10 Rumah Gubuk Bambu Minimalis yang Kekinian dan Modern

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 10 November 2023 20:15
10 Rumah Gubuk Bambu Minimalis yang Kekinian dan Modern
Rumah gubuk bambu minimalis bisa tampak cantik meski hanya membutuhkan budget yang ekonomis dengan desain-desain berikut!

Menghadirkan konsep rumah gubuk bambu minimalis di tengah hunian modern akan menciptakan kesan anti mainstream dengan mempunyai pesona tersendiri. Rumah gubuk minimalis mungkin sering ditemui pada area pedesaan, namun tak bisa dipungkiri jika daerah perkotaan juga bisa menerapkan konsep rumah gubuk bambu minimalis untuk menciptakan nuansa alami di tengah hiruk pikuk wilayah perkotaan. Kehadiran bambu-bambu di tengah hunian rumah gubuk tersebut mampu menambah kesan natural. 

Rumah gubuk bambu minimalis menggunakan bambu sebagai bahan utama konstruksi bangunannya, biasanya banyak ditemukan pada daerah dengan sumber daya bambu yang melimpah. Material bambu dapat menciptakan kesan artistik yang seakan-seakan membawa kita pada nuansa pedesaan asri.

Desain rumah ini biasanya memiliki model yang sederhana dan minimalis dengan ruang yang terbatas. Oleh karena itu penting bagi penghuni rumah untuk mengatur tata letak ruangan dengan baik, agar hunian tidak terkesan sempit.

Desain rumah gubuk bambu minimalis seringkali berfokus pada keefisienan ruang dan fungsionalitas ruang. Karena memiliki ruang yang terbatas, rumah gubuk bambu minimalis terkadang dijadikan sebagai penginapan atau villa.

Meskipun memiliki keterbatasan ruang, hunian ini dapat direnovasi menjadi rumah tinggal yang lebih modern dengan penambahan fasilitas yang lebih lengkap mencakup area taman, dapur, ruang tamu, kamar mandi modern yang disesuaikan dengan preferensi atau kebutuhan pemilik rumah. 

Kamu penasaran bagaimana model rumah gubuk bambu minimalis terkini? Yuk cari tahu sejumlah referensinya pada artikel di bawah ini!

 

1 dari 10 halaman

Rumah Gubuk Bambu Minimalis Sederhana

Rumah Gubuk Bambu Minimalis © Diadona

Inspirasi pertama kali ini merupakan rumah gubuk minimalis sederhana yang cukup populer ditemukan pada hunian pedesaan. Hunian tersebut biasanya memiliki ruang terbatas yang digunakan untuk berbagai keperluan termasuk satu ruang kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, dan dapur.

Agar sirkulasi udara dan sinar matahari dapat masuk dengan baik, pertimbangkan untuk memasang jendela di sisi depan rumah atau samping area rumah. Sehingga rumah kamu dapat mengoptimalkan penggunaan energi ramah lingkungan dengan memanfaatkan cahaya alami saat pagi hingga sore hari. 

 

2 dari 10 halaman

Rumah Gubuk Bambu Minimalis Menggunakan Sentuhan Modern

Rumah Gubuk Bambu Minimalis © Diadona

Rumah gubuk bambu minimalis dengan sentuhan modern merupakan perpaduan gaya arsitektur tradisional dengan elemen modern mencakup desain maupun fasilitas di dalamnya. Sehingga mampu menciptakan hunian yang lebih nyaman, fungsional dan sesuai dengan kebutuhan. 

Untuk memberikan tampilan modern, coba untuk memadukan material bambu dan material modern seperti atap genteng, material kaca atau logam sebagai interior rumah. Kamu dapat menerapkan fasilitas modern seperti kamar mandi yang dilengkapi dengan shower, wastafe, wc duduk untuk meningkatkan kenyamanan penghuni. 

 

3 dari 10 halaman

Rumah Gubuk Bambu Minimalis Dengan Atap Unik

Rumah Gubuk Bambu Minimalis © Diadona

Inspirasi selanjutnya adalah rumah gubuk minimalis dengan atap unik yang dapat menciptakan daya tarik visual menonjol untuk memberikan karakter khas dalam rumah. Atap bambu menyerupai rumah gadang yang menjulang ke atas dapat kamu jadikan inspirasi menarik untuk melindungi rumah. Desain atap ini akan menciptakan rumah yang terlihat lebih lapang dan luas.

Meskipun atapnya mengikuti desain rumah gadang tradisional, konstruksi rumah tersebut umumnya menggunakan bambu sebagai material utama untuk kerangka bangunan dan dinding yang mampu menciptakan sentuhan alami pada rumah. 

 

4 dari 10 halaman

Rumah Gubuk Bambu Minimalis Bernuansa Ala Futuristik

Rumah Gubuk Bambu Minimalis © Diadona

Selain diterapkan pada hunian modern, desain futuristik ternyata juga cocok digunakan pada rumah gubuk bambu minimalis. Ciri khas yang menonjol pada desain futuristik adalah penggunaan kaca atau jendela geser yang mampu memudahkan sirkulasi udara untuk masuk ke dalam rumah.

