, tambahan interior seperti lampu-lampu gantung atau lampu tembok dengan bohlam kuning untuk menambah kesan aesthetic. 

Itu tadi 7 ide desain cafe di rumah yang sudah redaksi Diadona kasih nih. Gimana Diazens sudah ada bayangan belum mau desain cafemu bagaimana? Yuk segera tentukan desainmu!

Penulis: Aulia Amanda Safitri

Beri Komentar