8 Cara Menghilangkan Bau dalam Ruangan agar Tidak Pengap dan Jamuran

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 17 November 2023 14:28
8 Cara Menghilangkan Bau dalam Ruangan agar Tidak Pengap dan Jamuran
Berbagai cara dapat dilakukan untuk menghilangkan bau dalam ruangan baik menggunakan pengharum ruangan atau memanfaatkan bahan alami bisa dijadikan opsi pilihan

Aroma yang tidak tidak sedap di dalam ruangan akan membuat risih siapapun yang menciumnya. Oleh karena itu, cara menghilangkan bau dalam ruangan penting untuk diketahui. Terutama jika ruangan dipakai untuk fasilitas bersama atau sering dipakai seperti ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi dan lainnya. Tentu saja bau yang tidak sedap akan mengganggu momen berkumpul bersama keluarga. 

Bahkan parahnya jika ruangan berbau tersebut dibiarkan, dapat menjadi sarang berkumpulnya jamur atau lumut. Oleh karena itu penting bagi pemilik rumah untuk mengetahui cara menghilangkan bau dalam ruangan untuk mencegah berkembangnya bau pengap.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menghilangkan bau dalam ruangan baik menggunakan pengharum ruangan atau memanfaatkan bahan alami bisa dijadikan opsi pilihan. 

Berbeda halnya dengan aroma yang segar dan bersih akan membuat ruangan terasa lebih nyaman untuk dihuni atau dijadikan area berkumpul bersama keluarga tercinta. Agar tidak membahayakan kesehatan, kamu dapat beralih menggunakan bahan-bahan alami sebagai alat pengharum ruangan. Kamu penasaran bagaimana cara menghilangkan bau dalam ruangan? Yuk simak artikel di bawah ini untuk mencari jawabannya!

 

1 dari 8 halaman

Menggunakan Ventilasi pada Ruangan

Cara Menghilangkan Bau dalam Ruangan © Diadona

Jika masih dalam tahap pembangunan rumah, cobalah untuk menerapkan cara menghilangkan bau dalam ruangan dengan ventilasi yang memanfaatkan jendela di area ruang keluarga atau dapur.

Biarkan sirkulasi udara masuk dengan baik melalui ventilasi, sehingga ruangan yang terasa pengap akan tergantikan dengan aliran udara yang segar dari ventilasi tersebut. Membuka jendela akan membuat ruangan terasa lebih bersih, sehingga membantu meningkatkan suasana hati pemilik rumah ketika berkumpul bersama.

2 dari 8 halaman

Memakai Lilin Aroma Terapi

Cara Menghilangkan Bau dalam Ruangan © Diadona

Cara menghilangkan bau dalam ruangan selanjutnya adalah memakai lilin aroma terapi. Memakai lilin aroma terapi bersifat praktis, kamu hanya tinggal membeli dan memilih varian yang diminati untuk mengharumkan ruangan.

Selain berfungsi untuk mengusir bau ruangan yang tak sedap, lilin aroma terapi ternyata juga dapat memberikan dampak positif bagi tubuh pemilik rumah. Seperti lilin aroma terapi lavender mampu menenangkan pikiran, wangi melati ampuh untuk mengubah suasana hati menjadi lebih baik, sedangkan wangi citrus lemon akan menyegarkan ruangan. 

 

3 dari 8 halaman

Menggunakan Dehumidifier

Cara Menghilangkan Bau dalam Ruangan © Diadona

Dehumidifier dapat membantu untuk mengurangi kelembaban dalam ruangan, alat ini sangat cocok untuk dijadikan cara menghilangkan bau dalam ruangan. Kelembaban ternyata dapat meningkatkan pertumbuhan jamur dan lumut sehingga membuat ruangan terasa lebih pengap dan bau.

Oleh karena itu, dengan memanfaatkan dehumidifier akan mengurangi tingkat kelembaban dalam ruangan dan membantu untuk meningkatkan kualitas sirkulasi udara sehingga menjadi lebih bermanfaat dan berjalan signifikan. 