Eksterior yang dibangun pada desain rumah tersebut memiliki bentuk mendatar dan susunan yang rapat sehingga dapat menciptakan kesan modern. Gunakan interior rumah bergaya modern seperti lampu gantung material logam untuk memberikan kesan hangat dan sentuhan industrial.

5 dari 10 halaman

Rumah Gubuk Bambu Minimalis Berpadu Dengan Tema Tropis

Rumah Gubuk Bambu Minimalis © Diadona

Rumah gubuk bambu minimalis yang dipadukan dengan tema tropis mampu menciptakan hunian yang menyatu dengan lingkungan alam sekitarnya. Pilih palet warna yang terinspirasi oleh desain tropis seperti hijau, biru laut, coklat atau cream dan lainnya.

Warna-warna tersebut mampu menghidupkan tampilan yang alami dan menyegarkan. Tanam tumbuhan tropis pada area sekitar rumah seperti pohon palem, pohon kelapa atau tanaman hias tropis untuk memperkuat kesan alami pada rumahmu.

 

6 dari 10 halaman

Rumah Gubuk Bambu Minimalis Dua Lantai

Rumah Gubuk Bambu Minimalis © Diadona

Pilihan berikutnya yang dapat dijadikan sebagai opsi hunian adalah rumah gubuk bambu minimalis dengan dua lantai. Dengan ukuran yang lebih besar memungkinkan penghuni untuk dapat memisahkan ruang lebih baik dengan hunian lebih lapang. Bambu yang kuat dan tahan lama dapat digunakan sebagai kerangka bangunan mencakup area dinding, atap, bahkan lantai.

Kamu dapat membagi fungsi antara lantai atas dan lantai bawah, sebagai contoh lantai atas digunakan sebagai area ruang tidur sedangkan sisi bawah dipakai sebagai area umum mencakup ruang keluarga, dapur dan kamar mandi. 

 

7 dari 10 halaman

Rumah Gubuk Bambu Minimalis Sebagai Hunian Villa

Rumah Gubuk Bambu Minimalis © Diadona

Selain dijadikan sebagai inspirasi rumah, rumah gubuk bambu minimalis juga dapat dijadikan sebagai ide bisnis untuk mendirikan penginapan atau villa. Konsep rumah ini merupakan ide menarik untuk menciptakan akomodasi liburan yang unik dengan nuansa alami.

Pertimbangkan atap jerami dengan dinding bambu dan jendela berukuran besar untuk melihat pemandangan alam sekitarnya. Villa gubuk bambu minimalis dapat mencakup teras terbuka yang ideal untuk bersantai, berkumpul bersama atau bahkan sekedar menikmati pemandangan alam.

8 dari 10 halaman

Rumah Gubuk Bambu Minimalis Dengan Jacuzzi

Rumah Gubuk Bambu Minimalis © Diadona

Memadukan rumah gubuk bambu minimalis dengan jacuzzi menjadi pilihan yang menarik untuk menciptakan tempat tinggal yang nyaman dan berkesan ala penginapan Bali. Jacuzzi akan memberikan kenyamanan ekstra bagi penghuninya dengan berendam air hangat setelah beraktivitas seharian.

Tentukan lokasi yang ideal untuk jacuzzi, bisa di luar ruangan, di teras atau di dalam rumah gubuk. Pilih material jacuzzi yang sesuai dengan gaya desain rumah gubuk bambu minimalis, material alami berupa batu atau kayu akan menciptakan tampilan yang serasi.

 

9 dari 10 halaman

Rumah Gubuk Bambu Minimalis Bernuansa Tradisional

Rumah Gubuk Bambu Minimalis © Diadona

Untuk kamu yang sedang mendambakan rumah dengan nuansa tradisional, maka pilihan rumah gubuk bambu minimalis seperti di atas bisa dijadikan inspirasi. Rumah ini mampu menciptakan tampilan yang khas dengan mempertahankan keaslian desain gubuk bambu.

Atap jerami atau daun kelapa biasanya identik dengan rumah tradisional dengan memberikan nuansa autentik dan klasik. Pertahankan kerangka atau dinding rumah dengan bambu yang kokoh dan tahan lama untuk memperkuat ciri khas rumah gubuk bambu minimalis. 

 

10 dari 10 halaman

Rumah Gubuk Bambu Minimalis Dengan Taman

Rumah Gubuk Bambu Minimalis © Diadona

Inspirasi terakhir yang dapat kamu jadikan inspirasi adalah rumah gubuk bambu minimalis dengan taman untuk menciptakan ruang yang indah dengan perpaduan keindahan alam. Pertimbangkan untuk menempatkan area taman di depan atau sekitar rumah gubuk dengan menanam tanaman atau pepohonan tropis yang mampu menciptakan nuansa alami dan sejuk.

Tambahkan jalan setapak dari batu alam yang dapat memandu penghuni untuk menjelajahi taman. Sediakan area bersantai dengan tempat duduk atau kursi luar ruangan untuk menikmati keindahan alam. 

Bagaimana Diazen cukup menarik ya menerapkan rumah gubuk dengan bambu minimalis? Dari 10 model tersebut, kira-kira mana yang sesuai dengan seleramu? Yuk segera tentukan pilihanmu!

 

EditorAn Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar