10 Inspirasi Desain Ruang Tamu Tema Vintage yang Segar dan Memanjakan Mata

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 17 November 2023 15:12
10 Inspirasi Desain Ruang Tamu Tema Vintage yang Segar dan Memanjakan Mata
Inspirasi desain ruang tamu kali ini bisa bikin ruanganmu makin hidup, terlebih ditambah dengan tanaman penyejuk udara, suasana hunianmu makin sejuk!

Ruang tamu menjadi pusat terpenting dalam rumah. Ruangan ini menjadi area yang paling banyak dilihat orang ketika berkunjung ke rumah kita. Ruang tamu sering menjadi tempat utama untuk bersosialisasi dengan keluarga, teman, atau orang lain. Oleh karena itu diperlukan adanya inspirasi desain ruang tamu yang tepat agar membuat tamu merasa nyaman ketika berkunjung menjamu tamu ke rumah kita.

Penghuni rumah minimalis biasanya memilih dekorasi atau desain ruang tamu sesuai dengan preferensi mereka atau mengikuti gaya dekorasi rumah. 

Inspirasi desain ruang tamu kini telah hadir di berbagai platform internet, sehingga memudahkan penghuni rumah untuk mencari referensi dalam membuat ruang tamu agar tampak lebih estetis. Desain yang baik dan bersih dapat menciptakan kesan yang baik ketika menyambut tamu dan bahkan dapat memberikan suasana nyaman bagi penghuni rumah yang elegan. Melalui pemilihan perabotan, warna dan dekorasi, ruang tamu dapat menjadi cermin dari kepribadian penghuni rumah.  

Banyak kenangan keluarga dan pertemuan bersama tercipta di ruang tamu. Tempat ini sering menjadi saksi dari momen-momen penting dalam kehidupan keluarga seperti ulang tahun, pertemuan keluarga hingga perayaan lamaran. Tak heran jika inspirasi desain ruang tamu banyak dijadikan referensi bagi pemilik rumah agar memudahkannya untuk menata tata letak ruangan dan membuat tamu lebih berkesan dan betah ketika berkunjung. 

Untuk kamu yang sedang mencari inspirasi desain ruang tamu, tak perlu khawatir karena kami telah menyiapkan sejumlah referensi menarik yang dapat kamu tiru. Yuk simak artikel di bawah ini!

 

1 dari 10 halaman

Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis

Inspirasi Desain Ruang Tamu © Diadona

Jika kamu memiliki hunian berukuran terbatas, coba untuk menerapkan inspirasi desain ruang tamu minimalis seperti contoh di atas. Pilih palet warna netral seperti putih atau beige untuk memberikan tampilan yang bersih dan lapang.

Lengkapi juga dengan furnitur atau elemen interior yang sederhana seperti sofa putih dengan meja kayu minimalis untuk menghindari dekorasi yang berlebihan. Jika ingin menambahkan sentuhan artistik, pertimbangkan untuk menempatkan satu lukisan karya seni yang ditempel pada dinding.

2 dari 10 halaman

Inspirasi Desain Ruang Tamu Perpaduan Retro dan Modern

Inspirasi Desain Ruang Tamu © Diadona

Perpaduan retro dan modern dalam inspirasi desain ruang tamu dapat menciptakan tampilan yang menarik dan unik. Pilih furnitur yang terinspirasi dari desain era retro dengan sentuhan modern seperti kursi dengan kerangka kayu dengan menggunakan busa sofa terkini.

Kamu dapat menambahkan pola geometris atau motif abstrak pada karpet dan bantal sofa. Untuk memberikan sentuhan autentik retro tambahkan lampu meja klasik, radio retro, pigura dengan seni abstrak yang menempel pada dinding. 

 

3 dari 10 halaman

Inspirasi Desain Ruang Tamu Bernuansa Monokrom

Inspirasi Desain Ruang Tamu © Diadona

Konsep monokrom selalu menjadi pilihan yang menarik untuk ditempatkan pada ruangan dalam rumah, salah satunya sebagai inspirasi desain ruang tamu. Desain ruang tamu bernuansa monokrom dapat menonjolkan penggunaan palet warna hitam, putih dan abu-abu yang dapat menciptakan tampilan bersih, elegan dan serasi.

Kamu dapat menggunakan cat ruang tamu berwarna putih yang mendominasi, kemudian sofa bernuansa abu untuk menciptakan kesan monokrom yang serasi. Gunakan aksen hitam pada elemen interior ruangan seperti meja dengan finishing hitam dan kursi dengan kerangka hitam.

 

4 dari 10 halaman

Inspirasi Desain Ruang Tamu dengan Gaya Rustik Vintage

Inspirasi Desain Ruang Tamu © Diadona

Jika ingin menghadirkan suasana yang hangat dan nyaman dalam rumah, cobalah untuk menerapkan inspirasi desain ruang tamu bergaya rustik vintage. Desain ruang tamu tersebut terinspirasi dari konsep alam menggunakan palet warna coklat, cream untuk menciptakan tampilan yang hangat dan alami.

Konsep rustik vintage memiliki selalu didominasi oleh furnitur dengan material kayu seperti kursi vintage, meja dengan kerangka kayu, lemari kayu untuk menyimpan koleksi buku, hingga dekorasi dinding bergaya rustik. Tambahkan karpet dengan pola vintage untuk memberikan kehangatan pada ruang tamu.