 

4 dari 8 halaman

Jemur Barang-Barang dengan Bau Apek

Cara Menghilangkan Bau dalam Ruangan © Diadona

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau dalam ruangan adalah menjemur barang-barang berbau apek ke luar ruangan. Biarkan barang-barang tersebut terjemur di bawah sinar matahari untuk mengeluarkan bau apek yang dihasilkan.

Cukup jemur di bawah sinar matahari selama beberapa jam, maka bau-bau apek akan mulai berkurang. Sinar matahari secara alami dapat membunuh berbagai bakteri atau kuman yang bersarang dalam barang-barang tersebut sehingga dapat secara efektif menghilangkan berbagai bau apek. 

 

5 dari 8 halaman

Netralisir Aroma Bau dengan Kopi

Cara Menghilangkan Bau dalam Ruangan © Diadona

Menggunakan biji kopi-kopian ternyata menjadi cara yang ampuh untuk menghilangkan bau dalam ruangan. Dengan aroma kopi yang khas dan sedap mampu untuk menetralisir berbagai aroma dalam ruangan termasuk bau tak sedap.

Caranya setelah membersihkan rumah, coba letakkan bubuk atau biji kopi ke dalam gelas kemudian tempatkan di sudut-sudut ruangan agar aroma kopi yang khas bisa menyebar ke berbagai sisi ruangan. Aroma kopi dapat mengurangi bau tak sedap di dalam ruangan secara alami, sehingga tidak membahayakan kesehatan pemilik rumah. 

 

6 dari 8 halaman

Memelihara Tanaman Indoor

Cara Menghilangkan Bau dalam Ruangan © Diadona

Tanaman menjadi penyaring udara secara alami yang bisa dimanfaatkan sebagai cara untuk menghilangkan bau dalam ruangan. Kamu dapat menambahkan tanaman hias indoor yang berfungsi untuk menyaring partikel udara kotor dalam ruangan.

Beberapa tanaman seperti peace lily, lidah mertua dan palem dapat kamu jadikan pilihan untuk meminimalisir bau tak sedap dalam ruangan. Jika ingin menghadirkan aroma khas yang alami, cobalah untuk memelihara bunga mawar dan lavender karena dapat memberikan bau harum yang semerbak dan menenangkan. 

 

7 dari 8 halaman

Temukan Sumber Bau dengan Membersihkan Rumah Secara Rutin

Cara Menghilangkan Bau dalam Ruangan © Diadona

Terkadang bau tak sedap bisa berasal dari ruangan mana saja. Bisa berasal dari sampah yang menumpuk dalam dapur, kotoran di sudut ruangan yang sudah lama tidak dibersihkan, sisa makanan yang tidak dicuci hingga tumpukan piring kotor yang belum dicuci.

Dengan membersihkan rumah secara rutin, dapat menjadi cara paling efektif untuk menghilangkan bau dalam ruangan. Temukan sumber bau dan bersihkan secara berkala untuk mengurangi aroma yang tak sedap, kemudian beri pengharum ruangan untuk menghilangkan bau secara perlahan. 

 

8 dari 8 halaman

Netralisir dengan Aroma Arang untuk Menyedot Bau Tak Sedap

Cara Menghilangkan Bau dalam Ruangan © Diadona

Selain dijadikan bahan bakar untuk memanggang makanan, arang aktif ternyata juga dapat berfungsi untuk menetralisir aroma bau tak sedap dalam ruangan. Kamu dapat menemukan arang dengan mudah di toko alat rumah tangga dengan harga yang sangat terjangkau. Bungkus arang aktif dengan kain kasa, kemudian tempatkan di sudut-sudut ruangan atau tempat yang mudah bau agar aroma arang dapat tersebar secara merata. Tempatkan di dekat tong sampang atau kolong lemari yang susah dijangkau ketika membersihkan rumah. 

Bagaimana, tak sulit bukan untuk menghilangkan bau ruangan yang membandel dalam rumah? Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan rumah agar selalu terbebas dari aroma yang tidak sedap dalam ruangan. Cobalah untuk memanfaatkan aroma alami agar lebih aman dan tidak membahayakan kesehatan. 

 

EditorAn Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar