8 Dapur Hitam Minimalis dengan Desain yang Elegan dan Modern, Bikin Masak Makin Betah

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Kamis, 16 November 2023 14:16
8 Dapur Hitam Minimalis dengan Desain yang Elegan dan Modern, Bikin Masak Makin Betah
Kehadiran dapur hitam minimalis mematahkan stigma warna gelap yang dianggap memiliki kesan negatif.

Desain dapur hitam minimalis cukup diminati oleh sejumlah orang sekarang ini. Memiliki dapur rumah yang cantik merupakan idaman bagi penghuni rumah karena bisa disesuaikan dengan gaya yang diinginkan. Dapur rumah yang didominasi oleh warna hitam sering kali dihindari oleh sebagian orang karena tampilannya gelap dan menyeramkan. 

Padahal, dapur yang berwarna hitam memiliki tampilan yang tidak kalah kerennya dengan dapur berwarna terang loh. Dapur hitam bisa dipercantik dengan menambahkan dekorasi maupun furnitur dapur yang memiliki warna selaras dengan warna hitam seperti emas, kayu dan lain-lain. 

Biar nggak penasaran lagi, yuk intip pesona dapur hitam minimalis yang bisa jadi inspirasi untuk ditiru di rumah berikut ini.

1 dari 8 halaman

Dapur Hitam Minimalis dengan Granit

Dapur Hitam Minimalis © Diadona

Dapur dengan tema berwarna hitam polos saja nyatanya tidak cukup untuk membuat kesan yang keren. Oleh karenanya, kehadiran granit yang memiliki warna senada dapat melengkapi tampilan dapur hitam menjadi terasa lebih modern. 

Granit adalah salah satu material bangunan yang cukup populer dan sering kali dipakai untuk mengisi hunian rumah. Granit memiliki motif khas berupa garis hitam dan putih yang bisa menawarkan sentuhan keeleganan dalam rumah. Material ini juga memiliki kekuatan terhadap anti bakteri dan jamur sehingga lebih awet.

2 dari 8 halaman

Dapur Hitam Minimalis Sentuhan Kayu

Dapur Hitam Minimalis © Diadona

Selain digunakan untuk furnitur, kayu juga dapat digunakan sebagai interior rumah yang bisa memberikan kesan hangat dan alami saat berada di sekitarnya. Kombinasi dapur hitam yang disertai dengan sentuhan kayu memberikan konsep berupa two toned, di mana terdapat dua warna kontras yang dihadirkan dalam satu ruangan tetapi masih senada. 

Kayu sendiri merupakan material bangunan yang bersifat ramah lingkungan dan memiliki kualitas terbaik. Kayu memiliki struktur yang kuat dan tahan lama, sehingga bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Untuk perawatannya pun cukup mudah, yakni hanya membutuhkan coating atau pelapis kayu yang dipoles secara berulang.

3 dari 8 halaman

Dapur Hitam Minimalis Monokrom

Dapur Hitam Minimalis © Diadona

Istilah monokrom dalam dunia interior rumah pastinya tidak asing lagi di telinga. Monokrom sering kali dikaitkan dengan warna hitam dan putih yang sudah dianggap sebagai ciri khasnya. Kombinasi kedua warna ini diambil dari warna dasar yang sangat mudah untuk diaplikasikan ke ruangan. 

Dengan adanya warna putih, tampilan dapur yang berwarna hitam justru tidak akan terasa menyeramkan lagi. Warna putih bisa membantu meningkatkan pencahayaan yang bisa membuat kesan dapur hitam jadi tidak terlalu gelap.

4 dari 8 halaman

Dapur Hitam Minimalis Sentuhan Emas

Dapur Hitam Minimalis © Diadona

Kehadiran sentuhan emas dalam dapur berwarna gelap merupakan kombinasi yang tidak membosankan. Warna emas dapat membuat dapur jadi terlihat mewah tanpa menambahkan dekorasi interior lainnya. 

Tampilan dapur hitam dengan sentuhan emas akan lebih cocok jika dihadirkan di dekat jendela rumah. Aksen emas yang terkena sinar pencahayaan alami akan membuat pesona dapur jadi terlihat lebih menawan.

5 dari 8 halaman

Dapur Hitam Minimalis untuk One Way Kitchen

Dapur Hitam Minimalis © Diadona

Penerapan dapur hitam dengan konsep one wall kitchen seperti ini cocok untuk rumah yang berhalaman sempit. One wall kitchen dalam rumah minimalis hanya memerlukan kitchen set yang tidak terlalu banyak, supaya memudahkan penghuni rumah agar leluasa saat berada di dapur. 

Seperti namanya, one wall kitchen adalah konsep dapur yang mengutamakan dinding sebagai elemen utamanya. Mempercantik tampilan dinding dalam one wall kitchen bisa dipadukan dengan menerapkan gaya industrialis, yakni gaya interior rumah yang sengaja menonjolkan material bangunan seperti batu bata dan kayu. Gaya ini memberikan kesan dapur jadi terasa klasik dan keren.

6 dari 8 halaman

Dapur Hitam Minimalis dengan Glossy Finish

Dapur Hitam Minimalis © Diadona

Hasil akhir dari dapur yang memiliki tampilan matte terkadang terlihat membosankan bagi penghuni rumah. Namun, bagaimana jika dapur yang mengusung tampilan glossy atau mengkilap?

Tampilan glossy pada dapur bisa memberikan kesan dapur jadi terasa estetis dan menenangkan. Menerapkan dapur dengan glossy finishing pun sangat mudah. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memilih interior dapur berupa keramik dinding dan kaca kabinet yang memiliki tekstur detail seperti permukaan es.

7 dari 8 halaman

Dapur Hitam Minimalis dengan Kombinasi Warna Hijau

Dapur Hitam Minimalis © Diadona

Warna hijau diasosiasikan sebagai warna alam yang menyenangkan. Warna hijau juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan penghuni rumah. Warna ini bisa memberikan efek yang meningkatkan semangat dan merilekskan pikiran dan tubuh saat menghadapi tekanan stres akibat beraktivitas seharian. 

Warna hijau memiliki fleksibilitas yang besar, sehingga baik warna hijau muda maupun tua  akan sangat cocok untuk dikombinasikan dengan warna hitam. Adanya warna hijau dalam dapur hitam memberikan kesan keindahan yang abadi.

8 dari 8 halaman

Dapur Hitam Minimalis dengan Kombinasi Kuning

Dapur Hitam Minimalis © Diadona

Dapur hitam dengan sentuhan berwarna kuning dapat memberikan kesan keceriaan dan kebahagiaan untuk para penghuninya. Warna kuning mirip dengan warna matahari yang bisa membantu mencerahkan dan menonjolkan tampilan dapur, meskipun saat berada di malam hari. 

Agar kehadiran warna kuning dapat disesuaikan dengan dapur yang berwarna gelap, pilihlah interior dapur dengan warna yang mencolok, seperti warna kuning muda. Warna kuning muda merupakan warna terang yang memiliki sifat kuat, sehingga cocok untuk dikombinasikan dengan warna hitam yang bisa memberikan kesan elegan pada dapur. 

Itu dia rekomendasi dapur hitam minimalis yang punya tampilan nggak membosankan. Menerapkan dapur hitam di rumah memberikan suasana dapur yang terasa berbeda tetapi menyenangkan. 

Penulis : Nabila Rofifah Ghassani

Beri Komentar