18 Tahun Idap Diabetes, Begini Kondisi Terbaru Suti Karno yang Putuskan Untuk Amputasi Kakinya

Reporter : Kurnia
Rabu, 28 Desember 2022 11:41
18 Tahun Idap Diabetes, Begini Kondisi Terbaru Suti Karno yang Putuskan Untuk Amputasi Kakinya
Suti Karno memutuskan untuk memotong salah satu kakinya akibat diabetes

Lama tak terlihat di layar kaca, Suti Karno hadir dan membawa kabar yang cukup mengejutkan publik.

Artis yang populer di sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu menyatakan telah mengamputasi kaki kanannya akibat diabetes yang ia idap selama 18 tahun terakhir ini.

Tetap eksis di sosial media, Suti pun tergolong kerap mengunggah aktivitasnya melalui sosial media pribadinya.

1 dari 6 halaman

Setelah mengamputasi kakinya, hingga detik ini pemeran Atun itu masih berjuang untuk melawan penyakit diabetes yang menggerogoti tubuhnya.

" Saya diabetes itu sudah sampai hampir 18 tahun saat anak saya masih kecil," ungkap Suti Karno yang dilansir dari laman RUMPI pada Rabu, (28/12/2022).

Sudah lama mengidap diabete, Suti Karno ungkap jika penyakit yang dideritanya adalah kesalahannya ketika masih muda. Menurut pengakuannya, Suti adalah sosok yang jarang minum air putih dan lebih suka menghapus dahaga dengan minum-minuman manis dan bersoda.

2 dari 6 halaman

" Kesalahan kita waktu muda nggak pernah dengerin orang tua ngomong. Karena saya tidak pernah minum air putih, saya selalu minum, minuman bersoda, sama sekali saya tidak pernah minum air putih. Umur saya 56 tahun, saya baru minum air putih itu 18 tahun lalu," lanjutnya.

Tak mau penyakitnya terus menjalar, Suti bahkan meminta pada dokter untuk mengamputasi salah satu kakinya jika itu diperlukan dan bisa menghambat penjalaran luka di tubuhnya.

" Karena kan merambat itu luka saya. Karena yang ngalami saya, jadi pembuluh darah saya sudah rusak bagian atas. Saya bilang dok kenapa nggak potong saja deh udah," ujar Suti Karno seperti dilansir dari RUMPI.

3 dari 6 halaman

Tak menyesal, Suti pun ungkap telah menyiapkan mental setelah mengambil keputusannya tersebut untuk memotong salah satu kakinya.

" Siap banget. Kehilangan (amputasi), yang pasti saya minta ampun sama Allah karena ciptaan Dia saya rusak. Saya kurang mencintai diri saya dulu," ungkapnya.

Masih beradaptasi, hingga detik ini Suti diketahui belum bisa beraktivitas secara normal seperti sebelumnya. Meski begitu, Suti Karno terlihat sering hadir di sejumlah acara tertentu walaupun kini harus memakai kursi roda.

4 dari 6 halaman

" Pastinya (ada), 2 bulan yang lalu diamputasi kaki saya. Jadi saya belum bisa beraktivitas seperti normal," jelas Suti Karno.

Sudah diamputasi, Suti Karno berencana untuk memakai kaki palsu. Arti yang merupakan anak kelima dari enam bersaudara ini pun berharap bisa memakai kaki palsu dalam waktu 2 bulan.

" Mudah-mudahan 1 sampai 2 bulan ke depan saya bisa pakai kaki palsu," kata Suti Karno.

5 dari 6 halaman

Sementara itu, Suti Karno saat ini diketahui tengah menjalani fisioterapi pasca amputasi. Meski tak lagi sempurna seperti dulu, Suti mengaku bersyukur karena masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT.

" Sekarang ini saya lagi jalani fisioterapi. Ya, mudah-mudahanlah, saya kan yang penting kita masih punya semangat, yang penting Allah masih kasih kesempatan kita untuk berbuat baik," lanjut Suti.

Semoga Suti selalu diberikan kesehatan dan segera disembuhkan ya, Diazens.

Beri Komentar