 

5 dari 10 halaman

Inspirasi Desain Ruang Tamu di Area Outdoor

Inspirasi Desain Ruang Tamu © Diadona

Kamu bosan dengan ruang tamu di dalam rumah? Cobalah untuk menerapkan inspirasi desain ruang tamu di area outdoor dengan memanfaatkan teras depan rumah. Ruang tamu seperti contoh di atas dapat menciptakan lingkungan segar yang menyenangkan cocok untuk bersantai dan berbincang dengan keluarga atau tamu yang berkunjung.

Pastikan jika furnitur ruang tamu tahan terhadap cuaca luar, kamu dapat menggunakan sofa dan meja dari material rotan sintetis atau kayu yang tahan terhadap atmosfer luar ruangan. Jika memungkinkan tambahkan karpet outdoor untuk memberikan sentuhan dekoratif. Seru banget kan kalau ngobrol bareng tamu sambil memandang taman minimalis atau sekadar sambil menghirup udara sekitar rumahmu yang sejuk.

 

6 dari 10 halaman

Inspirasi Desain Ruang Tamu Bernuansa Tropis

Inspirasi Desain Ruang Tamu © Diadona

Model selanjutnya juga dapat menghadirkan nuansa segara pada area ruang tamu. Ya, inspirasi desain ruang tamu bernuansa tropis yang  kini cukup digandrungi oleh pemilik rumah. Pilih tanaman hias seperti bunga monstera, palem atau pakis untuk menciptakan tampilan alami dan mendukung nuansa tropis pada ruang tamu.

Gunakan kerangka kursi dan meja dari material kayu yang dilengkapi dengan sofa bernuansa hijau agar memperkuat sentuhan tropis pada furnitur. Sebagai dekorasi ruang tamu, tambahkan lampu gantung dari anyaman rotan untuk memberikan nuansa dramatis nan hangat di malam hari.

7 dari 10 halaman

Inspirasi Desain Ruang Tamu dengan Sentuhan Industrial

Inspirasi Desain Ruang Tamu © Diadona

Inspirasi desain ruang tamu dengan sentuhan industrial paling populer digunakan pada hunian generasi millenial. Desain industrial mampu menciptakan tampilan yang keren dan urban terinspirasi dari elemen pabrik atau gudang.

Gunakan lampu dekoratif dengan elemen logam dan dinding batu bata ekspos berwarna putih untuk menciptakan atmosfer industrial yang menawan. Sedangkan pada area sofa, pilih warna coklat yang sesuai dengan dinding batu bata ekspos agar menciptakan kombinasi yang serasi. 

 

8 dari 10 halaman

Inspirasi Desain Ruang Tamu Bernuansa Coklat yang Nyaman

Inspirasi Desain Ruang Tamu © Diadona

Warna coklat sering digunakan sebagai cat warna dinding atau elemen dekoratif ruangan, karena mampu memberikan nuansa yang hangat dan elegan. Salah satunya inspirasi desain ruang tamu di atas. Gunakan palet warna bernuansa hangat seperti coklat, beige, dan krem pada lapisan dinding atau furnitur ruangan.

Pilih sofa berwarna beige untuk memberikan kesan yang mewah dan menciptakan kombinasi yang kontras dengan ruangan. Tambahkan karpet berbulu di bawah meja untuk memberikan kelembutan dan kenyamanan bagi tamu yang berkunjung.

 

9 dari 10 halaman

Inspirasi Desain Ruang Tamu Bergaya Modern Kontemporer

Inspirasi Desain Ruang Tamu © Diadona

Inspirasi desain ruang tamu bergaya modern kontemporer juga sangat diminati oleh berbagai kalangan. Karena desain kontemporer sering mengutamakan kesederhanaan, estetika dengan memanfaatkan penggunaan teknologi modern.

Untuk memberikan sentuhan modern, cobalah menggunakan palet warna putih untuk melapisi dinding. Gunakan dekoratif modern seperti sofa berwarna hitam dilengkapi dengan lampu gantung dari logam untuk menciptakan tampilan kontemporer dan futuristik. Tambahkan karya seni dinding artistik untuk menghidupkan nuansa kontemporer modern.

10 dari 10 halaman

Inspirasi Desain Ruang Tamu Bertema Bohemian

Inspirasi Desain Ruang Tamu © Diadona

Rekomendasi terakhir yang dapat kamu coba adalah inspirasi desain ruang tamu dengan tema bohemian. Gunakan palet warna bernuansa netral seperti perpaduan putih dan coklat untuk melapisi dinding dan mengisi furnitur ruangan.

Tambahkan kursi dengan kerangka kayu dilengkapi bantal berwarna netral untuk menciptakan nuansa bohemian yang menawan. Hiasi ruang tamu dengan perabotan vintage untuk memberikan karakter bohemian, seperti kursi gantung rotan, lampu gantung dari anyaman hingga karpet dengan motif yang khas. Tambahkan tanaman hias untuk menghidupkan area ruang tamu menjadi lebih alami. 

Itulah 10 inspirasi desain ruang tamu yang dapat kamu jadikan referensi untuk mempercantik ruangan. Dari sejumlah inspirasi tersebut, adakah yang menarik perhatianmu? Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan area ruang tamu ya! Agar memberikan kenyamanan bagi tamu yang berkunjung. 

 

EditorAn Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar