10 Inspirasi Desain Rumah Kost 2 Lantai Cocok untuk Properti Sekitar Universitas atau Kantor

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 16 November 2023 20:07
10 Inspirasi Desain Rumah Kost 2 Lantai Cocok untuk Properti Sekitar Universitas atau Kantor
Desain rumah kost 2 lantai dapat kamu bangun untuk kamu jadikan sebagai sumber penghasilan utama atau penghasilan sampingan, desainnya beragam dan diminati anak muda!

Desain rumah kost 2 lantai kini menjadi ide bisnis yang paling diminati untuk mencari sumber penghasilan tambahan. Meskipun terlihat minimalis, desain rumah kost 2 lantai dapat menjadi sebuah solusi untuk memulai bisnis properti meskipun bujet terbatas.

Dengan menggunakan desain yang tepat kamu dapat memanfaatkan dua lantai untuk membangun beberapa kamar kost impian. Desain rumah kost 2 lantai merupakan jenis bisnis properti yang umumnya dirancang untuk menyediakan beberapa unit hunian kamar kost di dalamnya. 

Mengingat kota-kota besar disebut sebagai pusat pendidikan seperti universitas atau sekolah, maka menjalankan bisnis kost dapat menjadi ide yang bagus untuk memberikan tempat tinggal kepada mahasiswa/mahasiswi. Penghasilan dari membangun rumah kost 2 lantai juga dapat kamu jadikan sebagai sumber penghasilan utama atau penghasilan sampingan.

Meskipun ukurannya terlihat kecil, desain rumah kost 2 lantai dapat dilengkapi dengan fasilitas kost yang lengkap di setiap kamarnya untuk memberikan kenyamanan bagi para penghuninya. 

Dengan mengatur tata letak yang baik dan penerapan konsep yang tepat, kamu dapat memanfaatkan rumah kost 2 lantai untuk membangun beberapa kamar kost berisikan 15-20 kamar. Bagi kamu yang sedang mencari inspirasi desain rumah kost 2 lantai dengan lahan terbatas dan bajet minimum, yuk coba simak artikel di bawah ini!

 

1 dari 10 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai Bergaya Sederhana

Desain Rumah Kost 2 Lantai © Diadona

Desain rumah kost 2 lantai bergaya sederhana menjadi pilihan yang populer dengan mempertahankan keefisienan dan ramah bagi para penghuninya. Rumah kost ini akan memberikan suasana yang nyaman dan praktis.

Dengan konsep yang sederhana, akan menghemat biaya pengeluaran. Meskipun terlihat sederhana, kamu dapat memberikan fasilitas yang lengkap dan memadai agar memberikan kenyamanan bagi para penghuninya. Pastikan juga untuk menjaga kebersihannya dengan baik agar area kost tetap terlihat bersih.

2 dari 10 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai Memanfaatkan Letter L

Desain Rumah Kost 2 Lantai © Diadona

Jika lahan kost memiliki area terbatas, cobalah untuk menerapkan desain rumah kost 2 lantai dengan memanfaatkan Letter L. Konsep Letter L akan membuat area kos tampak lebih lapang dan luas.

Pada halaman kost yang kosong dapat dimanfaatkan sebagai area parkir dan taman minimalis agar menciptakan nuansa natural alami pada kost. Dengan menggunakan desain rumah kost 2 lantai Letter L akan mempermudah jangkauan penghuni untuk melihat kendaraan pribadinya, karena area parkir berkonsep terbuka sehingga bisa dilihat dari segala arah.

3 dari 10 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai Berisi 8 Kamar

Desain Rumah Kost 2 Lantai © Diadona

Desain rumah kost 2 lantai berisi 8 kamar membutuhkan konsep yang cermat untuk mengoptimalkan penggunaan lahan tanah dan menjaga keseimbangan antara kenyamanan dengan fungsionalitas.

Desain dapur bersama dengan peralatan dan area makan yang digunakan bersama-sama oleh penghuni kost, pilih furnitur yang mudah dirawat dan bersifat tahan lama. Sebagai pemilik kos, dapat menentukan apakah hendak membangun kamar mandi dalam di setiap kamar atau menggunakan kamar mandi bersama yang bisa diakses oleh semua penghuni kost. Pastikan desain 8 kamar tersebut memiliki tata letak yang efisien agar terlihat luas. 

 

4 dari 10 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai Bernuansa Modern Kontemporer

Desain Rumah Kost 2 Lantai © Diadona

Selain diterapkan pada sebuah hunian, nyatanya konsep modern kontemporer juga dapat diterapkan pada desain rumah kost 2 lantai. Dengan menerapkan konsep modern kontemporer akan memancarkan keindahan estetika yang dapat membuat penghuni kost semakin betah dan nyaman.

Untuk memberikan kesan yang elegan, coba untuk menerapkan palet warna netral atau monokrom. Sediakan area lounge terbuka dan pencahayaan yang modern untuk menciptakan suasana hangat di malam hari.

5 dari 10 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai Bertema Industrial

Desain Rumah Kost 2 Lantai © Diadona

Tema industrial pada desain rumah kost 2 lantai dapat memberikan sentuhan yang modern dan kontemporer. Kamu dapat memanfaatkan bangunan dengan dinding bata ekspos atau beton polos untuk menciptakan kesan industrial yang kuat. Pertimbangkan untuk menambah elemen industrial pada pagar atau pintu gerbang.

Jika menerapkan kamar mandi dalam di setiap kamar, coba untuk memilih furnitur dengan kesan industrial seperti wastafel logam dan dinding kasar. Manfaatkan pencahayaan industrial seperti lampu gantung dengan material logam untuk menciptakan nuansa hangat di malam hari. 

 

6 dari 10 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai Eksklusif

Desain Rumah Kost 2 Lantai © Diadona

Desain rumah kost 2 lantai eksklusif biasanya mencerminkan kemewahan dan kenyamanan yang tinggi bagi para penghuninya. Karena harga per bulannya cukup mahal, wajar jika penghuni harus mendapatkan fasilitas dan kenyamanan yang tinggi saat tinggal.

Sediakan area parkir dengan lahan yang cukup luas, pastikan jika semua kendaraan dapat ditampung pada lahan parkir agar memudahkan penghuni kost yang memiliki transportasi pribadi. Susun kamar tidur dengan fasilitas yang lengkap dan memadai seperti kamar mandi dalam, kursi, meja, kasur springbed dan fasilitas foodcourt agar lebih menarik, dan lainnya. 

 

7 dari 10 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai Menggunakan Letter U

Desain Rumah Kost 2 Lantai © Diadona

Jika kamu ingin memanfaatkan lahan kost terbatas, coba untuk menerapkan desain rumah kost 2 lantai menggunakan Letter U yang saling berhadapan. Dengan menerapkan konsep desain rumah kost tersebut akan memperbanyak kamar bahkan bisa mencapai 20 pintu.

Area kosong di tengah bangunan dapat dimanfaatkan sebagai area parkir motor, ruang jalan atau bahkan ruang bersama. Tipe bangunan kost menggunakan Letter U dapat memudahkan sirkulasi udara dan pencahayaan masuk dengan baik, sehingga dapat menghemat penggunaan listrik di pagi atau siang hari. 

 

8 dari 10 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai dengan Indoor Garden

Desain Rumah Kost 2 Lantai © Diadona

Jika kamu ingin menghadirkan nuansa alam pada bangunan kost, cobalah untuk menerapkan desain rumah kost 2 lantai dengan indoor garden. Taman yang asri dan rindang akan membuat sebuah hunian kost terlihat lebih teduh dan nyaman.

Sehingga membuat kost terasa lebih adem dan meminimalisir suhu pengap di dalamnya. Coba untuk menerapkan desain Letter U agar kost tidak sepenuhnya tertutup dan memudahkah sirkulasi udara masuk ke dalam bangunan. Pastikan untuk menjaga kebersihan tanaman-tanaman tersebut agar tetap terlihat bersih sehingga membuat penghuni tetap nyaman.

 

9 dari 10 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai Bernuansa Modern

Desain Rumah Kost 2 Lantai © Diadona

Konsep desain rumah kost 2 lantai bernuansa modern kerap diminati oleh anak-anak muda yang hendak mencari kost atau hunian sementara. Jika bangunan kost memiliki lahan terbatas, cobalah untuk mengatur tata letak ruang yang efisien dengan mengedepankan kepraktisan dan model arsitektur sederhana.

Desain modern biasanya mengusung konsep fungsionalitas, kenyamanan dan estetika yang sesuai dengan tren desain terkini. Seperti contoh di atas, kamu dapat mendesain fasad rumah dengan menggunakan elemen arsitektur modern mencakup perpaduan bangunan bergaya rustik, jendela berukuran besar dengan tambahan lampu pencahayaan LED otomatis.

10 dari 10 halaman

Desain Rumah Kost 2 Lantai dengan Bentuk Memanjang

Desain Rumah Kost 2 Lantai © Diadona

Inspirasi terakhir yang dapat kamu coba terapkan adalah desain rumah kost 2 lantai dengan bentuk memanjang. Jika lahan kost tersebut memiliki sisi panjang yang lebih besar daripada sisi lebarnya, kamu dapat menerapkan konsep kost seperti contoh di atas. Konsep kost ini biasanya dipakai untuk membangun kamar dengan jumlah 10-20 pintu yang sudah dilengkapi dengan ruang tamu, kamar mandi setiap kamar, dapur bersama hingga lahan parkir. 

Itulah sejumlah desain rumah kost 2 lantai yang dapat dijadikan inspirasi untuk membangun ide bisnis properti. Pastikan untuk membangun kost di area yang strategis, karena berpotensi untuk diminati oleh semua kalangan. Jadi, bagaimana apakah kamu tertarik untuk mendirikan rumah kost 2 lantai sebagai sumber penghasilan?

 

EditorAn Nisa Maulidiyah

 

Beri Komentar